How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

October 27, 2021

Peningkatan penjualan online saat ini menjadi salah satu topik menarik yang selalu dibicarakan oleh netizen. Terutama setelah terjadinya Pandemi COVID-19 penjualan online menjadi primadona banyak orang yang berbelanja dari rumah. Bahkan banyak pihak yang menganggap bahwa langkah ini merupakan kunci sukses bagi pegiat bisnis yang menggunakan fasilitas dunia maya sebagai lapak mereka. Sehingga secara tidak langsung terus mencari cara meningkatkan penjualan online yang inovatif, kreatif dan beda dengan yang lain. Diakui atau tidak ahli perdagangan dunia menemukan fakta bahwa e-commerce mengalami peningkatan yang signifikan pada semua bidang penjualan ritel, dari 16 persen meningkat menjadi 20 persen di tahun 2020. 

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Para Pegiat Bisnis

peningkatan penjualan online dengan cepat untuk usaha

Mengembangkan dan meningkatkan prosentase penjualan berbasis online merupakan misi utama para pegiat bisnis. Alasan yang mendasari hal ini adalah perkembangan usaha sangat tergantung bagaimana mengelola bisnis terutama di sisi penjualan. Jika produk yang Anda tawarkan dikenal lebih luas maka peluang untung juga menjadi lebih besar. Nah, apa saja cara peningkatan penjualan tersebut? Berikut ulasan singkat tentang cara meningkatkan bisnis online Anda:

Baca Juga: Ide Bisnis Online Anti Mainstream

1. Kenali Market Place Anda

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali target pembeli dan market place. Dua hal ini menjadi pemicu peluang kesuksesan dalam penjualan online. Selain itu juga harus memahami bagaimana karakter pelanggan. Artinya, misalkan berjualan kosmetik atau alat kecantikan wanita maka jangan ragu untuk mengidentifikasi produk apa yang saat ini lagi naik daun. Atau mencari beberapa produk yang tidak mengenal batasan umur namun spesifik pelanggannya

2. Ciptakan Keunikan Pada Toko Online

daftar toko online di indonesia
Source: Greatnesia

Coba pikirkan, kira-kira toko Anda menawarkan produk apa yang tidak dijual oleh pelaku jual beli online lainnya? Kemudian ceritakan bagaimana background toko, produk yang ditawarkan, dan Anda sendiri sebagai pemiliknya? Jika sudah menemukan suatu hal yang unik dan berbeda, barulah membuat planning pemasaran digital yang sesuai. Anda dapat memasukkan keunikan yang dimiliki toko sebagai cara meningkatkan penjualan online. Letakkan pada tagline sertakan juga sorotan pada homepage. Anda juga dapat memberikan pengumuman berupa iklan pada media sosial pribadi atau toko.

Baca Juga: Cara Membuat Brand Sendiri untuk Pemula di Bidang Bisnis

3. Gunakan Sistem Pembelian Yang Mudah

Setelah menemukan keunikan pada toko online Anda, lengkapi juga dengan sistem penjualan yang mudah sehingga pelanggan gampang menemukannya. Banyak kasus yang terjadi adalah ada toko online namun untuk cara pembeliannya sangat rumit. Harus ada syarat dan ketentuan yang membuat pelanggan enggan membeli. Bahkan kebanyakan mereka hanya mengunjungi web lalu pergi begitu saja. Untuk itu perbaiki sistem pembelian terutama dalam fitur pencarian di situs, navigasi dan juga halaman pembelian.

