How to Succeed in Delivery

7 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Menarik dan Efektif

June 8, 2021

contoh-kalimat-promosi-bisnis-online
Souce: Photo by Austin Distel on Unsplash

Dalam mengembangkan bisnis, pemasaran adalah salah satu aspek penting yang harus sangat diperhatikan selain produksi dan distribusi. Oleh karena itu Anda yang berwirausaha wajib untuk mempelajari trik-trik promosi apa saja yang akan berpengaruh untuk bisnis Anda.

Ketika berbicara tentang mempromosikan bisnis, maka tak akan jauh dari pembahasan tentang kalimat promosi yang digunakan. Khususnya untuk bisnis online, ada beberapa cara yang harus diperhatikan ketika akan membuat kalimat promosi. Untuk tips, trik, dan contoh kalimat promosi bisnis online kali ini akan kami bahas secara lengkap melalui artikel di bawah ini.

Tips dan Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online

Mengolah kalimat ternyata tak hanya seputar menggabungkan satu kata dengan kata lainnya lho. Ada sebuah seni di dalamnya dan tips-tips yang bisa Anda coba implementasikan.

1. Diksi yang digunakan sesuai target konsumen

Pemilihan diksi kalimat atau kata-kata di dalam konten promosi disesuaikan dengan kosakata yang lumrah digunakan target konsumen. Sebagai contoh apabila target merupakan anak-anak, maka gunakanlah kata yang mudah dicerna anak-anak dan terkesan seru menyenangkan. 

Sementara jika target pasaran adalah remaja, maka gunakanlah kata-kata kekinian yang biasa mereka gunakan dalam percakapan. Berikut contoh kalimat promosi yang bisa Anda jadikan referensi:

• Mainan anak-anak

"Sudah lihat squishy lembut dan wangi yang satu ini? Tak hanya lucu, squishy imut ini bisa menambah koleksi squishy mu yang menggemaskan!"

• Sabun cuci muka untuk remaja

"Hari gini masih mencetin jerawat? Duh jangan deh, nanti bisa jadi bopeng! Gunakan facial wash ini yang kandungan pH nya aman untuk kulit remajamu! Terbuat dari bahan alami yang aman, dijamin menjaga kulit remajamu!"

2. Kalimat awal membuat orang tertarik

contoh-kalimat-promosi-bisnis-online-2
Source: Calligraphy Coffee 101 by Apartment34.com

Selain menggunakan diksi yang sesuai dengan target pasar, faktor selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penggunaan kalimat awal yang memikat dan membuat orang tertarik. Salah satu cara membuat orang tertarik adalah dengan membuat mereka penasaran dan mau mencoba produk kamu. 

Berikan kesan seolah Anda peduli dengan keluhan konsumen. Susun kalimat yang membuat Anda dekat dengan konsumen secara personal. Berikut beberapa contoh kalimat awal yang dapat membuat orang tertarik:

"Sudah gonta-ganti facial wash tapi kulit wajah terus saja tumbuh jerawat? Padahal sudah cuci muka berkali-kali dan sangat menjaga pola makan. Eits, hati-hati. Jangan-jangan Anda salah memilih facial wash. Facial wash yang tepat adalah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Kami punya solusinya!"
"Ingin berat badan ideal tapi berat badan justru naik terus? Padahal sudah diet ketat dan rutin olahraga? Gunakan produk diet sehat dari perusahaan X. Dibuat dari bahan-bahan alami yang diracik oleh dokter terbaik. Konsumsi rutin diiringi pola hidup sehat dijamin akan membuat berat badan Anda menjadi ideal."

3. Iming-imingi dengan diskon dan cashback

contoh-kalimat-promosi-bisnis-online-3
Source: Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Di zaman serba digital saat ini, banyak konsumen yang rela merogoh kocek sangat dalam demi mendapatkan produk yang tengah didiskon besar-besaran. Banyak konsumen yang bahkan ketika mencari produk tidak melihat spesifikasi produknya terlebih dahulu namun langsung mencari tulisan diskon.

Bentuk diskon sendiri ada banyak macamnya, mulai dari uang tunai, hingga kupon diskon untuk beli produk lainnya. Berikut contoh kalimat promosi bisnis online menggunakan iming-iming diskon:

"Promo Singkat! Dapatkan promo cashback sebesar 30% hanya hari ini dengan belanja minimum Rp 300.000"
"Dapatkan gratis kupon diskon listrik PLN atau voucher listrik sebesar Rp 10.000 dengan minimum pembelian Rp 200.000"

4. Menggunakan kata yang terkesan "ajaib"

contoh-kalimat-promosi-bisnis-online-4
Source: Airbnb.design

Salah satu inti dari kesuksesan pemasaran produk secara online adalah dengan menggunakan kata-kata yang terkesan ajaib di mata target konsumen. Berikut beberapa contoh kata "ajaib" yang seringkali ditemukan digunakan:

• Asli: "Produk ini asli kualitasnya. Tak main-main!"

• Eksklusif. "Produk ini eksklusif kami luncurkan untuk kamu para wanita kekinian yang ingin tampil beda."

• Terlengkap: "Dapatkan paket perawatan kulit terlengkap dari pagi hingga sore hanya dengan biaya sebesar Rp 115.000 saja."

