How to Succeed in Delivery

9 Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

August 13, 2021


Memiliki usaha makanan merupakan salah satu ide bisnis yang banyak berkembang saat ini, sehingga cara memasarkan produk makanan pun semakin beragam. Selain itu, kuliner merupakan salah satu bisnis yang bisa bertahan dan terus bisa dikembangkan, pasalnya makanan merupakan kebutuhan setiap manusia. 

Apabila sedang menjalankan bisnis makanan, Anda harus mengetahui tips marketing produk makanan yang menarik pembeli. Meski memiliki banyak pesaing, namun sebagai pelaku bisnis makanan harus mengerti cara memasarkannya agar dikenal oleh banyak orang.

Cara Memasarkan Produk Makanan Terbaik

1. Memasarkan produk makanan dengan foto

seorang gadis lagi foto sarapannya dengan menggunakan DSLR
Source: Neue Focus

Saat menjalankan usaha kuliner, cara memasarkan produk makanan yang terpenting adalah membuat foto produk yang menarik. Elemen ini merupakan yang paling penting untuk membuat produk lebih menarik saat pertama kali dilihat oleh pelanggan, sebelum mengenal lebih dalam produk.

Apabila ada modal lebih untuk promosi, Anda bisa menggunakan jasa foto produk profesional. Hal ini akan membuat foto produk makanan Anda akan lebih enak dilihat. Namun apabila tak memiliki budget yang cukup, Anda bisa menggunakan hal-hal yang ada di sekitar dan memanfaatkan editing.

2. Manfaatkan media sosial

contoh logo media sosial seperti instagram, facebook dan youtube
Source: Digital Marketing School Bandung

Setelah memiliki foto yang bagus, Anda bisa memasarkan produk makanan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter. Pastikan target pasar di media sosial Anda tepat sasaran, sehingga bisa cepat dikenal oleh pasar di berbagai jaringan. Cara ini termasuk salah satu cara paling dasar saat ini.

Cara mempromosikan produk makanan melalui media sosial ini sangat menghemat biaya sewa tempat dan sangat efektif. Jika belum memiliki tempat offline, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai lapak berjualan dan promosi. Media sosial dapat menjangkau berbagai kalangan, karena banyak yang menggunakannya. 

3. Riset pasar

4 lembar survei yang telah diisi
Source: Openmet

Salah satu cara yang tidak kalah penting adalah melakukan riset pasar sebelum memasarkan produk, baik melalui offline maupun online. Langkah ini dirasa penting karena memiliki data pasar bisa menjadikan acuan target yang akan dikejar nantinya. 

Hasil riset ini juga bisa digunakan untuk menentukan pelanggan nantinya sehingga konsep berbisnis kuliner memiliki arah sebelum dipasarkan. Elemen ini juga akan menentukan konsep kemasan, berjualan, dan strategi pemasaran yang digunakan. 

4. Menggunakan kemasan menarik

contoh kemasan salad dan sandwich unik dan menarik
Source: Liputan6

Cara memasarkan produk makanan selanjutnya yang tidak kalah berperan penting untuk menarik pelanggan adalah kemasan yang menarik. Strategi awal ini menentukan bagaimana kesan pertama pelanggan sebelum mencicipi produk makanan Anda. Jangan lupa membuat konsep yang unik, ya.  

Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah sesuaikan dengan target pasar produk makanan Anda. Apabila target pasar adalah anak kekinian, Anda harus rajin riset dan meneliti desain dan kemasan apa yang tengah populer dan disukai anak muda saat ini. Warna termasuk hal yang penting, sehingga wajib diperhatikan secara matang.

5. Menggunakan cara promosi yang unik

contoh promosi pizzahut dan baskin robins
Source: Tribunnews

Saat awal menjalani bisnis produk makanan, promosi yang unik adalah salah satu yang perlu Anda ketahui. Promosi yang unik dan mencuri perhatian ini akan menarik banyak calon pelanggan yang datang. Anda bisa memberikan beberapa penawaran unik di hari-hari khusus dengan syarat tertentu.  

