Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan untuk Nambah Cuan!

Sedang mencari usaha sampingan untuk karyawan agar bisa menambah pemasukan? Kumpulan ide usaha sampingan karyawan ini bisa menjadi pilihan Anda!

Pandemi yang melanda seluruh dunia saat ini begitu mengubah kehidupan, terutama di sektor ekonomi. Banyak pekerja atau karyawan yang harus dirumahkan. Pendapatan yang masih bekerja juga cenderung berkurang. Tak heran kalau banyak orang mencari inspirasi usaha sampingan karyawan.

Sebenarnya ada banyak sekali usaha yang bisa Anda tekuni. Namun untuk menemukan peluangnya, Anda perlu sedikit lebih jeli dalam membaca kondisi di sekitarmu. Dari pada semakin pusing dan bingung, lebih baik simak beberapa rekomendasi bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan berikut.

Usaha Sampingan Karyawan

Karyawan kantoran saat ini banyak yang bekerja dari rumah atau WFH. Nah, situasi seperti ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha kecil-kecilan. Yuk, simak apa saja peluang bisnisnya!

1. Bisnis tanaman hias

tanaman hias seperti monsterra yang segar
Source: Kompas

Bisnis tanaman hias sebenarnya tidak pernah mengalami kemunduran. Hanya tren varian tanamannya saja yang selalu berganti pada setiap masa. Di penghujung 2020 sampai 2021, tanaman yang sedang populer antara lain aglaonema, sansevieria, kaladium, dan kaktus.

Memulai bisnis tanaman hias sebenarnya tidak begitu sulit. Di tahap awal, Anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu. Kemudian cari tahu tanaman yang mereka sukai. Nah, tugas Anda adalah menawarkan tanaman-tanaman yang menarik bagi target pasar tersebut.

Untuk memperoleh tanaman hias, Anda dapat mencarinya ke tengkulak atau pembudidaya tanaman. Jika Anda rajin dan telaten, tak ada salahnya untuk membudidayakan tanaman hias untuk dijual kembali.

Sebaiknya Anda tak hanya menyediakan produk berupa tanaman hias saja. Sediakan pula berbagai media tanam atau peralatan berkebun untuk para konsumen yang masih pemula di bidang ini.

Kunci sukses bisnis tanaman hias ada pada metode pemasaran dan promosi. Karena Anda merupakan karyawan, manfaatkanlah relasimu dengan rekan-rekan kerja untuk mempromosikan bisnis yang sedang dirintis. Supaya lebih maksimal, gunakan juga media sosial.

Bisnis tanaman hias tidak begitu menyita waktu. Jadi Anda tak perlu khawatir pekerjaan utamamu di perusahaan akan terganggu. 

2. Jual health kit

first aid kit yang di lengkapi dengan antibiotik dan obat lainnya
Source: RedCross

Situasi pandemi memang menyulitkan untuk sebagian besar masyarakat di Indonesia dan dunia. Namun orang yang punya jiwa entrepreneur tidak akan menyerah begitu saja. Situasi sesulit apa pun bisa diubah menjadi peluang usaha. Contohnya adalah menjual aneka healthy kit di masa pandemi.

Healthy kit adalah kebutuhan utama di masa pandemi. Apa sih yang termasuk healthy kit? Ini dia detailnya.

  • Hand sanitizer
  • Masker
  • Tisu antiseptik
  • Disinfektan
  • Produk multivitamin

Anda dapat menjual produk-produk tersebut secara terpisah maupun menjadi satu paket. Jangan jual healthy kit di atas dengan cara biasa karena sudah banyak pesaing. Ubah cara mengemasnya menjadi lebih estetik.

Buat kemasan menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa. Kalau pesaing membuat kemasan dari kotak karton, Anda bisa menggunakan kemasan dari kain goni, tas serut, pouch dengan berbagai gambar, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan produk-produk yang telah disebutkan di atas, Anda tak perlu pusing-pusing. Pasalnya, saat ini sudah ada banyak marketplace dan toko online. Cari saja di sana dan temukan produk berkualitas dengan harga murah.

3. Usaha frozen food

Aneka Frozen Food yang Digemari Masyarakat Indonesia
Source: DiKemas

Selama pandemi, sebagian besar orang terpaksa berdiam diri di rumah. Aktivitas jajan yang biasanya dilakukan di luar rumah pun kini beralih ke media online. Penjualan jajanan di aplikasi pemesanan makanan seperti Grab dan Gojek serta marketplace seperti Shopee meningkat drastis.

Situasi seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha atau bisnis baru, yaitu berjualan frozen food. Kenapa harus frozen food? Anda tak perlu melakukan proses produksi setiap hari. Dalam sekali produksi, Anda dapat menghasilkan banyak produk. 

Setelah beku, produk dapat bertahan sampai beberapa hari bahkan beberapa bulan ke depan. Kalau punya stok, kapan pun ada konsumen yang membeli, Anda sudah siap.

Untuk memulai bisnis frozen food, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut ini detailnya.

  1. Pertama, Anda perlu melakukan analisis SWOT terlebih dahulu untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan serta peluang dan tantangan dalam menjalankan bisnis frozen food.
  2. Tentukan target pasar serta metode marketingnya.
  3. Tentukan produk apa saja yang akan Anda jual dan pahami cara membuatnya.
  4. Buat perencanaan keuangan atau budgeting dan siapkan modalnya.
  5. Belanja bahan baku kemudian mengolahnya menjadi produk yang telah ditentukan sebelumnya.
  6. Menjual produk.

Untuk penjualan produk, Anda dapat memanfaatkan marketplace atau toko online. Jangan lupakan peran media sosial untuk mendapatkan awareness dari calon konsumen.

4. Budidaya ikan hias

Ikan cupang merah dengan ekor yang cantik
Source: Half Samosa

Tak cuma tanaman hias, hobi ikan hias pun mulai berkembang pesat di masa pandemi. Banyak orang yang mencari kesibukan dengan menekuni hobi, salah satunya ikan hias. Kalau Anda juga punya hobi tersebut, cobalah tekuni usaha budidaya ikan. 

Selain mendapatkan kesenangan karena menjalankan hobi, budidaya ikan hias juga dapat memberikan pemasukan tambahan. Budidaya ikan hias ini tetap bisa ditekuni meski Anda masih bekerja sebagai karyawan.

Kalau Anda tertarik untuk berkecimpung di usaha budidaya ikan, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan lokasi budidaya beserta perlengkapannya. Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain akuarium, pompa air, jaring, tabung oksigen dan isinya, wadah, dan lain sebagainya.
  2. Setelah semua peralatan siap, tentukan jenis ikan yang akan Anda budidayakan. Dalam tahap awal, sebaiknya Anda memilih salah satu jenis ikan hias saja. Jika sudah berjalan dengan baik, Anda dapat menambah varian ikan lainnya.
  3. Siapkan pakan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan ikan.
  4. Rawat ikan dengan baik agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Selain beberapa rekomendasi usaha sampingan karyawan yang telah dijelaskan di atas, masih ada jenis bisnis lain yang bisa Anda tekuni. Pahami kondisi di sekelilingmu dan baca peluangnya. Dengan cara itulah Anda dapat menemukan jenis usaha baru untuk dicoba.

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial