How to Succeed in Delivery

Apa itu ghost kitchen?

October 23, 2021

Jika Anda bekerja di industri restoran, Anda mungkin telah banyak mendengar tentang konsep baru yang disebut "ghost kitchens."

Seperti halnya inovasi restoran, tren ghost kitchen berkembang pesat dan tumbuh dengan cepat. Dalam artikel ini, kita akan menggali semua yang perlu Anda ketahui tentang ghost kitchens dan menjawab pertanyaan utama seperti apa itu ghost kitchen? Dari mana konsep ghost atau dark kitchens berasal? Apa saja jenis-jenis ghost kitchens? Apa keuntungan restoran yang membuka ghost kitchen? Seperti apa masa depan ghost kitchens dan industri restoran yang sekarang menjadi bagian dari ghost kitchens? 


what is a ghost kitchen

Apa itu ghost kitchen?

Ghost kitchen, juga dikenal sebagai dark kitchen, dapur virtual, dapur bayangan, atau dapur commissary, adalah fasilitas persiapan makanan yang menyiapkan makanan untuk pengiriman pesanan. Anda dapat menganggap ghost kitchen sebagai restoran tanpa area makan di tempat atau dapur komersial yang dioptimalkan untuk memenuhi pengiriman pesanan. Ghost kitchen dapat digunakan untuk meluncurkan restoran yang sepenuhnya baru, atau untuk meningkatkan jangkauan restoran yang sudah ada dengan membuat "etalase virtual" baru di berbagai area. Sebuah restoran dengan satu lokasi bangunan kemungkinan hanya mengirim dalam radius 5 mil dari restoran. Jika restoran membuat ghost kitchen di luar radius 5 mil, restoran dapat mulai mengirimkan ke pelanggan-pelanggan baru. Lebih lanjut, banyak restoran membuat ghost kitchen di area yang volume pesanannya tinggi dengan jumlah permintaan pengiriman yang signifikan akan menghasilkan peningkatan jangkauan, pesanan, dan penjualan. 

Munculnya ghost kitchens

Ada beberapa faktor yang telah berkontribusi pada munculnya ghost kitchens dari perubahan ekonomi, perubahan perilaku konsumen, bentuk pekerjaan baru, kenaikan harga real estat, dan kondisi budaya yang tidak terduga. Memahami dari mana ghost kitchens berasal mewajibkan kita untuk mempertimbangkan bahwa...

  1. Restoran berjalan dengan margin rendah, untuk mempekerjakan dan mengawasi karyawan membutuhkan biaya tinggi dan konstan.
  2. Munculnya smartphone dan pentingnya kenyamanan telah mengubah perilaku konsumen terhadap pemesanan dan pengiriman digital yang telah tumbuh 300% lebih cepat dari trafik makan di tempat sejak 2014. 
  3. Gagasan tentang pekerjaan tradisional telah menurun selama dekade terakhir, karena gig-ekonomi telah berkembang pesat. Saat ini, 40% generasi milenial adalah pekerja gig atau pekerja lepas, dan 40% perusahaan di seluruh dunia mempekerjakan pekerja lepas. Ini menciptakan kumpulan pengemudi potensial untuk aplikasi seperti GoFood, GrabFood, dan kumpulan staf potensial untuk bekerja di ghost kitchens. 
  4. Membuka restoran pada tahun 2021 membutuhkan banyak uang. Menurut survei yang dilakukan oleh restaurantowner.com, membuka restoran tradisional membutuhkan biaya dari $175.500 hingga $750.000. Karena harga real estat secara komersial terus meningkat, menghapus kebutuhan untuk menyewa ruangan yang besar dengan area tempat duduk terlihat semakin menarik bagi pemilik restoran. 

Kondisi akhir yang tidak bisa diabaikan adalah dampak COVID-19 baik terhadap perilaku konsumen dan restoran. Saat pesanan stay-at-home mulai berlaku di seluruh dunia, pelanggan mulai memesan lebih sering dari sebelumnya. Dan dengan berkurangnya kapasitas dan penutupan, pengiriman menjadi satu-satunya sarana industri restoran untuk bertahan hidup. Sementara pembatasan terus berubah dan meningkat, pengiriman masih diperkirakan akan tumbuh dengan cepat selama dekade berikutnya. 

Kombinasi antara perubahan budaya dan tantangan ini membuka peluang inovasi di banyak sektor, mungkin terutama di industri restoran, dan tren ghost kitchen yang semakin cepat populer.


food delivery growth pandemic

Apa saja jenis-jenis ghost kitchens?

