Ingin Tahu Contoh Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan? Berikut Pilihannya!

Ada banyak contoh usaha modal kecil yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk memulai bisnis. Simak pilihannya di artikel berikut ini.

Untuk memulai sebuah bisnis rumahan tidaklah memerlukan modal yang besar. Ada banyak pilihan bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Seringkali ketika akan memulai bisnis, hal-hal seperti modal dan juga ide bisnis yang tak beragam menjadi hambatan untuk mulai berwirausaha. Untuk membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut, berikut beberapa contoh usaha modal kecil yang dapat menghasilkan keuntungan yang baik dan juga belum terlalu banyak pesaingnya.

Penasaran apa saja? Simak selengkapnya ya!

7 Contoh Usaha Modal Kecil

Jika Anda sedang mencari referensi bisnis dengan modal yang minim, beberapa contoh di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

1. Fast food sehat

foto burger yang enak dengan kentang goreng
Source: Unsplash

Pebisnis makanan cepat saji atau fast food memang sudah banyak. Sayangnya, makanan fast food yang dijual cenderung digolongkan dalam kategori junk food. Hampir tidak ada restoran fast food yang menawarkan makanan sehat.

Keadaan seperti ini bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk memulai sebuah bisnis fast food yang sehat. Menu makanan yang Anda sajikan harus diperhitungkan nilai gizinya dan usahakan menggunakan bahan organik.

Meski menyajikan makanan sehat, jangan lupakan soal cita rasanya. Buatlah menu makanan fast food yang lezat. 

Modal yang diperlukan untuk membuat bisnis healthy fast food ini bisa diakali agar tidak terlalu besar. Misalnya, gunakan area rumah Anda alih-alih menyewa tempat baru. Selain itu dapatkan suplai bahan baku dari petani dan peternak lokal untuk mendapatkan harga terbaik juga.

2. Produk kreatif hasil daur ulang

Tas Daur Ulang Sampah Plastik
Source: Carousel

Mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang baru bukanlah sesuatu yang asing. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Anda pasti pernah diajarkan hal ini. Membuat kerajinan dari barang bekas ini bisa dilakukan tanpa modal atau dengan modal yang sangat minim.

Satu-satunya modal besar yang perlu Anda persiapkan adalah kreativitas. Kreativitas diperlukan untuk mengubah barang-barang yang sudah dianggap sampah menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai ekonomis.

Untuk pemasarannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan juga marketplace. Sesekali ikutilah pameran supaya banyak orang mengenal produk usaha Anda.

3. Jasa dekorasi taman

Jasa landscaping untuk halaman rumah
Source: Thimble

Saat ini, membuat taman di rumah sudah menjadi sebuah tren. Namun tidak semua orang bisa menata tamannya dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan jasa dekorasi taman. Kalau Anda memiliki keahlian berkebun dan menata taman, jangan ragu untuk menawarkan jasa di bidang ini.

Apalagi untuk saat ini masih sangat sedikit penyedia jasa dekorasi taman, terlebih di kota kecil. Peluang untuk Anda masih terbuka sangat lebar.

Dan tahukan Anda bahwa memulai usaha jasa dekorasi taman bisa dilakukan tanpa modal? Ya, Anda tidak salah baca. Anda dapat meminta klien atau pengguna jasa untuk menyediakan semua kebutuhan. Kemudian Anda tinggal mengerjakan taman tersebut.

Setelah pekerjaan selesai, Anda akan mendapatkan bayaran atas jasa yang sudah diberikan. Menarik, bukan?

4. Bisnis barang antik

pot pot antik dari cina yang dijual
Source: Unsplash

Barang antik umumnya memiliki harga yang mahal. Namun Anda bisa memulai usaha penjualan barang antik dengan modal yang minim. Apalagi sekarang sudah zamannya media sosial dan jualan online. Bahkan Anda tak perlu menyewa tempat untuk memulai usaha ini.

Bagaimana caranya untuk memulai usaha barang antik dengan modal minim? Anda dapat menerapkan model bisnis titip jual. Orang yang ingin menjual barang antiknya dapat meminta Anda untuk menawarkan barang tersebut dengan harga tertentu.

Ketika sudah mendapatkan pembeli, Anda dapat mengambil sedikit keuntungan dari penjualan tersebut. Semakin banyak barang terjual, semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

Bisnis barang antik juga berpeluang besar. Pasalnya, tak banyak orang yang mau terjun di bisnis ini. Jadi, jangan ragu untuk mulai menjual barang-barang antik dan meraup keuntungan.

5. Budidaya jamur tiram

Budi Daya Jamur Tiram
Source: Cendana News

Jamur tiram termasuk jenis jamur yang permintaan pasarnya cukup tinggi. Namun tak banyak orang yang mau menjadi pembudidaya jamur tiram. Harga jual jamur tiram memang tidak semahal harga jamur lain. Namun usaha ini akan menguntungkan apabila ditekuni.

Harga jualnya juga cukup stabil di pasaran sehingga modal dan pendapatan dari bisnis ini bisa diprediksi dengan lebih jelas.

Memulai budidaya jamur tiram tidak begitu sulit, Anda hanya perlu menyediakan ruangan khusus yang lembap untuk menumbuhkan jamur. Media tanam jamur tiram juga mudah dibuat menggunakan sekam.

Jika masih ragu, Anda bisa mempelajari budidaya jamur tiram dari pebisnis yang sudah lebih dahulu bergelut di bidang ini. Setelah paham ilmunya dan punya modal, Anda dapat memulai pilihan bisnis ini. 

6. Distributor pakan ternak

Jenis Jenis Pakan Ternak yang tersedia
Source: CDMI Consulting

Contoh usaha dengan modal kecil yang keenam adalah bisnis pakan ternak. Terlebih apabila Anda tinggal di wilayah pedesaan, di mana masih banyak lahan peternakan. Peluang usaha pakan ternak ini tentu tidak bisa dilewatkan.

Tak hanya menyediakan pakan, Anda juga dapat menjual obat cacing, obat toksin, obat untuk ternak, vitamin, dan sebagainya. 

Cobalah memulai bisnis ini dengan sistem penjualan distributor, di mana Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar. Sediakan saja tempat untuk menampung pakan-pakan ternak tersebut. Untuk modal awal, Anda hanya memerlukan dana sekitar 10 juta rupiah.

Sementara biaya operasionalnya kurang lebih 2 juta per bulan. Sementara omzet yang didapatkan bisa menyentuh 11 juta per bulan.

7. Jasa bersih-bersih kost

Jasa cleaning service untuk indekos
Source: Mahesa Kompetensi

Pilihan usaha dengan modal kecil dan belum banyak pesaing adalah jasa bersih-bersih kost. Anda bisa mulai dengan modal tidak sampai 5 juta untuk membeli alat-alat seperti sapu, pel, vacum cleaner, dan sebagainya.

Jasa ini lebih cocok ditawarkan kepada mahasiswa dan para pekerja kantoran yang sibuk. Untuk mendapatkan banyak customer, Anda dapat mempromosikan layanan jasa ini melalui media sosial.

Dari tujuh pilihan usaha modal kecil di atas, mana yang kira-kira menarik minat Anda?

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.