5 Bisnis Kuliner Rumahan yang Menjanjikan di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 tak menjadi penghalang untuk mulai merintis usaha kuliner. Simak rangkuman bisnis kuliner rumahan yang bisa Anda dengan Hubster.
Sumber: Unsplash

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak akan ada matinya selama setiap individu masih membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. 

Tak hanya itu, tersedianya bisnis kuliner juga menjadi solusi bagi orang-orang yang senang makan, namun tidak bisa memasak ataupun orang yang suka memasak namun sedang tidak ingin memasak sendiri. Pilihan bisnis kuliner yang beragam juga menjadi opsi makanan atau camilan agar menu sehari-hari yang dikonsumsi tidak membosankan. Jadi, bisnis kuliner memiliki peluang yang amat besar dan memiliki target konsumen yang luas. 

Pada masa pandemi seperti ini pun, orang-orang lebih memilih untuk berdiam di rumah dan memesan makanan secara online demi mematuhi protokol kesehatan. Peluang untuk menghadirkan sebuah bisnis kuliner yang dapat memenuhi kebutuhan makanan di rumah–baik itu makanan berat ataupun ringan–pun menjadi semakin besar target konsumennya.

Jika Anda sedang ingin memulai bisnis kuliner rumahan yang dapat dipasarkan secara mudah ataupun online, beberapa ide bisnis kuliner di bawah ini bisa menjadi referensi untuk Anda coba.


1. Kopi Botolan atau Susu Botolan

Sumber: Cosmopolitan Indonesia

Bisnis minuman memang sedang sangat berkembang di pasaran, hal ini dikarenakan banyak kafe yang tersendat akibat pandemi. Dari larangan dine-in saat PSSB hingga masyarakat yang enggan untuk nongkrong di kafe. 

Minuman seperti kopi atau susu merupakan beberapa contoh minuman yang banyak digemari oleh masyarakat luas untuk menjadi teman bersantai dan menikmati camilan. Tak ayal, banyak pula orang yang menjadikan kedua minuman tersebut sebagai bisnis kulinernya.

Karena bisnis minuman seperti ini sudah banyak ditemukan di pasaran, apabila Anda juga ingin mencoba menjualnya, Anda harus mencoba mengkreasikan minuman kopi atau susu yang ingin dijual. Salah satunya adalah dengan menghadirkan kemasan yang menarik, seperti membuatnya dalam ukuran botol, dan juga memilih desain font brand kopi/susu Anda yang menarik mata.

Dan tak lupa, pastikan rasa minuman yang Anda jual juga berkualitas dan memiliki keunikannya sendiri ya!


2. Frozen Food

Sumber: Pinterest

Frozen food dapat dijadikan lauk yang sangat praktis dan juga bisa dijadikan makanan ringan. Pilihannya sudah sangat beragam, mulai dari bakso, sosis, nugget, bento, ramen, donat, dll yang murah meriah dan juga enak. 

Target konsumen ini sangat luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Peluang mereka untuk repeat order juga sangat tinggi, asalkan Anda bisa menyediakan produk yang variatif, menjaga kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kecepatan pengiriman.

3. Paket Daging Grill & Shabu-Shabu

Sumber: Pinterest

Untuk sebagian orang yang hobi berkuliner, pandemi ini tidak boleh menjadi halangan bagi mereka untuk berpesta daging grill atau shabu-shabu. Ada banyak orang yang sampai berusaha membeli alat panggangan dan rebusannya sendiri hanya demi menikmati nikmatnya sajian daging grill dan shabu-shabu di rumah.

Hal tersebut menjadi peluang lainnya bagi Anda untuk memulai bisnis paket daging grill & shabu-shabu yang bisa langsung mereka masak sendiri tanpa harus repot membeli daging di pasar dan dipotong tipis-tipis.

4. Sambal Kemasan

Sumber: Instagram.com/toko.momom

Ide bisnis ini sangat cocok untuk para pecinta makanan pedas atau orang yang tidak mau repot meracik sambal. Bisnis ini juga dapat melatih Anda untuk berkreasi menentukan rasa dan varian sambal. 

Indonesia sendiri dikenal dengan ragam macam pilihan sambalnya, yang tiap-tiap daerah memiliki rasa sambal khasnya tersendiri. Apabila Anda memiliki keterampilan membuat sambal khas dari suatu daerah, tentu akan menjadi nilai plus dari produk sambal kemasan yang akan Anda juga.

Untuk kemasan, pastikan Anda menggunakan kemasan yang aman dan tidak mudah tumpah. Anda tentu tidak ingin produk sambal kemasan yang dijual tumpah dalam pengiriman bukan? Maka dari itu memilih kemasan sambal juga tidak bisa sembarangan. Selain agar aman, kemasan yang baik juga membantu menjaga kualitas sambal agar lebih tahan lama dan nikmat untuk disantap.

5. Bahan dan Resep Makanan

Sumber: Unsplash

Ide bisnis ini mungkin belum banyak dijalankan di Indonesia, tetapi di luar negeri ide bisnis ini sudah berkembang pesat. Ide utama dari bisnis ini adalah Anda menyediakan paket bahan makanan sesuai dengan resep yang akan Anda berikan. 

Contohnya paket Spaghetti Squid Ink. Anda harus menyediakan spaghetti, cumi-cumi, bumbu-bumbu, dan tentu saja panduan resep cara membuatnya. Bisnis ini tentu dapat membantu mereka yang ingin mengasah keterampilan masak mereka selama pandemi berlangsung. 

Bisnis ini cocok bagi calon konsumen yang tidak mau repot, ingin belajar masak, dan tidak khawatir akan kebersihan makanan.

Itulah 5 ide bisnis kuliner rumahan yang cocok dijalankan di masa pandemi ini. Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner, pastikan Anda mendedikasikan waktu untuk melakukan persiapan bisnis secara matang dan menentukan strategi pemasaran apa yang cocok untuk bisnis Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual produk kuliner Anda melalui GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan platform delivery online lainnya yang akan memudahkan proses berjualan makanan!

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.