How to Succeed in Delivery

6 Cara Daftar GrabFood Lengkap dengan Persyaratannya

December 10, 2021

Cara Lengkap Daftar GrabFood Agar Bisnis Kuliner Makin Untung

cara-daftar-grab-food
Sumber: Jakarta Globe

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan dan banyak digandrungi. Dengan mendaftarkan bisnis makanan di grabfood, makanan yang dijual bisa menjangkau pasar yang lebih banyak dan lebih luas. Tidak hanya itu, mendaftarkan bisnis makanan di grabfood sangat mudah dan juga gratis!

Lalu, bagaimana cara mendaftarkan bisnis makanan di grabfood? Dan apa saja persyaratannya? Simak langkah-langkah dan persyaratan lengkap terkait cara daftar GrabFood di bawah ini.

Persyaratan Mendaftarkan Bisnis Makanan di GrabFood

Sebelum menuju alur pendaftaran. Siapkan informasi dan dokumen-dokumen ini:

1. Informasi Restoran

• Nama bisnis/restoran

Sesuaikan dengan nama bisnis yang Anda miliki pada banner toko 

• Alamat restoran disertai koordinat di Google Maps

Lampirkan alamat yang jelas lengkap dengan RT dan RW. Jika berlokasi di dalam mall ataupun pergedungan, sertakan lantai dan nomor kios

• Nomor telepon restoran

Pastikan nomor yang digunakan aktif dan terdaftar

• Email restoran

• Foto tampak luar restoran

Pastikan banner toko terlihat di dalam foto. Lampirkan juga foto owner yang sedang berada di depan banner toko

• Foto tampak dalam restoran

Pastikan terlihat kasir, meja makan dan dapur. Lampirkan juga foto owner beserta makanan yang dijual di dapur dengan ketentuan wajah harus sesuai dengan foto KTP dan foto terlihat jelas (Tidak blur atau terhalang objek lain).

• Foto logo restoran (Opsional)


2. Informasi Pemilik

• Foto KTP

Pastikan informasi di dalam KTP terlihat dengan jelas. KTP yang aktif bisa dicek di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Untuk WNA bisa menggunakan foto passport.

• Foto Selfie dengan KTP

Pastikan informasi di dalam KTP terlihat dengan jelas dan lengkap, tidak tertutup tangan atau objek apapun. Wajah juga harus terlihat dengan jelas. Untuk WNA bisa menggunakan foto bersama dengan passport.

• Foto NPWP

Dokumen atau kartu NPWP yang digunakan boleh dalam bentuk fotokopi


3. Informasi Bank

• Nomor rekening akun tabungan

• Foto buku tabungan atau Tampilan E-Banking

Pastikan bahwa nomor rekening yang dilampirkan terlihat jelas. Jika informasi rekening berbeda dengan nomor rekening penanggung jawab utama, pastikan juga terlampir surat kuasa.


4. Informasi Menu

• Daftar menu

• Foto daftar menu

Foto harus terlihat jelas dan menampilkan makanan dan harga sesuai dengan yang akan ditampilkan di aplikasi GrabFood

• Foto makanan

Makanan sesuai dengan menu yang dimiliki. Lakukan pengambilan foto dengan maksimal, makanan yang difoto dengan baik akan meningkatkan minat beli pemesan


Cara Daftar GrabFood

Untuk alur pendaftaran, berdasarkan halaman GrabFood Merchant berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Membuat profil pebisnis dan verifikasi akun

Langkah pertama yang perlu dilakukan, jika belum memiliki profil di halaman GrabFood Merchant, buat profil terlebih dahulu. Informasi yang perlu diisi diantaranya adalah:

  1. Nama Bisnis/Restoran
  2. Alamat Bisnis/Restoran beserta kota
  3. Nomor Handphone
  4. Alamat Email

Isi formulir yang dibutuhkan di halaman https://www.grab.com/id/merchant/food/ lalu klik “DAFTAR”.  Tim GrabFood akan mengirimkan e-mail verifikasi yang harus diselesaikan dalam 72 jam. Pastikan e-mail bisnis/restoran Anda terdaftar dan terverifikasi  dengan sukses.


2. Upload informasi bisnis/restoran

Setelah e-mail terverifikasi. Tim GrabFood akan menghubungi pebisnis dan menjelaskan langkah selanjutnya yang terkait dengan informasi toko. Anda akan dikirimkan email dan diminta melengkapi informasi terkait bisnis/restoran Anda seperti foto restoran, foto menu, dan lain lainnya.


3. Tanda tangan kontrak

Setelah melengkapi informasi toko. Anda akan dikirimkan e-mail dari Tim GrabFood untuk menandatangani kontrak dengan GrabFood. Pastikan kontraknya sudah Anda baca dengan baik syarat dan ketentuannya sebelum menandatangani


4. Verifikasi e-mail outlet

Setelah menyelesaikan proses tanda tangan kontrak. Anda akan kembali diminta melakukan verifikasi e-mail outlet dengan batas waktu 72 jam. Pastikan e-mail sudah terverifikasi sebelum 72 jam, jika tidak makan verifikasi Anda akan gagal. Untuk melakukan verifikasi ulang, Anda bisa menghubungi tim customer service GrabFood.


5. Proses verifikasi OVO

OVO adalah digital wallet yang bekerja sama dengan Grab dan GrabFood terkait pembayaran di dalam aplikasi. Maka, untuk menjadi merchant GrabFood, Anda diminta untuk melakukan pendaftaran dan autentikasi akun OVO sebagai platform pembayaran antara konsumen dan pebisnis.

Tim OVO akan menghubungi Anda untuk melakukan validasi dan verifikasi informasi terkait bisnis/restoran Anda. Informasi yang divalidasi diantaranya adalah nama restoran dan alamat restoran. 


6. Finalisasi dan Training

Setelah semua proses di atas berjalan dengan sukses dan tervalidasi dengan baik. Anda akan dikirimkan e-mail oleh tim GrabFood berisi bahan training terkait cara menggunakan aplikasi untuk merchant untuk berbisnis makanan. Anda juga akan mendapatkan informasi terkait cara mengaktifkan akun GrabFood Merchant Anda. 

Itulah langkah-langkah dan cara daftar GrabFood untuk food merchant yang ingin memperluas penjualan produknya. Daftarkan bisnis Anda dan dapatkan untung lebih melalui platform delivery online yang satu ini.

Apabila bisnis kuliner Anda telah terdaftar di GrabFood ataupun di platform food delivery lainnya seperti GoFood, Anda bisa menggunakan aplikasi order manager dari Hubster yang dapat mengelola seluruh orderan hanya dalam satu sistem. 


Artikel Terbaru

Tips Bisnis

8 Bisnis Frozen Food Rumahan Bermodal Kecil

Bisnis frozen food adalah salah satu jenis bisnis yang mudah untuk dicoba dan tidak memerlukan modal yang besar. Berikut beberapa tips bisnis frozen food.

Tips Bisnis

Cara Mendapatkan EFIN Online Secara Mudah dan Lengkap

Berikut langkah lengkap dari cara mendapatkan EFIN online yang perlu untuk Anda ketahui. Tak perlu repot mengurusnya secara offline.

Tips Bisnis

Apa Itu Forecasting dan Fungsinya Bagi Bisnis

Forecasting adalah sebuah strategi atau metode yang dibentuk dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan bisnis. Berikut fungsi lain dari forecasting.