How to Succeed in Delivery

10 Ide Bisnis Online Anti Mainstream di Tahun 2021

June 8, 2021

bisnis-online
Sumber: unsplash.com

Ada sebuah fenomena di tengah-tengah anak muda Indonesia, di mana mereka berlomba-lomba merintis bisnis pribadinya. Mulai dari bisnis konvensional, bisnis online, hingga merintis sebuah start-up

Tak jarang kita temui para kawula muda tersebut menghadirkan ide-ide bisnis cemerlang yang kemudian diminati oleh banyak orang dan menjadikan ide bisnis tersebut sebagai sebuah trend yang kemudian menjamur dan dicoba pula oleh anak muda lainnya. 

Kemudahan akses informasi melalui internet pun menjadi salah satu alasan pendukung bagi setiap orang untuk berinovasi dan memulai bisnisnya sendiri. Pun dengan adanya internet, memulai bisnis tak lagi melulu soal menghadirkan sebuah toko fisik karena produk atau jasa yang ingin disediakan dapat ditawarkan secara online.


Pilihan ide bisnis online anti mainstream


Sayangnya, cukup sulit untuk menemukan ide bisnis yang unik dan berdaya jual tinggi. Terlebih di era pandemi yang masih berlangsung, sangat disarankan untuk membuat sebuah bisnis online yang praktis namun tetap dapat menghasilkan profit yang tinggi. 

Eits, adanya pandemi tidak menjadi alasan untuk takut memulai berbisnis ya! Karena berdasarkan salah satu riset dari McKinsey, perilaku berbelanja masyarakat Indonesia selama pandemi berlangsung mengalami perubahan ke arah digital yang mana hal tersebut dapat menjadi sebuah peluang bagi Anda untuk mulai berbisnis online. Untuk pilihan ide bisnis online anti mainstream yang bisa dicoba, berikut beberapa rekomendasinya.


1. Katering Sehat 

bisnis-online-katering-sehat
Sumber: instagram.com/3skinnyminnies

Sekarang ini banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan melalui asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Terlebih selama pandemi berlangsung, tendensi untuk mengurangi makanan siap saji atau junk food bisa dibilang meningkat demi menjaga imunitas tubuh. 

Menyediakan katering sehat yang dipromosikan secara online bisa menjadi ide bisnis yang cemerlang mengingat tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak sekalipun ia ingin menerapkan pola hidup sehat. Meskipun ide bisnis yang satu ini membutuhkan effort yang cukup besar, namun peminatnya akan sangat banyak apalagi jika produk yang ditawarkan menggunakan bahan-bahan organik yang berkualitas.

2. Barang Antik

bisnis-online-barang-antik
Sumber: pinterest.com

Apakah Anda salah satu kolektor barang antik? Jika iya, menjual koleksi barang-barang antik dapat menjadi salah satu bisnis online yang anti mainstream.

Dengan target pasar yang lebih spesifik, menjual barang-barang antik akan sangat menguntungkan karena pada umumnya para kolektor yang sedang mencari barang tertentu mau merogoh kantongnya untuk harga yang lumayan fantastis. Menarik bukan? Pilah koleksi barang antik yang ada di rumah Anda dan pasarkan secara online.


3. Produk Daur Ulang

bisnis-online-produk-daur-ulang
Sumber: unsplash.com

Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, mencoba memanfaatkan kemampuan berkreasi tersebut untuk dijadikan uang adalah ide bisnis yang wajib untuk dicoba.

Mulai dari mengolah kembali barang-barang yang tak terpakai sehingga menjadi sebuah barang baru yang memiliki nilai guna, adalah suatu hal yang menarik dapat menarik pasar. Sebagai contoh, mungkin Anda bisa mengumpulkan bekas botol plastik atau kertas yang tak lagi terpakai, untuk kemudian diolah menjadi sebuah kerajinan tangan atau barang unik lainnya.

Tak hanya berusaha mengolah benda tak terpakai agar dapat menjadi sebuah sumber penghasilan, melakukan daur ulang juga membantu melestarikan lingkungan lho!

4. Aksesori Smartphone Handmade

bisnis-online-aksesori-smartphone-handmade
Sumber: pinterest.co

Smartphone bukan lagi hal yang langka untuk dimiliki saat ini. Hampir setiap orang pasti memiliki sebuah smartphone untuk berkomunikasi. Dan dari sekian banyak jenis smartphone, ada banyak pula pilihan aksesori yang dapat kita miliki untuk mempercantik tampilan smartphone.

Salah satu aksesori smartphone yang bisa Anda coba jual adalah case. Agar produk yang Anda tawarkan tidak pasaran, buatlah case handmade dengan model yang unik seperti gambar di atas. Menjual case handmade juga dapat melatih tingkat kreativitas karena Anda harus menghadirkan pilihan desain yang menarik minat calon pembeli.

5. Jasa Penulis Online

bisnis-online-jasa-penulis-online
Sumber: unsplash.com

Gemar menulis atau menumpahkan isi kepala Anda ke dalam sebuah kalimat yang ciamik? Maka mencoba menawarkan jasa menulis atau content writing bisa menjadi ide bisnis online anti mainstream untuk Anda coba.

Menjual jasa menulis pun tak perlu kebutuhan yang rumit. Anda cukup menentukan tulisan atau konten seperti apa yang ingin Anda jual, asah terus kemampuan menulis Anda dan promosikan jasa Anda secara online.