Selain itu, Anda juga bisa memberikan promo untuk ulang tahun atau diskon di hari-hari penting, salah satunya flash sale di tanggal kembar yang kerap dilakukan beberapa marketplace saat ini. Cara ini menjadi salah satu cara unik yang bisa diterapkan dalam usaha makanan Anda.

6. Membuat giveaway

spanduk giveaway
Source: Unsplash

Cara lainnya adalah membuat promosi giveaway. Promosi giveaway ini bisa Anda pasarkan di media sosial Instagram atau Facebook dengan memanfaatkan pengikut media sosial Anda. Langkah ini juga bisa menjadi momen meningkatkan jaringan dan target pasar. 

Selain itu, Anda bisa membuat pengikut media sosial untuk menuliskan testimoni atau respon pelanggan agar produk makanan dikenal oleh publik. Jangan lupa lakukan strategi ini secara berkala untuk eksistensi produk makanan Anda tetap stabil, sehingga produk makanan makin dikenal. 

7. Endorse Instagram influencer

seorang gadis yang lagi di rekam untuk bikin konten tiktok
Source: JakartaPost

Anda bisa menerapkan strategi endorse Instagram influencer yang memiliki pengaruh besar dalam memasarkan produk makanan secara online. Pastikan Instagram influencer yang Anda minta untuk mempromosikan produk makanan memiliki pengikut yang sesuai dengan kriteria bisnis makanan Anda.

Biasanya, seorang Instagram influencer memiliki rate card tertentu jika Anda ingin dipromosikan produknya. Maka dari itu pilahlah terlebih dahulu Instagram influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda agar tidak salah target sasaran.

8. Kolaborasi dengan influencer di sosial media lain

dua orang gadis lagi salam untuk menandakan kerjasama
Source: Influencer Marketing Hub

Selain endorse Instagram, kolaborasi dengan influencer di platform media sosial lain juga akan membuat pengikut influencer ini untuk tertarik mencoba makanan yang dihadirkan. Cara ini akan membuat produk Anda dikenal luas dan menjadi pengalaman baru bagi Anda. 

Pilih beberapa influencer yang menginspirasi dan berkolaborasi di momen-momen khusus, seperti di hari jadi produk atau hari-hari spesial. Hasil kolaborasi ini bisa Anda pasarkan terbatas, sehingga para pelanggan merasa sangat spesial saat membeli hasil kolaborasi Anda dengan influencer ini. 

9. Pasarkan lewat marketplace

contoh contoh marketplace yang tersedia di indonesia
Source: Bisnis Ukm

Memasarkan produk melalui marketplace saat ini menjadi salah satu cara mudah untuk berbisnis. Pasalnya, dengan marketplace sistem transaksi akan membuat pelanggan merasa aman dan dimudahkan.

Saat ini ada beragam pilihan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain pelanggan merasa aman, pembelian melalui marketplace membuat pelanggan dan Anda mudah diakses dan lebih terkontrol karena sistem yang digunakan sudah sangat canggih. 

Itulah 9 cara memasarkan produk makanan yang bisa anda coba untuk mengembangkan bisnis F&B Anda. Jangan lupa, lakukan riset mendalam dan tentukan target pasar yang tepat untuk produk makanan Anda dan pilihlah strategi yang bijak untuk bisnis Anda.

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda (Positif & Negatif!)

Menerima ulasan dari pelanggan secara online ternyata harus direspon, lho! Berikut sepuluh template respon review atau ulasan yang dapat Anda berikan ke pelanggan bisnis Anda.

Tentang Hubster

9 Cara Hubster Membantu Menyukseskan Sistem Pesanan Online Restoran

Penasaran bagaimana cara Hubster membantu mitranya menyukseskan sistem pesanan online yang diterima? Berikut penjelasan lengkapnya.

How to Succeed in Delivery

Menjawab Pertanyaan Seputar Hubster

Menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar apa itu Hubster, produk dan fitur yang ditawarkan, serta keuntungannya untuk bisnis F&B.