Sekarang kita telah mengetahui apa itu ghost kitchens dan dari mana asalnya, mari kita lihat berbagai jenis ghost kitchens

1. Inkubator atau pop-up kitchens. Inkubator atau pop-up ghost kitchens adalah ruang yang menempel pada bangunan restoran, tetapi hanya digunakan untuk memenuhi pesanan dan pengiriman online. Dapur inkubator memungkinkan restoran tradisional untuk mencoba konsep baru, meminimalkan kekacauan di dapur, dan menciptakan aliran pendapatan baru. 

2. Commissary atau dapur bersama. Dapur commissary adalah ruang komersial yang digunakan bersama oleh beberapa restoran. Itu dilengkapi dengan semua perlengkapan dan peralatan masak yang Anda butuhkan untuk memenuhi pesanan online, dan tidak memerlukan uang muka yang besar atau kontrak seumur hidup. Dapur commissary pada dasarnya adalah dapur yang tersedia untuk disewakan ke restoran atau pengusaha makanan mana pun. 

3. Kitchen pods. Kitchen pods adalah jenis ghost kitchen yang paling sederhana. Umumnya menggunakan kontainer pengiriman, kitchen pods sering ditempatkan di tempat parkir di belakang restoran, membuatnya mudah diangkut tetapi kecil dan tidak nyaman untuk bekerja didalamnya.


what is an incubator kitchen

Keuntungan menjalankan ghost kitchen

Hemat uang... banyak uang

Mari kita mulai dengan salah satu keuntungan utama: ghost kitchen lebih hemat biaya daripada restoran. Mendirikannya tidak hanya memungkinkan Anda untuk memulai dengan sedikit investasi modal (yang berarti lebih sedikit resiko), tetapi juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi biaya operasional. Tanpa tenaga kerja front-of-house, tim Anda akan lebih kecil, Anda tidak membutuhkan banyak ruang dan Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada dekorasi dan sebagian besar furniture. Berkat biaya yang diminimalkan ini, restoran dapat memaksimalkan keuntungan.

Tidak perlu lokasi premium

Tentu, Anda telah memesan makanan setiap hari Jumat dari restoran yang sama selama berbulan-bulan dan Anda merasa seperti Anda mengetahuinya luar dalam ... tapi apakah Anda sebenarnya tahu di mana itu? Ghost kitchen tidak dimaksudkan untuk menerima tamu, jadi Anda akan memiliki banyak kebebasan saat memilih lokasi. Meskipun Anda harus memperhitungkan jangkauan pengiriman untuk menempatkan dapur Anda di lokasi yang tepat, Anda dapat memanfaatkan lokasi yang jarang digunakan. Kemungkinan ini berada di tempat yang kurang populer sehingga tidak hanya akan membantu Anda menemukan tempat lebih cepat dan menghemat biaya, ini juga lebih baik bagi pengendara untuk mengumpulkan pesanan.

Kebebasan untuk beradaptasi dan berkembang

Keindahan hanya "berada" secara online adalah Anda dapat dengan mudah mengubah dan menyesuaikan konsep Anda. Anda meluncurkan brand burger dan tidak berkinerja seperti yang diharapkan? Jangan khawatir, itu dapat menjadi toko hot dog besok. Apakah Anda ingin ikut serta dalam popularitas sandwich Jepang yang menggila? Anda dapat langsung menekan menu baru dengan satu klik. Peningkatan kecepatan ke pasar sangat baik untuk para pemilik restoran yang mau bereksperimen. Plus, Anda bahkan dapat menjalankan beberapa brand virtual untuk mengoptimalkan bisnis Anda dari ghost kitchen yang sama.

Logistik yang sederhana

Jika Anda pernah menangani in-house dan pengiriman pesanan, Anda sudah tahu betapa sulitnya itu. Dengan fokus pada pengiriman saja, ghost kitchens dapat menyiapkan lebih banyak pesanan dan mengirimkannya ke pelanggan dalam waktu yang lebih singkat. Plus, jika Anda bekerja dengan solusi manajemen pengiriman seperti Hubster, semua pesanan online akan disederhanakan ke dalam satu tablet, terlepas dari aplikasi pengiriman mana yang digunakan pelanggan. Ini berarti lebih mengurangi kerumitan dan lebih banyak waktu untuk fokus pada apa yang sebenarnya penting: makanan.


simplify restaurant operations

Tantangan menjalankan ghost kitchen

Mendapatkan visibilitas bisa sulit tanpa jejak fisik

Kecuali restoran Anda sudah terkenal, Anda harus bekerja keras untuk mengembangkan brand Anda. Lupakan trafik walk-in: tanpa lokasi fisik, Anda terpaksa harus bersaing di pasar digital yang sangat ramai. Saran kami? Review pelanggan adalah kuncinya. Jika Anda masih belum memiliki strategi untuk review, inilah saatnya untuk mengerjakannya untuk meningkatkan kredibilitas restoran Anda dan meningkatkan posisi online Anda.

