How to Succeed in Delivery

Apa Itu Order Manager dan Keuntungannya Bagi Bisnis Anda

July 11, 2021

Masa ketika seseorang harus datang ke restoran, mengantre, duduk di bangku, membolak-balikkan buku menu, lalu menunggu pesanan hanya untuk mendapatkan sepiring kelezatan dan segelas kesegaran yang dia inginkan telah berlalu. Pemesanan makanan sudah beralih ke lanskap yang lebih efektif, cepat, dan tanggap: yaitu pesanan daring (online).

Dalam hitungan sekitar satu dekade, orang-orang sudah terbiasa dengan pesanan daring. Tidak lagi memesan hanya menggunakan panggilan telepon, melainkan para pelanggan juga dapat memesan dengan “jangkauan klik” tanpa perlu harus melangkah ke destinasi kuliner. Kebiasaan tersebut pun telah terkonversi menjadi suatu kebutuhan yang populer di berbagai kalangan masyarakat. Ditambah lagi, kebangkitan platform pengiriman makanan terus berkembang pesat dan tumbuh subur dalam waktu singkat. Artinya, pesan-memesan makanan memiliki potensi profit yang besar.

Tidak mengherankan pula jika nilai jual makanan tidak lagi bersandar pada standar rasa kenyang dan lepas dahaga, melainkan meluas pada rasa senang dan puas bahagia. Dan hal itulah yang perlu Anda capai selaku pemilik bisnis kuliner. Anda harus fokus memenuhi kebutuhan pelanggan Anda: kepuasan, kenyamanan, dan kemudahan.

Namun, pencapaian tersebut perlu melewati beberapa usaha seperti menyelesaikan banyak orderan pelanggan dengan tepat waktu dan juga mempertahankan kualitas bisnis makanan & minuman Anda. Untuk itu, Anda harus selalu sigap dalam menerima orderan yang datang masuk dari berbagai platform pemesanan makanan online.

Saat ini, ada cukup banyak platform pemesanan makanan online di Indonesia. Di antaranya adalah GoFood, Grabfood, dan ShopeeFood. Apabila bisnis F&B Anda terdaftar dalam semua platform tersebut, akan cukup sulit untuk mengelola semuanya dalam satu waktu.

Untuk itu, kini telah hadir sebuah software yang memungkinkan para pelaku bisnis F&B untuk mengatur semua pesanan online yang masuk pada bisnisnya, yang bernama order manager. Lantas, apakah order manager itu dan bagaimana cara kerjanya?

Apa Itu Order Manager?

Order Manager adalah sebuah fitur yang Hubster sediakan untuk memudahkan Anda dalam mengelola semua pesanan makanan dan minuman dari berbagai platform pengiriman makanan online seperti GoFood dan GrabFood.

Dengan cara menghubungkan semua platform pemesanan makanan online dan memberikan Anda kendali penuh atas aktivitas online dari bisnis Anda, order manager akan mengefisienkan segala aktivitas bisnis harian Anda. Karena dengan Order Manager, Anda dapat secara otomatis menerima pesanan dari semua platform, melacak dan memantau seluruh status pengirimannya, menjeda dan melanjutkan restoran (pause and unpause), mengganti ketersediaan hidangan saat kehabisan bahan, memperbarui jam buka toko, dan mengukur keberhasilan bisnis pemesanan online Anda dengan laporan dan insight yang komprehensif. Semua itu dapat Anda lakukan dalam satu perangkat Order Manager Hubster.

Apapun platform pemesanan makanan online favorit pelanggan Anda, sistem Order Manager dari Hubster akan membuat Anda dan para pelanggan tetap terkoneksi dengan lebih mudah. Sehingga, Anda dapat mengelola orderan, memberikan kepuasan, dan meraup keuntungan potensial dengan cara yang lebih memudahkan. Dengan begitu, Anda akan satu langkah lebih dekat dengan mencapai tujuan bisnis Anda.

Ragam Fitur di dalam Hubster dan Keuntungannya Bagi Bisnis F&B

Fitur-fitur yang ada di dalam Hubster akan sangat memudahkan berlangsungnya aktivitas pemesanan online bisnis F&B Anda. Sejumlah rangkaian fitur mulai dari sistem  integrasi real-time, auto-accept order, One-for-All Receipt Printing, dan sinkronisasi aplikasi dapat Anda temukan dan mengoptimalkan alur aktivitas penerimaan orderan online bisnis Anda.

Untuk lebih detailnya, berikut penjelasan terkait fitur-fitur yang ada di dalam sistem order manager Hubster.

