Tips Bisnis

7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Untung dan Berkembang

December 6, 2021

Memulai sebuah bisnis atau usaha memang bukan hal yang gampang. Ada beberapa langkah yang harus kita lalui agar mencapai titik yang dicita-citakan. Selanjutnya Anda masih harus berpikir bagaimana cara mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik dengan jangkauan dan peluang yang lebih luas. Kaitannya dengan ini, tentu ada cara atau strategi yang dilakukan untuk mencapai target yang Anda buat sehingga mempermudah penentuan arah bisnis dan menjalankan dengan baik. Di lain pihak, ketatnya persaingan di dunia bisnis juga menuntut para pebisnis untuk terus berinovasi dan siap bertarung menghadapi segala bentuk risiko yang muncul kapan saja.

Inilah Cara Mengembangkan Usaha di Tengah Ketatnya Persaingan Ekonomi

Perkembangan dunia bisnis terus bergerak dengan pesat seiring munculnya banyak pelaku baru dan perkembangan teknologi yang mendukung perubahan menuju percepatan angka penjualan.

Sebagai pengusaha tentunya Anda tidak ingin usaha yang sedang dibangun jalan di tempat alias stagnan. Berbagai cara dilakukan untuk mengembangkan usaha, namun itu semua masih kurang memuaskan. Nah, berikut ini beberapa tips dan cara mengembangkan usaha untuk bisnis kecil maupun bisnis yang sudah berskala besar. Simak selengkapnya!

1. Naikkan Rating dan Promosi

Ketika bisnis Anda berdiri, maka upaya yang harus dilakukan adalah menaikkan rating melalui berbagai macam promosi. Langkah seperti ini menjadi cara mengembangkan usaha yang ampuh untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat luas.

Buat materi promosi yang unik, menarik dan berbeda dengan lainnya. Gunakan juga berbagai jalur mulai dari brosur, iklan offline, online, termasuk memaksimalkan media sosial yang Anda miliki. Pebisnis pemula harus memahami cara memanfaatkan promosi paling efisien dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Gunakan pula tawaran promo dan diskon untuk menarik konsumen. Dengan begitu, konsumen lebih cepat mengenal produk dan mulai menggunakannya.

2. Kenali Pesaing Usaha Serupa

Ketika Anda mengenal pesaing pasar yang ada tentunya memberikan banyak pelajaran bagi pengembangan usaha. Artinya Anda bisa melihat nilai jual apa saja serta kelebihan dari pesaing tersebut. Dari penilaian itu buatlah pembeda yang lebih menarik minat pelanggan agar mereka dapat membedakan dan merasa bahwa produk Anda lebih baik dari yang lainnya. Ingat, melakukan promosi yang unik, berbeda dan menarik dapat membedakan Anda dengan para pesaing yang ada.

3. Terus Kembangkan Jaringan Anda

Pengembangan jaringan disini sama artinya dengan memperluas jaringan pemasaran. Bisa saja dilakukan dengan membuka link pemasaran atau membuat cabang usaha yang baru.

Apabila Anda menjalankan usaha dengan jalan offline maka bisa mencoba perluasan jaringan lewat jalur online. Perlu diingat bahwa perluasan jaringan ini tentunya harus diimbangi dengan peningkatan produksi dan suplai bahan. Jangan lupa juga meningkatkan relasi bisnis lewat berkenalan dengan banyak pihak. Pertahankan jalinan kerjasama dengan baik karena suatu saat Anda pasti membutuhkan bantuan para relasi.

4. Meningkatkan Sumber Daya

Sumber daya disini dapat diartikan sebagai sumber daya produk dan manusia. Pengembangan sumber daya produksi dapat dilakukan dengan cara memperhatikan penggunaan bahan mulai dari awal hingga terciptanya sebuah produk. Pastikan bahwa semakin bagus bahan maka kualitas produk juga harus meningkat. Sedangkan untuk sumber daya manusia dengan menanamkan jiwa kerja sama kepada seluruh tim dan karyawan. Ketika kedua hal ini dapat disatukan maka konsumen merasa puas dan menggunakan produk Anda kembali. 

5. Utamakan Pelayanan Maksimal Kepada Konsumen

Bicara tentang pelayanan maka pihak konsumen menjadi poin yang sangat penting. Pelayanan terbaik dan ramah yang diberikan akan membuat mereka bertahan dan memilih produk Anda. Caranya juga tergolong mudah, jika menggunakan media online maka jaga hubungan baik dengan mereka. Berikan juga update produk yang Anda miliki. Berikan juga rasa nyaman, kesan ramah ketika melayani, menjawab serta menawarkan produk dan bantuan.

6. Ciptakan Inovasi Produk Secara Berkelanjutan

Inovasi merupakan suatu hal penting bagi pelaku bisnis. jika Anda sudah memiliki produk, jaga kualitasnya sambil terus berinovasi karena kita tahu bahwa rata-rata konsumen itu cepat bosan dan butuh hal baru. Jika inovasi tidak dilakukan, khawatirnya mereka pindah ke kompetitor lain. Karenanya jangan takut membuat hal baru yang berbeda dan lebih menarik.

7. Hitung Secara Rinci Biaya Operasional

Tujuan membuka bisnis adalah mendapat untung besar dengan biaya operasional yang hemat. Karenanya Anda harus benar-benar mengawasi modal dan operasional dengan teliti. Pastikan semua berjalan sesuai kebutuhan. Jangan sampai biaya lebih besar dari hasil penjualan. Jangan lupa untuk sesekali membangun investasi dengan membuka cabang baru. Kuncinya adalah bagaimana mengatur keuangan secara akurat dan teliti. Jika hal ini dijaga dengan baik maka usaha yang Anda jalankan pasti berkembang cepat.

Tingkatkan Potensi Bisnis Anda Bersama Hubster

Sudah coba mempromosikan bisnis kuliner Anda melalui platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood? Jika sudah, hambatan apa yang kini Anda temui?

Salah satu hambatan yang kerapkali kami dengarkan adalah rumitnya mengelola ketiga platform tersebut dalam satu waktu yang bersamaan. Ada kalanya, pesanan makanan dari pelanggan Anda membludak (contohnya ketika jam makan siang).

Agar Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kecepatan proses pengolahan pesanan makanan yang diterima, Anda bisa coba menggunakan sistem Order Manager dari Hubster yang mengintegrasikan platform online food delivery yang bisnis kuliner Anda gunakan. Melalui Order Manager, Anda tidak perlu lagi bergonta-ganti aplikasi dan juga device untuk melihat pesanan yang masuk.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat laporan penjualan Anda secara detail dan tersusun melalui layanan Business Manager Hubster. Kedua layanan tersebut tak lain merupakan cara lainnya yang patut Anda coba guna mengembangkan usaha kuliner Anda menjadi lebih baik lagi. Coba gratis kedua layanan Hubster tersebut untuk 30 hari.

Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda (Positif & Negatif!)

Menerima ulasan dari pelanggan secara online ternyata harus direspon, lho! Berikut sepuluh template respon review atau ulasan yang dapat Anda berikan ke pelanggan bisnis Anda.

Tentang Hubster

9 Cara Hubster Membantu Menyukseskan Sistem Pesanan Online Restoran

Penasaran bagaimana cara Hubster membantu mitranya menyukseskan sistem pesanan online yang diterima? Berikut penjelasan lengkapnya.

How to Succeed in Delivery

Menjawab Pertanyaan Seputar Hubster

Menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar apa itu Hubster, produk dan fitur yang ditawarkan, serta keuntungannya untuk bisnis F&B.