4. Tampilkan Testimoni Positif Dari Pelanggan

contoh sebuah testimonial positif untuk sebuah produk di toko online
Source: Tokopedia

Cara selanjutnya yaitu dengan menampilkan testimoni positif yang diberikan oleh pelanggan Anda. Perlu diketahui jika ada banyak testimoni positif yang diberikan oleh pelanggan maka secara tidak langsung menambah keyakinan calon pembeli untuk mengambil produk toko online Anda. Akan tetapi, agar tidak dianggap sebagai spam alangkah lebih baik jika tidak menampilkan testimoni dengan jumlah banyak pada sekali waktu. Pastikan semua tertata sesuai dengan banyaknya produk yang ditawarkan

5. Berikan Pelayanan Yang Baik Pada Toko Online Anda

Cara meningkatkan omset penjualan berikutnya adalah dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap semua pelanggan. Bagaimanapun juga seorang pembeli pasti akan menghargai penjual dengan CS yang bisa dipercaya dan tentunya selalu tanggap dengan apa yang dikeluhkan pelanggan. Harus diperhatikan bahwa pelanggan merupakan faktor utama dan dapat dikatakan menjadi kunci saat memutuskan membeli produk pada sebuah toko online.

6. Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Fitur Chat Pada Web

Bagaimanapun juga pelanggan Anda sangat membutuhkan keterangan yang lebih detail terkait produk barang yang ditawarkan. Nah, untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan sebaiknya tambahkan sebuah fitur chat pada web. Jangan lupa untuk menyertakan fitur automatic answer untuk memberikan kepastian kepada calon pembeli kapan Anda akan menanggapi pesan yang mereka kirimkan

Baca Juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik

7. Gunakan SEO dan Jasa Layanan Pemesanan Online Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

SEO sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan online
Source: Diggity

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mesin pencarian yang ada di google search berpengaruh terhadap sesi penjualan mencapai 65%. Artinya jika toko online yang Anda miliki terlihat oleh calon pelanggan di halaman pencarian, peluang penjualan tentunya juga meningkat. Karenanya gunakan SEO untuk memudahkan pencarian. Selain itu juga gunakan jasa layanan pemesanan online untuk membantu proses penjualan. Dengan begitu toko semakin dikenal dan ramai dikunjungi banyak netizen

8. Aktif Di Berbagai Media Sosial

media sosial seperti facebook dan instagram untuk meningkatkan penjualan usaha
Source: Pixelkult

Jangan lupakan juga bahwa Anda harus lebih aktif di media sosial. Hal ini sangat berguna untuk membantu pelanggan baru menemukan toko online Anda. Untuk membantu pengoptimalan, bagikan juga konten menarik untuk target pelanggan secara konsisten agar mereka ingat dan penasaran dengan produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan online yang dapat Anda adopsi. Nah, agar lebih mudah mengenalkan produk dan meningkatkan prosentase penjualan produk makanan saat ini, Anda bisa menggunakan aplikasi order manager dari Hubster yang dapat mengelola seluruh orderan hanya dalam satu sistem.

Baca Juga: Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Menarik dan Efektif


Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Restoran berkelanjutan sedang tren: pelajari bagaimana & mengapa menerapkannya penting untuk keberlanjutan restoran

Memprioritaskan keberlanjutan akan membantu restoran Anda meningkatkan penjualan dan menonjol dari pesaing secara besar-besaran.

Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

UMKM adalah usaha mikro kecil dan menengah. Simak 7 contoh bisnis UMKM di sini dan mulai jadi seorang pengusaha sekarang juga!

Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

Ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil dan tanpa repot? Simak 7 Contoh Usaha Modal Kecil untung besar yang Anda bisa coba

Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Dalam 4 Aspek

Simak perbedaan antara soft dan hard sell di dunia marketing untuk membangun campaign dan strategi marketing usaha Anda!

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

Ingin memulai jualan online tapi belum tau caranya? Simak 7 langkah dan cara memulai bisnis online dari nol yang Anda bisa coba sekarang.

How to Succeed in Delivery

Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

Ingin tahu cara meningkatkan penjualan online usaha Anda? Ayo Simak 8 cara untuk menginkatkan penjualan online dengan mudah sekarang juga.

How to Succeed in Delivery

Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Simak cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Sederhana Untuk Bisnis Kecil. Dari catatan pengeluaran dan pemasukan hingga persiapan buku inventaris.

Local Heroes

Bagaimana Mitra Global Hubster berbagi budaya melalui makanan

Bekerja dengan beragam pemilik restoran telah menunjukkan kepada kita bagaimana makanan dapat menjadi katalis untuk mengekspresikan dan berbagi budaya yang berbeda dengan dunia.