Tips Bisnis

Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula Agar Laku Keras

December 4, 2021

Di zaman yang serba cepat ini, penggunaan toko online menjadi hal yang wajib terutama bagi para pelaku bisnis. Salah satu tren sekarang yaitu menggunakan aplikasi Shopee, di mana selain mudah digunakan aplikasi ini juga dapat digunakan melalui perangkat smartphone Anda. Tak hanya mempermudah para pedagang online, hadirnya aplikasi Shopee juga dianggap membuka peluang usaha baru bagi berbagai kalangan.

Anda baru mulai berkecimpung berjualan online melalui Shopee? Kali ini kami akan membahas beberapa cara jualan di Shopee untuk Anda yang baru saja memulai. Simak tips & triknya di bawah ini!

Langkah Awal Berjualan di Shopee

Untuk membuka toko online pada marketplace Shopee, sebelumnya Anda harus memiliki akun tersendiri. Artinya ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai berjualan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buat akun terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memiliki akun di aplikasi Shopee. Tanpa langkah ini, Anda tidak akan mungkin untuk melakukan proses jual beli. Caranya sangat mudah, yaitu gunakan email dan nomor handphone yang aktif kemudian isi formulir registrasi secara lengkap. Setelah beberapa saat, Anda akan mendapatkan email aktivasi berisi kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut untuk menyelesaikan proses registrasi.

2. Buka lapak atau toko Anda

Tahapan berikutnya adalah membuka toko. Caranya, buka laman situs atau aplikas Shopee, kemudian pilih menu jual di sudut kiri bagian atas. Lanjutkan dengan mengisi biografi secara lengkap mulai dari nama, deskripsi hingga alamat serta jasa pengiriman yang nantinya akan dipergunakan. Yang tidak boleh terlewat adalah mencantumkan rekening bank untuk pencairan hasil penjualan.

3. Pasang produk yang akan dijual

Jika langkah kedua sudah dilakukan, lanjutkan memasang atau memasukkan produk-produk yang akan dijual. Siapkan gambar yang menarik beserta dengan deskripsi lengkap sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli di toko Anda

4. Coba fitur promosi produk

Setelah semua lengkap, ikuti program promosi yang diberikan oleh Shopee kepada setiap penjual utuk menaikkan barang dagangannya. Selain itu, masukkan pula link toko Anda di media sosial yang bisnis Anda miliki dan gencarlah melakukan promosi di platform lain.

Strategi Berjualan di Shopee Agar Laku Keras

Setelah melewati langkah-langkah awal dalam berjualan di Shopee, ada lagi strategi-strategi yang perlu Anda lakukan agar penjualan produk Anda lebih maksimal. Beberapa strategi jualan di Shopee yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

1. Pasang fitur free ongkir

Strategi awal untuk sukses berjualan di Shopee adalah dengan mengaktifkan fitur bebas ongkir pada toko Anda. Perlu diketahui, Shopee menyediakan fasilitas ini dengan jumlah minimal pembelian Rp30,000,- dan kelipatannya hingga Rp200,000,-. Strategi bebas ongkir ini merupakan salah satu daya tarik yang terbukti berhasil menarik pembeli.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu mengajukan pengaktifan fitur dengan cara melakukan selfie sembari memegang KTP. Ketika fitur bebas ongkir berhasil diaktifkan, nantinya pembeli yang ingin berbelanja di toko Anda akan dibebaskan biaya pengiriman.

2. Pastikan Anda memiliki pilihan produk yang beragam dan menarik

Semakin banyak barang yang ada dalam etalase toko online, maka peluang memperoleh pembeli juga pasti akan meningkat. Pastikan Anda memiliki minimal 10 barang. Sehingga para konsumen dapat memilih sesuai keinginan mereka. Anda tidak perlu khawatir, karena dalam mengunggah produk, sudah dilengkapi d

3. Pasang ajakan untuk mengikuti toko Anda

Ketika berjualan online, salah satu kunci kesuksesannya adalah meraih kepercayaan pelanggan. Salah satu tolak ukur yang dijadikan pertimbangan pelanggan adalah jumlah followers yang kita miliki dalam akun kita. Untuk mendapatkan lebih banyak followers, Anda dapat melakukan strategi seperti "ikuti toko kami, dan dapatkan potongan 10% hinggal Rp5,000,00". Dengan begitu, pastilah banyak konsumen yang tertarik untuk mengikuti toko Anda.

4. Ikuti program promo dari Shopee

Shopee banyak menyediakan program promosi untuk para seller-nya. Salah satu promo yang paling dikenal adalah Flash Sale. Pada program ini, Anda akan memberikan diskon besar-besaran yang hanya akan berlaku dalam periode waktu yang sebentar. Dengan begitu, pembeli akan berbondong-bondong untuk mendapatkan produk dari toko Anda dengan harga yang miring.

5. Buat rekapitulasi penjualan

Meski berjualan di Shopee ini berbasis online, membuat rekap penjualan harus tetap dilakukan untuk memudahkan Anda dalam mengetahui hasil dari transaksi yang didapatkan. Catat semua pendapatan dengan baik dan terperinci, agar Anda tau bagaimana perputaran uang yang didapat dari promosi yang dilakukan.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

8 Bisnis Frozen Food Rumahan Bermodal Kecil

Bisnis frozen food adalah salah satu jenis bisnis yang mudah untuk dicoba dan tidak memerlukan modal yang besar. Berikut beberapa tips bisnis frozen food.

Tips Bisnis

Cara Mendapatkan EFIN Online Secara Mudah dan Lengkap

Berikut langkah lengkap dari cara mendapatkan EFIN online yang perlu untuk Anda ketahui. Tak perlu repot mengurusnya secara offline.

Tips Bisnis

Apa Itu Forecasting dan Fungsinya Bagi Bisnis

Forecasting adalah sebuah strategi atau metode yang dibentuk dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan bisnis. Berikut fungsi lain dari forecasting.