6. Jas Hujan Unik

bisnis-online-jas-hujan-unik
Sumber: unsplash.com

Jika payung cantik sudah menjamur di pasaran, maka ini saatnya jas hujan unik yang menunjukkan citranya di pasaran. 

Kebanyakan jas hujan memiliki model yang monoton atau itu-itu saja, hanya warnanya saja yang variatif. Walaupun pemakaiannya musiman, namun bukan berarti kita tidak bisa tampil fashionable di kala menggunakan jas hujan.

Rancang jas hujan Anda sendiri dengan model yang tidak pasaran, modis, dan juga dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Setelah produksi jas hujan unik telah berhasil, gunakan platform online sebagai wadah Anda untuk berjualan.


7. Seminar Production


bisnis-online-seminar-production
Sumber: unsplash.com

Bisnis yang satu ini juga cukup unik dan belum banyak pelakunya. Seperti namanya, pekerjaan utama seminar production adalah menyiapkan dan menyelenggarakan seminar-seminar. Seminar yang akan digelar bisa dipesan oleh instansi tertentu, bisa juga inisiatif seminar production. Tim dalam seminar production harus merencanakan tema dan isi seminar seperti mencari narasumber, membuat dan mempromosikan tiket, hingga mengatur jalannya seminar.


8. Kursus Online

bisnis-online-kursus-online
Sumber: Unsplash

Dengan majunya teknologi sekarang ini, belajar dapat dilakukan secara online tanpa harus mendatangi kelas. Cukup membuka gadget, Anda bisa berinteraksi dengan guru ataupun mentormu. 

Saat ini, bisnis modal kecil yang hanya mengandalkan jaringan internet dan keterampilan mengajar masih sangat jarang digeluti. Promosikan kursus online tersebut lewat website, media sosial, dan tetapkan biaya kursus yang terjangkau. Seperti contoh apabila bidang pekerjaan Anda merupakan bidang yang sedang ramai diminati (seperti Digital Marketing), maka mengadakan sesi webinar atau kursus online terkait Digital Marketing bisa menjadi salah satu ide bisnis yang cemerlang.


9. Toko Fashion Hewan

bisnis-online-toko-fashion-hewan
Sumber: Pinterest

Ini merupakan bisnis yang bagus dan memiliki sedikit pesaing. Seringkali para pecinta hewan yang kesulitan menemukan toko yang menjual perlengkapan-perlengkapan yang dapat mempercantik hewan peliharaan mereka. Anda bisa menjual aksesoris atau pakaian-pakaian hewan yang dapat membuat peliharaan Anda terlihat menggemaskan.

10. Jastip (Jasa Titip) Produk

bisnis-online-jastip
Sumber: WWD

Dan yang terakhir, bisnis online yang bisa Anda coba lakukan adalah membuka jastip atau (jasa titip). Dengan menyediakan jastip tersebut, orang-orang yang kesulitan dalam membeli ataupun mendapatkan barang bisa sangat terbantu dengan jasa yang Anda sediakan.

Dari 10 ide bisnis online di atas, ide mana yang Anda paling tertarik untuk mencobanya? Untuk proses eksekusi bisnis online yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan layanan business manager dan order manager dari Hubster. Coba gratis sekarang!

Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Ghost Kitchen: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Istilah ghost kitchen pasti tidak asing lagi terdengar di kalangan pebisnis makanan. Baca penjelasan lengkap seputar ghost kitchen dan keuntungannya berikut ini.

Tentang Hubster

Biarkan pelanggan Anda memesan sesuai keinginan mereka dengan fitur Manual Orders Hubster

Masukkan pesanan dari sumber apa pun langsung ke tablet Hubster Anda dengan fitur baru kami Manual Orders!

How to Succeed in Delivery

7 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Menarik dan Efektif

Dalam mempromosikan bisnis dibutuhkan copywriting yang menarik. Intip contoh kalimat promosi bisnis online berikut ini, simple namun jitu menarik audiens!

How to Succeed in Delivery

14 Contoh Kata-Kata Promosi Makanan dan Tips Membuatnya

Membuat kalimat promosi yang menarik akan sangat membantu untuk meningkatkan penjualan. Intip tips dan contoh kata-kata promosi makanan berikut ini.

How to Succeed in Delivery

9 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui oleh Pemula

Khawatir bisnis kuliner yang ingin Anda jalankan tidak berjalan mulus? Baca cara memulai usaha kuliner berikut ini, cocok untuk para pemula di dunia bisnis!

How to Succeed in Delivery

6 Cara Daftar GrabFood Lengkap dengan Persyaratannya

Simak cara daftar GrabFood beserta persyaratannya berikut ini untuk mendaftarkan bisnis kulinermu. Menguntungkan dan dapat membantu penjualan!

How to Succeed in Delivery

5 Cara Daftar GoFood Terbaru dan Terlengkap

Ingin mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke GoFood? Simak cara daftar GoFood terbaru di 2021 berikut ini, hanya 5 langkah lho!

How to Succeed in Delivery

7 Ide dan Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

11 ide bisnis makanan beserta dengan tips memulai bisnis makanan online untuk pemula berikut wajib Anda ketahui sebelum memulai bisnis kuliner.

How to Succeed in Delivery

5 Ide Bisnis Makanan Ringan di Bulan Puasa yang Laris Manis

Bulan ramadan identik dengan banyaknya orang yang berjualan makanan. Ide bisnis makanan ringan berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berjualan