Ketentuan dan Cara Daftar AirAsia Food Indonesia Tahun 2022

Merambah ke bidang layanan pesan antar makanan online, berikut cara daftar AirAsia Food di Indonesia, lengkap dengan ketentuan dan keuntungannya.

Saat mendengar kata "AirAsia", banyak orang yang mengenalnya sebagai sebuah perusahaan maskapai penerbangan. Tapi tahukah Anda jika saat ini AirAsia telah melakukan ekspansi bisnisnya dengan membuka layanan pesan antar makanan secara online, dan dinamakan AirAsia Food.

AirAsia Food sendiri memiliki layanan yang hampir sama dengan GoFood, ShopeeFood dan juga GrabFood. Jika Anda memiliki usaha di bidang kuliner, Anda bisa coba mendaftarkan bisnis Anda ke AirAsia Food yang beroperasi di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta.

Keuntungan Mendaftar Menjadi Mitra AirAsia Food

cara-daftar-airasia-food-di-indonesia
Sumber: airasia.com

Sebelum berkenalan dengan apa itu AirAsia Food, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan AirAsia Super App.

AirAsia Super App adalah platform yang dibuat oleh perusahaan maskapai penerbangan AirAsia yang memiliki beberapa penawaran produk seperti informasi harga penerbangan, hotel, berbelanja kebutuhan harian, ride hailing, dan yang terbaru adalah layanan AirAsia Food.

Melalui aplikasi AirAsia Food, para pelaku usaha food and beverages (F&B) dimungkinkan untuk memasarkan produk makanan dan minumannya secara mudah. Layaknya platform online food delivery pada umumnya, adanya layanan seperti AirAsia Food memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara online.

Tak hanya itu, terdapat beberapa keuntungan lainnya ketika Anda mendaftar di AirAsia Food sebagai merchant, di antaranya:

1. Potongan komisi yang kecil

Perlu Anda ketahui saat berjualan makanan online di sebuah platform, pihak aplikasi pasti akan mengambil komisi dari setiap produkyang laku terjual. Berbeda dengan platform lainnya, AirAsia Food tidak mengambil komisi yang besar sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan akan lebih besar dan Anda juga tidak perlu menaikkan harga produk menjadi lebih tinggi.

2. Membantu menjangkau pasar yang lebih luas

Meskipun masih terbilang baru dibandingkan para pesaingnya yang lebih dulu menawarkan layanan pesan antar makanan secara online, namun AirAsia Food tetap dapat membantu Anda menjangkau target konsumen secara meluas karena AirAsia sendiri telah dikenal oleh masyarakat luas.

3. Tersedia di kota-kota besar di Indonesia

Saat ini, AirASia Food sudah terdaftar di beberapa wilayah dan juga kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Cirebon, dan masih banyak lagi. Jadi apabila toko Anda berlokasi di wilayah-wilayah tersebut, Anda dapat mencoba mendaftarkan bisnis Anda untuk membuka peluang yang lebih besar dalam meraup untung.

4. Tidak dipungut biaya pendaftaran

Perlu diingat, AirAsia Food tidak memungut biaya sepeserpun untuk merchant yang ingin bergabung di platform-nya. Oleh karena itu, jangan percaya apabila ada yang menghubungi Anda dan mengatasnamakan AirAsia Food untuk memungut sejumlah biaya pendaftaran.

5. Proses pendaftaran yang mudah

Tak perlu kebingungan ketika melakukan pendaftaran, proses bergabung di AirAsia Food Indonesia amatlah mudah hingga toko Anda dapat diaktivasi.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Daftar ShopeeFood dan Ketentuannya

Syarat-Syarat Daftar AirAsia Food di Indonesia

syarat-syarat-daftar-airasia-food-di-indonesia-hubsterindonesia
Sumber: AirAsiaFood

Cukup mudah untuk mendaftar di AirAsia Food, karena tidak perlu berkas-berkas yang rumit untuk diurus. Adapun persyaratan yang perlu Anda persiapkan sebelum mendaftar di AirAsia Food adalah sebagai berikut.

  • Nama Brand atau Merk, pastikan nama brand Anda tidak pasaran agar tidak ada yang menyamai dan agar lebih mudah diingat.
  • Menyiapkan nama legal perusahaan, karena sebelum mendaftar ke AirAsia Food Anda perlu mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu.
  • Menyiapkan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi.

Mudah sekali bukan? Setelah memastikan beberapa persyaratan di atas sudah siap, Anda dapat mulai daftar AirAsia Food Indonesia melalui langkah-langkah di bawah ini.

Tata Cara Daftar AirAsia Food Indonesia Tahun 2022

tata-cara-daftar-airasia-food-indonesia-2022-hubsterindonesia
Sumber: Clevertap

Untuk mendaftar menjadi mitra resmi di aplikasi AirAsia Food Indonesia, dapat Anda lakukan secara online dengan mengikuti langkah-langkah daftar AirAsia Food Indonesia di bawah ini:

1. Isi formulir pendaftaran yang disediakan

Pertama, Anda bisa melakukan pendaftaran AirAsia Food melalui handphone ataupun laptop dengan cara membuka formulir AirAsia Food dan mengisi data-data yang diminta.

2. Memasukkan data lengkap di formulir yang disediakan

Adapun data yang dibutuhkan berkaitan pula dengan persyaratan yang telah tertera di atas. Selain data-data yang berkaitan dengan persyaratan, Anda perlu mengisi data seputar:

  • Jenis makanan atau minuman yang akan dijual
  • Alamat lengkap perusahaan atau bisnis
  • Wilayah operasional dari toko
  • Email aktif
  • Nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi

3. Submit data yang telah dilengkapi

Setelah data-data di atas selesai diisi, Anda dapat langsung mengirimkan formulit pendaftaran. Mudah sekali bukan?

Namun sebelum mengirimkan formulir, pastikan data-data yang Anda masukkan telah valid agar pihak AirAsia Food Indonesia dapat menghubungi Anda dengan cepat dan mudah.

Nantinya, pihak AirAsia Food akan melakukan verifikasi terhadap data yang sudah Anda kirimkan melalui pemberitahuan email, SMS, dan juga telepon. Dan proses verifikasi biasanya akan menghabiskan waktu 1-7 hari kerja, tergantung load pendaftar yang sedang masuk.

Bagi Anda pelaku usaha makanan atau minuman yang ingin memperluas jangkauan konsumen Anda dan memperoleh profit sebanyak-banyaknya, mendaftar sebagai merchant di platform AirAsia Food Indonesia adalah salah satu caranya. Semoga informasi tersebut membantu, ya!

Integrasikan Platform Layanan Pesan Antar Makanan dengan Order Manager dari Hubster

Mungkin Anda telah mengetahui, bahwa salah satu layanan Hubster yaitu Order Manager, memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan platform online food delivery yang bisnis F&B Anda gunakan.

Apabila Anda terdaftar di platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, Anda dapat menyatukan sistem penerimaan order dan pencatatan order yang masuk secara online melalui satu sistem & tablet saja. Kunjungi laman Order Manager atau klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

daftar-airasia-food-indonesia-hubsterindonesia

Start your 30-day free trial