Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online (BPUM)

October 4, 2021

Dalam rangka mendorong perkembangan dalam sektor UMKM, kini telah banyak cara yang telah dilakukan oleh pihak pemerintah. Salah satunya memberikan informasi terkait cara daftar bantuan UMKM online. Bantuan yang di mana pihak UMKM Indonesia mendapatkan bantuan langsung tunai.

Apa Itu Bantuan UMKM Online?

Bantual Sosial untuk UMKM Indonesia
Source: Liputan6

Sesuai dengan namanya, bantuan UMKM online merupakan bantuan yang diberikan langsung oleh pemerintah kepada pelaku usaha bisnis. Tujuannya adalah untuk dapat mendorong kegiatan UMKM di Indonesia menjadi lebih baik. Apalagi bantuan satu ini semakin marak sejak masa pandemi ini.

Itu karena pelaku usaha UMKM di Indonesia menjadi salah satu dari korban yang terkena dampak COVID-19, dengan bantuan BLT tersebut akan membantu mereka dalam menjalankan usaha agar tetap berjalan lancar. Kabarnya, pemerintah memberikan bantuan sekitar Rp 2.4 juta pada tahun lalu.

Sedangkan untuk tahun ini, pemerintah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM sebesar Rp 1.2 jutaan dalam sekali pencairan. Jikalau ingin mendapatkan bantuan BLT tersebut, pelaku UMKM haruslah mendaftar diri terlebih dahulu sebagai persyaratannya. Cara mendaftarnya pun tidak sulit.

Bagaimana Cara Mendaftar Bantuan UMKM Online dengan Mudah?

Bantuan Presiden bagi UMKM tahun 2021
Source: KemenKopUKM

Pada umumnya, cara untuk mendaftar bantuan UMKM dari pemerintah bisa dilakukan dengan dua cara. Baik itu online atau bahkan offline bisa dilakukan semuanya, jika memilih online. Maka pengajuan langsungnya ke Dinas Koperasi atau bahkan UMKM setempat. Berikut persyaratannya.

  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki usaha Mikro 
  • Tidak boleh bekerja sebagai PNS, BUMN, BUMD
  • Lalu tidak menerima pembiayaan dari Bank / KUR
  • Lampirkan SKU jika domisili usaha dan KTP berbeda
  • Lengkapi dokumen Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Isi Nama Lengkap juga dan Informasi lain

Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk mendaftarkan usaha pada bantuan BLT UMKM. Kini saatnya Anda juga harus tahu bagaimana caranya untuk memeriksa bantuan tersebut, sudah masuk atau belum. Berikut ini ada dua cara pemeriksaan, pertama di bank BNI dan kedua pada bank BRI.

  • Untuk BNI buka link https://banpresbpum.id
  • Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan 
  • Setelah itu, klik Cari 
  • Nanti muncul notifikasi Terdaftar atau tidak sebagai Penerima
  • Untuk bank BRI, buka link https://eform.bri.co.id/ bpum
  • Masukkan juga Nomor Induk Kependudukan 
  • Lalu masukkan juga Kode Verifikasi 
  • Setelah itu, klik Proses Inquiry
  • Proses pemeriksaan bantuan pun selesai 

Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan 

Pada umumnya, bentuk usaha UMKM ini memang begitu banyak dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, ada deretan bentuk UMKM yang didukung secara penuh oleh pihak pemerintah. Berikut ini ada jenis usaha yang sepenuhnya didukung pemerintah secara besar – besaran.

1. Bentuk Usaha UMKM Kuliner

Salah satu jenis usaha UMKM yang sampai saat ini semakin berkembang, bahkan didukung penuh oleh pemerintah secara besar – besaran adalah usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Mungkin Anda sudah mengetahui akan hal ini, mengingat di setiap daerah hingga pelosok usaha ini selalu ada.

Banyak sekali jajanan atau bahkan sampai kuliner yang menawarkan makanan berat, sampai sekarang ini semakin marak / muncul di tahun 2021. Apalagi jenis kulinernys semakin terbilang unik dan menarik. Tidak menutup kemungkinan juga ada jenis makanan yang ala – ala di luar negeri.

2. UMKM Sektor Pertanian 

Jenis usaha UMKM yang didukung pemerintah selanjutnya adalah sektor pertanian. Tentu saja hal ini didukung, mengingat usaha ini sangat penting dalam kebutuhan sehari – hari. Apalagi usaha yang bergerak dalam bidang pertanian ini membutuhkan modal berupa tanah yang cukup luas.