• Satu-Satunya: "Produk ini adalah satu-satunya produk kosmetik asli dari alam."

• Instan: "Dapatkan tubuh sehat dan langsing tanpa ribet tanpa efek samping dengan diet instan ini."

5. Jual manfaat dari produk yang ditawarkan

Melalui kalimat promosi singkat, jangan lupa untuk mencantumkan iming-iming manfaat produk yang dijual. Tunjukkan apa keunggulan produk yang Anda miliki berdasarkan fakta produk tersebut. Meski begitu, hindari penggunaan kata berlebihan dengan klaim yang tidak sesuai. Berikut contoh kalimat promosi yang menekankan manfaat dari produk yang ditawarkan:

"Gunakan serum pencerah ini secara rutin selama 10 hari dan buktikan khasiatnya!"
"Masker wajah dibuat dari bahan-bahan alami dengan kandungan vitamin pencerah serta anti bakteri. Gunakan masker ini di pagi hari dan dapatkan wajah yang halus, tanpa noda serta jerawat hilang."

6. Jelaskan kandungan produk

Manfaat yang Anda cantumkan saat promosi produk secara online tidak akan menarik perhatian target konsumen apabila tidak Anda tunjukkan kandungan produk di dalamnya. Target konsumen tidak akan percaya begitu saja dengan klaim Anda jika tidak disertai oleh bukti berupa kandungan produk. 

Meski Anda sebaiknya mencantumkan kandungan produk, namun jangan berlebihan saat menyampaikan kandungan produk. Berikut contoh promosi bisnis online dengan mencantumkan kandungan produk yang menarik:

“Ribuan orang sudah membuktikan khasiat sabun ini dalam mencerahkan kulit. Kandungan susu dan ekstrak bengkoang di dalam sabun ini dapat membuat kulitmu lebih putih dan sehat secara alami.”

7. Kalimat penutup yang menarik target untuk membeli

Terakhir adalah kalimat penutup yang pamungkas untuk menarik target konsumen agar segera membeli. Susunlah kata-kata yang dapat mensugesti calon konsumen untuk segera membeli namun mereka tidak merasa “dipaksa” dalam membeli. Berikut contohnya:

“Kapan lagi punya rice cooker di rumah yang bisa memanggang kue, mengukus makanan, rebus bakso, menanak nasi dan berbagai jenis makanan secara higienis selain di sini? Ayo, tunggu apalagi. Segera hubungi nomor berikut ini sekarang juga.”
“Penawaran terbatas hanya hari ini saja, jangan sampai ketinggalan promonya! Hubungi kami di nomor berikut!”

Peningkatan penjualan sangat dipengaruhi oleh seberapa baik dan menarik Anda bisa membuat konten promosi. Terkait tema konten promosinya sendiri dipengaruhi oleh target pasar hingga jenis produk yang dijual mulai dari kosmetik, baju, tas dan parfum. 

Itulah beberapa tips seputar cara membuat kalimat bisnis online beserta dengan beberapa contohnya. Semoga bermanfaat!

Isi formulir di bawah ini untuk memulai Hubster


Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Ghost Kitchen: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Istilah ghost kitchen pasti tidak asing lagi terdengar di kalangan pebisnis makanan. Baca penjelasan lengkap seputar ghost kitchen dan keuntungannya berikut ini.

Tentang Hubster

Biarkan pelanggan Anda memesan sesuai keinginan mereka dengan fitur Manual Orders Hubster

Masukkan pesanan dari sumber apa pun langsung ke tablet Hubster Anda dengan fitur baru kami Manual Orders!

How to Succeed in Delivery

7 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Menarik dan Efektif

Dalam mempromosikan bisnis dibutuhkan copywriting yang menarik. Intip contoh kalimat promosi bisnis online berikut ini, simple namun jitu menarik audiens!

How to Succeed in Delivery

14 Contoh Kata-Kata Promosi Makanan dan Tips Membuatnya

Membuat kalimat promosi yang menarik akan sangat membantu untuk meningkatkan penjualan. Intip tips dan contoh kata-kata promosi makanan berikut ini.

How to Succeed in Delivery

9 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui oleh Pemula

Khawatir bisnis kuliner yang ingin Anda jalankan tidak berjalan mulus? Baca cara memulai usaha kuliner berikut ini, cocok untuk para pemula di dunia bisnis!

How to Succeed in Delivery

6 Cara Daftar GrabFood Lengkap dengan Persyaratannya

Simak cara daftar GrabFood beserta persyaratannya berikut ini untuk mendaftarkan bisnis kulinermu. Menguntungkan dan dapat membantu penjualan!

How to Succeed in Delivery

5 Cara Daftar GoFood Terbaru dan Terlengkap

Ingin mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke GoFood? Simak cara daftar GoFood terbaru di 2021 berikut ini, hanya 5 langkah lho!

How to Succeed in Delivery

7 Ide dan Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

11 ide bisnis makanan beserta dengan tips memulai bisnis makanan online untuk pemula berikut wajib Anda ketahui sebelum memulai bisnis kuliner.

How to Succeed in Delivery

5 Ide Bisnis Makanan Ringan di Bulan Puasa yang Laris Manis

Bulan ramadan identik dengan banyaknya orang yang berjualan makanan. Ide bisnis makanan ringan berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berjualan