• Satu perangkat tunggal utama

Hubster menggunakan sebuah tablet untuk mengelola semua pesanan online yang Anda terima. Melalui tablet tersebut Anda dapat memantau semua pesanan yang masuk, mengganti ketersediaan menu/stok barang, menghentikan sementara aktivitas layanan bisnis Anda, dan masih banyak lagi. Semua kendali tersedia di satu perangkat saja.

• Integrasi real-time

Setelah semua platform pesanan online Anda terintegrasi, Anda dapat memantau semuanya secara real-time tanpa berpindah-pindah aplikasi dan perangkat lagi. Data yang Anda dapatkan terkait jumlah orderan hingga jumlah pemasukan harian juga dapat diakses melalui sistem order manager Hubster.

Auto-accept order

Pernah tidak sengaja membatalkan orderan makanan karena lupa melakukan konfirmasi? Tidak akan terjadi lagi dengan fitur Auto-Accept Order dari Hubster! Adanya fitur ini akan memudahkan Anda untuk segera menerima semua pesanan online yang masuk ke bisnis F&B Anda.

One-for-All receipt printing

Ketika berlangganan sistem order manager Hubster, Anda akan mendapatkan sebuah tablet dan printer yang berguna untuk mencetak struk dari setiap pesanan online yang masuk. Printer tersebut nantinya dapat mencetak semua pesanan dari berbagai platform sehingga Anda tidak akan menemukan struk pesanan yang tercecer.

• Sinkronisasi aplikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Hubster akan mengintegrasi semua platform yang Anda gunakan untuk mendistribusikan pemesanan makanan dan minuman bisnis Anda secara online. Apabila Anda menggunakan platform seperti GoFood dan GrabFood, Anda tak perlu khawatir harus keteteran berpindah-pindah aplikasi karena kedua aplikasi tersebut akan disinkronisasi dan bisa Anda akses dalam satu sistem order manager Hubster.

Optimalkan Target Pencapaian Bisnis F&B Anda dengan Sistem Order Manager dari Hubster

Setelah memahami apa itu order manager, bagaimana cara kerja serta keuntungannya, mungkin Anda tertarik untuk langsung mencobanya pada bisnis F&B Anda. Untuk mengenal lebih dalam seputar sistem order manager dari Hubster, Anda dapat mencoba free trial selama 30 hari untuk melihat langsung bagaimana Hubster dapat mempermudah aktivitas bisnis Anda.

Bersama Hubster, Anda dapat terus memajukan bisnis bersamaan dengan memastikan kepuasan pelanggan bisnis Anda.


Artikel Terbaru

Tentang Hubster

Memperkenalkan Reports Dashboard Hubster

Reports baru kami yang diperbarui akan mencakup filter yang lebih mendalam, grafik yang dinamis, dan insight yang kompatibel dengan semua browser web dan seluler.

Cara Daftar TravelokaEats untuk Merchant & Driver

Traveloka Eats adalah layanan pemesanan makanan secara online dari Traveloka. Simak cara daftar TravelokaEats untuk merchant dan driver berikut ini jika Anda juga ingin tergabung!

How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

Kebingungan bagaimana cara menentukan harga jual makanan agar bisa mendapatkan untung? Tak perlu bingung, simak penjelasan lengkapnya di sini!

How to Succeed in Delivery

Tips dan Cara Foto Produk Makanan yang Menarik untuk Bisnis Anda

Memiliki visual produk yang menarik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis F&B. Simak cara foto produk makanan berikut sebagai referensi Anda.

How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Sedang mencari contoh bisnis plan makanan untuk bisnis F&B yang baru saja Anda mulai? Intip contoh lengkapnya di artikel berikut ini!

How to Succeed in Delivery

12 Contoh Iklan Produk Makanan beserta Gambarnya

Kumpulan contoh iklan produk makanan sebagai inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia F&B.

Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

Pelajari cara mendaftar ke beberapa platform pengiriman makanan untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, kehadiran, dan lainnya di restoran anda.

How to Succeed in Delivery

Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat dan Kegunaan

QRIS adalah sebuah metode pembayaran baru untuk dompet digital yang kini marak hadir di sekitar kita. Pahami apa itu QRIS beserta dengan kegunaannya berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan untuk Nambah Cuan!

Sedang mencari usaha sampingan untuk karyawan agar bisa menambah pemasukan? Kumpulan ide usaha sampingan karyawan ini bisa menjadi pilihan Anda!