Seperti untuk penanaman padi atau bahkan tumbuhan penting lainnya. Itulah mengapa pihak pemerintah selalu mendukung usaha UMKM pertanian satu ini, supaya pelaku usahanya bisa selalu lancar tanpa adanya kendala apa pun saat menjalankan usaha. Bantuan tersebut berupa BLT.

3. Usaha dalam Bidang Fashion 

Jenis usaha terakhir ada usaha yang bergerak dalam bidang fashion. Selain agribisnis, usaha satu ini semakin marak dan banyak diminati oleh pelaku usaha setiap tahunnya. Itu karena didorong dengan adanya masyarakat yang semakin menyukai model trend fashion kekinian / modern.

Dengan adanya mode dan juga tren fashion yang selalu berubah – ubah, inilah yang menjadikan banyak pelaku usaha UMKM terdorong untuk mendirikan / membuka usaha dalam bidang fashion. Dengan menariknya usaha yang dijalani, tentu akan menarik banyak customer pula. 

Manfaat Penggunaan Bantuan UMKM Online (BLT)

Mengingat sempat maraknya kabar mengenai bantuan pemerintah berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai). Banyak sekali pelaku usaha UMKM yang turut ikut melakukan pendaftaran demi bisa mendapatkan bantuan tersebut. Manfaat dari penggunaan bantuan ini cukup banyak tentu saja.

Salah satunya dapat mendorong perkembangan usaha UMKM yang ada di Indonesia ini. apalagi sejak pandemi COVID-19, banyak sekali pelaku usaha yang mengeluhkan usahanya yang sempat berhenti / tidak seramai dulu. Itulah mengapa banyak dari mereka yang mengalami kerugian usaha.

Dari sini bantuan BLT memberikan manfaat penting bagi mereka, dengan mendaftarkan diri sebagai peenrima bantuan UMKM online. Tentu akan mendapatkan BLT dari pihak pemerintah. Untuk tahun ini, setiap pelaku usaha akan mendapat kesempatan bantuan sekitar Rp 1,2 juta sekali pencairan.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai topik pembicaraan terkait informasi cara daftar bantuan umkm online. Beserta dengan pembahasannya tentang pengertian hingga manfaatnya juga. Jika Anda ingin mendapatkan bantuan BLT tersebut, ketahui syaratnya dulu agar daftar lancar.


Baca Juga: Cara daftar UMKM Online Gratis!

Artikel Terbaru

Tentang Hubster

Memperkenalkan Reports Dashboard Hubster

Reports baru kami yang diperbarui akan mencakup filter yang lebih mendalam, grafik yang dinamis, dan insight yang kompatibel dengan semua browser web dan seluler.

Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online (BPUM)

Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkannya, simak cara daftar bantuan UMKM online berikut!

Cara Daftar Traveloka Eats untuk Merchant & Driver

Traveloka Eats adalah layanan pemesanan makanan secara online dari Traveloka. Simak cara daftar Traveloka Eats untuk merchant dan driver berikut ini jika Anda juga ingin tergabung!

How to Succeed in Delivery

Mesin EDC: Definisi, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Mesin EDC adalah sebuah perangkat yang membantu proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ataupun debit dari berbagai rekening bank. Simak penjelasan lengkap seputar mesin EDC berikut.

How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

Kebingungan bagaimana cara menentukan harga jual makanan agar bisa mendapatkan untung? Tak perlu bingung, simak penjelasan lengkapnya di sini!

How to Succeed in Delivery

Tips dan Cara Foto Produk Makanan yang Menarik untuk Bisnis Anda

Memiliki visual produk yang menarik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis F&B. Simak cara foto produk makanan berikut sebagai referensi Anda.

How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Sedang mencari contoh bisnis plan makanan untuk bisnis F&B yang baru saja Anda mulai? Intip contoh lengkapnya di artikel berikut ini!

How to Succeed in Delivery

12 Contoh Iklan Produk Makanan beserta Gambarnya

Kumpulan contoh iklan produk makanan sebagai inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia F&B.

Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

Pelajari cara mendaftar ke beberapa platform pengiriman makanan untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, kehadiran, dan lainnya di restoran anda.