How to Succeed in Delivery

5 Cara Daftar GoFood Terbaru dan Terlengkap

June 8, 2021

cara-daftar-gofood-terlengkap
Sumber: TechInAsia


Untuk Anda yang memiliki usaha kuliner dan ingin membuatnya lebih dikenal konsumen, tak ada salahnya jika Anda mencoba menjualnya melalui fitur GoFood  yang disediakan oleh perusahaan Gojek. Tak hanya dapat menjangkau calon konsumen secara lebih meluas, pendaftaran bisnis ke GoFood juga gratis tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Tak perlu panjang lebar, berikut di bawah ini ulasan lengkap tentang cara daftar GoFood terbaru di tahun 2021 dan langkah-langkah lengkapnya. Simak panduannya ya!

Cara Mudah Mendaftarkan Bisnis Kuliner ke GoFood


      1. Unduh aplikasi GoBiz di PlayStore melalui perangkat smartphone atau tablet Android Anda.

      2. Setelah aplikasi terinstall, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data agar dapat masuk dan terdaftar di dalam aplikasi GoBiz.

cara-daftar-gofood-terlengkap-1


     3. Beberapa informasi data yang akan dimintai di antaranya adalah:

cara-daftar-gofood-terlengkap-2


• Identitas Pemilik

Pada bagian ini Anda akan mengisi data yang sesuai dengan KTP asli Anda. Masukkan nama, nomor KTP, tempat lahir dan tanggal lahir. Kemudian Anda harus mengunggah foto KTP dengan jelas. Usahakan teks dan gambar pada KTP bisa terbaca. 

Langkah selanjutnya adalah foto diri dengan KTP persis di bawah dagu seperti contohnya berikut ini:

cara-daftar-gofood-terlengkap-3


• Informasi Rekening Bank

Untuk dapat melakukan proses pencairan dana usaha. Anda perlu memasukkan informasi rekening bank yang Anda miliki. Usahakan nama rekening bank sesuai dengan nama pemilik usaha ya! Karena jika tidak sesuai, maka Anda wajib mengunggah dokumen pendukung berupa buku tabungan dan rekening koran. 

Apabila data sudah terisi dengan benar selanjutnya klik tombol ‘Verifikasi’.


cara-daftar-gofood-terlengkap-4


• Informasi Usaha

Isi kolom nama usaha sesuai dengan brand atau merek yang Anda miliki. Nama usaha juga wajib mencantumkan detail lokasi. Bisa berupa gedung, jalan, foodcourt, mall, daerah maupun kota agar mudah dikenali customer. Ketentuan lainnya yang perlu Anda perhatikan saat melakukan penulisan nama usaha adalah menghindari emoji, karakter, simbol seperti ( , ) > . ! @ ^ * dsb.

Selain itu, hindari juga penulisan nama brand dengan menggunakan huruf kapital semuanya. Kecuali jika nama brand Anda memang demikian. 


cara-daftar-gofood-terlengkap-5

cara-daftar-gofood-terlengkap


• Informasi Outlet

Ada 4 jenis format untuk menulis alamat outlet yang perlu Anda ketahui

1) Outlet bangunan sendiri

Masukkan format penulisan alamat dengan urutan nama jalan, nomor jalan, area kota. Contohnya seperti Jl. W.S Supratman No. 17 Jakarta Selatan.

2) Outlet dalam food court

Masukkan nama grup, lantai, nama food court, nama jalan, nomor jalan, nama area dan kota. Tulis dengan “food court” jika food court tidak memiliki nama yang spesifik. Contoh penulisan: Depok Town Square, Lantai 3, Food Court, Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

3) Outlet dalam hotel

Masukkan nama hotel, nama jalan, nomor jalan, nama area dan nama kota. Contoh: ibis Hotel, Jalan Medan Merdeka No. 3, Medan

4) Outlet dalam sebuah grup

Format penulisan ini dikhususkan untuk outlet yang berlokasi di kawasan mall, ruko, cluster, gedung, apartemen, kompleks perkantoran, SPBU dan kawasan komersial lainnya. Masukkan nama grup, lantai, nama jalan, nomor jalan, nama area dan kota. Contoh: Plaza Senayan, Lantai 1, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta

Setelah alamat selesai ditulis. Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto outlet dari luar. Unggah foto outlet Anda dengan gambar yang cukup jelas. Usahakan memfoto di siang hari agar memiliki pencahayaan yang cukup terang. Pastikan juga nama outlet tercantum dengan jelas. 

