How to Succeed in Delivery

5 Ide Bisnis Makanan Ringan di Bulan Puasa yang Laris Manis

June 8, 2021

ide-bisnis-makanan-ringan
Sumber: freepik.com

Bulan suci Ramadan sudah dekat, bulan yang penuh dengan keberkahan ini sangat penting di sebagian besar orang Muslim. Selain mendatangkan berkah secara spiritual dalam diri setiap individu, bulan Ramadan juga bisa meningkatkan berkah dari segi ekonomi. Anda dapat menjalankan berbagai macam peluang bisnis yang berkaitan dengan bulan Ramadan. Salah satu bisnis yang mudah dijalankan yaitu bisnis makanan.

Jika Anda tidak mempunyai modal yang banyak untuk memulai bisnis makanan, Anda bisa mencoba masuk ke dalam bisnis makanan ringan! Bisnis makanan ringan tidak memerlukan modal ataupun investasi yang besar di awal perjalanan bisnis, namun Anda tetap memerlukan perencanaan dan strategi pemasaran yang baik agar bisnis Anda berjalan sesuai apa yang Anda harapkan. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan di antaranya adalah hal-hal seperti analisis SWOT, market research, menentukan strategi penjualan, dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan memberi Anda beberapa ide bisnis makanan ringan yang cocok untuk dijalankan selama bulan puasa.


Ide Bisnis Makanan Ringan di Bulan Puasa

1. Homemade Snack

ide-bisnis-makanan-ringan-di-bulan-puasa
Sumber: instagram.com/inacookies

Membuat bisnis snack rumahan adalah salah satu bisnis termudah yang bisa Anda mulai. Anda dapat membuat snack yang seperti keripik singkong, keripik kentang, jamur krispi, keripik pisang, nachos, dll. Membuat snack seperti itu tidak memerlukan alat-alat dan bahan-bahan yang rumit, serta membuatnya pun tidak sulit. 

Anda juga harus menentukan packaging atau kemasan yang akan Anda gunakan untuk produk makanan ringan rumahan Anda agar terlihat menarik di mata calon konsumen, bisa dari mendesain logo brand dan memilih bagaimana bentuk kemasan yang akan Anda pilih.

2. Baked Goods

ide-bisnis-makanan-ringan-di-bulan-puasa-2
Sumber: Unsplash

Siapa yang tidak suka kue, brownies, dan biskuit yang enak? Makanan-makanan ringan ini bisa membuat mood seseorang naik! Bisnis makanan yang berfokus pada roti dan kue ini dapat dengan mudah untuk Anda jalankan dari rumah. Makanan panggang yang manis dan memanjakan mata pelanggan memang sedang tren di masyarakat. Pastikan produk Anda direpresentasikan dengan cara yang unik atau Instagrammable yang menarik banyak pelanggan. Jadi, perhatikan baik-baik tampilan produk serta rasa dari roti dan kue panggang Anda.

Untuk alat-alatnya Anda tentu membutuhkan oven dan mixer untuk menunjang makanan yang akan Anda buat. Anda juga membutuhkan berbagai cetakan macam cetakan kue tergantung apa yang ingin Anda panggang. Jangan lupa bahan-bahan membuat kuenya seperti tepung, gula, mentega, krim, zat penyedap, zat pewarna, coklat, buah kering, kacang-kacangan, dll. 

3. Selai

ide-bisnis-makanan-ringan-di-bulan-puasa-3
Sumber: Unsplash

ide-bisnis-makanan-ringan-di-bulan-puasa

Roti dan selai merupakan kombinasi yang sangat sempurna untuk memulai hari seseorang, begitu juga ketika Anda ingin berbuka puasa dengan roti, tentu Anda membutuhkan selai yang berperan sebagai pemanis pada setiap gigitan. Kebanyakan orang sudah menyadari bahwa selai buatan sendiri memiliki kualitas yang tidak kalah daripada selai yang ada di pasaran, baik dari segi nutrisi dan rasa dan yang terpenting lagi, membuat selai tidaklah terlalu sulit untuk dibuat sendiri di rumah.

Anda bisa membuat selai yang berasal dari buah-buahan seperti strawberry, nanas, raspberry, hingga kurma. Anda dapat membuat varian rasa baru dengan menggunakan kombinasi dari beberapa bahan baku yang fresh.

4. Cokelat

ide-bisnis-makanan-ringan-di-bulan-puasa-3
Sumber: Unsplash

Cokelat merupakan makanan yang selalu diminati dan juga mudah dibuat atau diolah. Namun, kualitas cokelat akan bergantung pada kualitas bahan baku yang Anda digunakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan biji kakao berkualitas, diikuti dengan bahan lain seperti mentega kakao, gula, dll. 

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda juga dapat menggunakan kacang-kacangan, buah-buahan kering, krispies, dll untuk membuat berbagai varian coklat. Agar tidak bentuknya tidak monoton, Anda juga dapat berkreasi menggunakan cetakan yang berbeda untuk menarik perhatian calon konsumen.

5. Cemilan Khas Timur Tengah

ide-bisnis-makanan-ringan-di-bulan-puasa-4
Sumber: Pinterest

Orang Timur Tengah cenderung sangat suka memakan cemilan cepat saji yang sehat dan mudah dibuat atau dimakan. Banyak dari camilan ini telah dikonsumsi di Timur Tengah sejak lama. Makanan-makanan tersebut terkenal dengan manfaat kesehatan serta rasanya yang enak. Anda bisa menjual cemilan khas Timur Tengah seperti kacang chickpea, baklava, kue halvah, kacang pistachio, keju arab, roti pita, roti canai, dan tentunya buah kurma. 

Itulah beberapa ide bisnis makanan ringan yang bisa Anda jalankan selama bulan puasa. Tidak hanya pada bulan puasa, jika bisnis Anda berjalan lancar Anda juga bisa melanjutkan bisnis Anda dalam jangka panjang. Selamat mencoba!

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda (Positif & Negatif!)

Menerima ulasan dari pelanggan secara online ternyata harus direspon, lho! Berikut sepuluh template respon review atau ulasan yang dapat Anda berikan ke pelanggan bisnis Anda.

Tentang Hubster

9 Cara Hubster Membantu Menyukseskan Sistem Pesanan Online Restoran

Penasaran bagaimana cara Hubster membantu mitranya menyukseskan sistem pesanan online yang diterima? Berikut penjelasan lengkapnya.

How to Succeed in Delivery

Menjawab Pertanyaan Seputar Hubster

Menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar apa itu Hubster, produk dan fitur yang ditawarkan, serta keuntungannya untuk bisnis F&B.