Menjaga dan memelihara hubungan pelanggan dapat menjadi tantangan

Restoran adalah tempat untuk menawarkan pengalaman... tetapi bagaimana Anda menawarkan pengalaman yang baik dari kejauhan? Dengan hampir 0 interaksi pelanggan, Anda harus kreatif untuk membangun loyalitas pelanggan. Detail kecil akan menjadi kunci bagi pelanggan Anda untuk memesan ulang dan membicarakan tentang restoran Anda dengan teman atau di media sosial.

Aplikasi pengiriman pihak ketiga menentukan permainan

Menjalankan ghost kitchen yang berarti platform pengiriman adalah saluran penjualan utama Anda. Meskipun aplikasi seperti GoFood dan GrabFood sangat baik dalam menampilkan Anda di depan audiens yang besar dan menyebarkan berita, Anda akan bergantung pada pihak ketiga dan memberikan beberapa kendali. Selain itu, Anda harus mempelajari cara menavigasi setiap platform untuk meningkatkan visibilitas brand Anda dan mencapai hasil pencarian yang lebih baik.

Anda tidak harus memiliki reputasi dengan cara yang sama seperti restoran tradisional

Waktu dalam pesanan online sangat penting, tetapi tidak sebenarnya di tangan Anda setelah makanan meninggalkan dapur: apakah pengemudi akan mengambil pesanan tepat waktu? Seberapa cepat itu akan dikirim? Apakah pesanan akan tiba sebagaimana mestinya? Suka atau tidak, reputasi Anda akan dipengaruhi oleh layanan aplikasi pengiriman pihak ketiga dan, sayangnya, pengalaman buruk dengan mereka akan mencerminkan restoran Anda. Untuk mengendalikannya, anda harus berada di nomor atas pesanan online. Dengan bermitra dengan solusi seperti Hubster, Anda dapat menyinkronkan semua pesanan Anda di satu tempat untuk menghilangkan kesalahan dalam pemenuhan pesanan dan mendapatkan metrik berharga pada bisnis Anda seperti pesanan yang terlewat, kehilangan pendapatan, rincian ketersediaan, dan masih banyak lagi.

how to sign up for uber eats

Masa depan ghost kitchens

Jelas bahwa ghost kitchen menawarkan banyak keuntungan, tetapi apakah sebenarnya dapat bertahan? Menurut laporan baru Rockville Research, pasar pengiriman makanan global "diperkirakan bernilai US$ 254 miliar pada tahun 2028, tumbuh pada CAGR 10,9% pada periode 2021 hingga 2028". Dengan mempertimbangkan bahwa pengiriman diperkirakan akan terus tumbuh lebih cepat daripada makan di tempat, ghost kitchens tetap menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik restoran untuk membuktikan bisnis mereka di masa depan.

Selama ghost kitchens memberikan alternatif biaya yang lebih rendah untuk mengoperasikan restoran tradisional, akan ada ruang di pasar untuk ghost kitchens.

Jika Anda adalah restoran tradisional atau ghost kitchen yang ingin mengoptimalkan dan mengelola operasional pengiriman Anda, lengkapi formulir di bawah untuk mulai hari ini!

Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Restoran berkelanjutan sedang tren: pelajari bagaimana & mengapa menerapkannya penting untuk keberlanjutan restoran

Memprioritaskan keberlanjutan akan membantu restoran Anda meningkatkan penjualan dan menonjol dari pesaing secara besar-besaran.

Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

UMKM adalah usaha mikro kecil dan menengah. Simak 7 contoh bisnis UMKM di sini dan mulai jadi seorang pengusaha sekarang juga!

Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

Ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil dan tanpa repot? Simak 7 Contoh Usaha Modal Kecil untung besar yang Anda bisa coba

Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Dalam 4 Aspek

Simak perbedaan antara soft dan hard sell di dunia marketing untuk membangun campaign dan strategi marketing usaha Anda!

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

Ingin memulai jualan online tapi belum tau caranya? Simak 7 langkah dan cara memulai bisnis online dari nol yang Anda bisa coba sekarang.

How to Succeed in Delivery

Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

Ingin tahu cara meningkatkan penjualan online usaha Anda? Ayo Simak 8 cara untuk menginkatkan penjualan online dengan mudah sekarang juga.

How to Succeed in Delivery

Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Simak cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Sederhana Untuk Bisnis Kecil. Dari catatan pengeluaran dan pemasukan hingga persiapan buku inventaris.

Local Heroes

Bagaimana Mitra Global Hubster berbagi budaya melalui makanan

Bekerja dengan beragam pemilik restoran telah menunjukkan kepada kita bagaimana makanan dapat menjadi katalis untuk mengekspresikan dan berbagi budaya yang berbeda dengan dunia.