Bila usaha Anda terletak di rumah. Anda bisa memfoto area depan rumah tempat usaha Anda berada.


cara-daftar-gofood-terlengkap-6


• Pilihan Layanan

Pilih fitur yang ingin Anda aktifkan dengan mencentang chekbox di bagian kanan. Pastikan Anda mengerti betul keuntungan dan ketentuan dari tiap layanan tersebut sebelum memilihnya.




cara-daftar-gofood-terlengkap-6



      4.  Verifikasi

Setelah data yang diunggah sudah benar, tunggu proses verifikasi oleh tim GoFood yang akan diproses dalam 2 hari. Bila data usaha Anda sudah disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi dari GoBiz untuk melanjutkan layanan aktivasi produk.
Apabila muncul pemberitahuan untuk perbaikan beberapa data, maka Anda harus mengunggah ulang beberapa data yang diminta dengan durasi tidak lebih dari 14 hari. Jika melebihi durasi waktu yang telah ditentukan maka pendaftaran Anda akan gagal dan terhapus di dalam sistem.

     5. Aktivasi

Tunggu proses aktivasi akun GoFood Anda dengan rentang waktu maksimal 14 hari kerja. Pastikan pula Anda sudah melengkapi data outlet sebagai berikut ini untuk memudahkan driver dan konsumen melakukan pemesanan.

cara-daftar-gofood-terlengkap-7


a. Profil restoran: 

Anda harus mengisi foto profil restoran dan memilih kategori makanan yang sesuai dengan usaha Anda. Batas maksimal pemilihan kategori makanan ini adalah 3 kategori.

b. Jam operasional: 

Atur jadwal buka dan tutup outlet Anda tiap harinya dengan menekan tombol “ubah”. Anda diwajibkan membuka outlet minimal 3 hari dalam seminggu dengan jam minimum buka 3 jam per hari.

c. Daftar menu:

Masukkan daftar menu dengan mengunggah foto dan menulis deskripsi lengkap mengenai produk dan harga jual.

d. Pengecekan outlet:

Tambahkan foto nama outlet Anda yang Anda foto sendiri melalui kamera handphone. Anda bisa memfoto logo nama outlet dari papan nama, kertas menu atau bungkus makanan.

Setelah data aktivasi sudah terisi lengkap, tunggu verifikasi dan pengecekan data dengan maksimal pengerjaan 2 hari kerja. Mitra driver akan berkunjung ke outlet Anda untuk memastikan data yang telah diinput guna menghindari penipuan. Jika disetujui maka status layanan masih diproses akan berubah menjadi aktif.

Itu dia langkah-langkah dan cara daftar GoFood secara lengkap yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selain mendaftarkan bisnis makanan Anda ke GoFood, Anda mungkin juga akan tertarik mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke platform delivery online seperti GrabFood dan ShopeeFood. 

Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Ghost Kitchen: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Istilah ghost kitchen pasti tidak asing lagi terdengar di kalangan pebisnis makanan. Baca penjelasan lengkap seputar ghost kitchen dan keuntungannya berikut ini.

Tentang Hubster

Biarkan pelanggan Anda memesan sesuai keinginan mereka dengan fitur Manual Orders Hubster

Masukkan pesanan dari sumber apa pun langsung ke tablet Hubster Anda dengan fitur baru kami Manual Orders!

How to Succeed in Delivery

7 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Menarik dan Efektif

Dalam mempromosikan bisnis dibutuhkan copywriting yang menarik. Intip contoh kalimat promosi bisnis online berikut ini, simple namun jitu menarik audiens!

How to Succeed in Delivery

14 Contoh Kata-Kata Promosi Makanan dan Tips Membuatnya

Membuat kalimat promosi yang menarik akan sangat membantu untuk meningkatkan penjualan. Intip tips dan contoh kata-kata promosi makanan berikut ini.

How to Succeed in Delivery

9 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui oleh Pemula

Khawatir bisnis kuliner yang ingin Anda jalankan tidak berjalan mulus? Baca cara memulai usaha kuliner berikut ini, cocok untuk para pemula di dunia bisnis!

How to Succeed in Delivery

6 Cara Daftar GrabFood Lengkap dengan Persyaratannya

Simak cara daftar GrabFood beserta persyaratannya berikut ini untuk mendaftarkan bisnis kulinermu. Menguntungkan dan dapat membantu penjualan!

How to Succeed in Delivery

5 Cara Daftar GoFood Terbaru dan Terlengkap

Ingin mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke GoFood? Simak cara daftar GoFood terbaru di 2021 berikut ini, hanya 5 langkah lho!

How to Succeed in Delivery

7 Ide dan Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

11 ide bisnis makanan beserta dengan tips memulai bisnis makanan online untuk pemula berikut wajib Anda ketahui sebelum memulai bisnis kuliner.

How to Succeed in Delivery

5 Ide Bisnis Makanan Ringan di Bulan Puasa yang Laris Manis

Bulan ramadan identik dengan banyaknya orang yang berjualan makanan. Ide bisnis makanan ringan berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berjualan