Tips Bisnis

Apa Itu Forecasting dan Fungsinya Bagi Bisnis

January 11, 2022

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, pastinya Anda akan membutuhkan forecasting. Forecasting sendiri adalah sebuah strategi atau metode yang dilakukan dalam perencanaan dan pengendalian produksi barang. Dilakukannya forecasting adalah untuk menghadapi ketidakpastian yang mungkin dihadapi oleh bisnis di masa yang akan datang

Selain itu, forecasting juga menjadi sangat penting bagi bisnis apabila akan terjadi sebuah tren momen yang berulang secara tahunan. Apabila produk/jasa yang bisnis Anda miliki dapat dipasarkan pada momentum tersebut, penting bagi Anda untuk membuat sebuah forecast untuk penjualan dan pendapatan bisnis.

Fungi Forecasting Bagi Bisnis

Istilah forecasting ini sangat erat kaitannya dengan prediksi informasi dengan mengedepankan pengalaman historis untuk menentukan tren yang akan terjadi di masa depan. Jika Anda seorang pebisnis, penting kiranya memahami pengertian forecasting dan mengetahui fungsinya. Tujuannya tak lain adalah untuk mengantisipasi pengeluaran produksi untuk mendapatkan keuntungan yang jumlahnya jauh lebih besar.

Berikut beberapa fungsi forecasting bagi bisnis yang wajib untuk Anda ketahui:

1. Prediksi keberhasilan untuk bisnis baru

Ketika seseorang membuka bisnis baru, forecasting yang tepat dapat membantu memberikan informasi penting yang menentukan peluang kesuksesan perusahaan di waktu yang akan datang. Di dalamnya forecasting yang dilakukan dapat mengupas risiko dan ketidakpastian apa saja yang mungin akan dihadapi oleh usaha baru. Tidak hanya itu saja, forecasting juga menawarkan prediksi dan cara bagi pebisnis untuk meminimalisir beberapa elemen. Elemen tersebut seperti kompetitor, potensi pemesanan untuk produksi atau jasa layanan dan termasuk juga tren industri masa depan.

2. Perhitungan kebutuhan keuangan

Dengan memahami konsep forecasting, para pelaku bisnis akan dapat terbantukan dalam memperhitungkan kebutuhan keuangan di waktu yang akan datang. Dalam hal ini forecasting digunakan sebagai alat perantara penentuan keuangan masa depan. Caranya memperkirakan permintaan pasar dan penjualan, hitungan kebutuhan modal untuk pengembangan bisnis, banyaknya biaya ekspansi pasar dan biaya lainnya. Hal itu semua digunakan untuk memprediksi banyaknya biaya yang dibutuhkan ke depannya.

Baca juga: Cara Menghitung BEP Bisnis dan Mengapa Hal Ini Penting

3. Memastikan operasional bisnis berjalan dengan lancar

Forecasting yang tepat secara otomatis dapat meramalkan atau memberikan informasi yang penting terkait pengeluaran maupun pendapatan yang terjadi di masa depan. Perusahaan harus mempunyai perkiraan dana yang keluar atau yang masuk dalam satu periode tertentu. Dengan begitu pihak manajemen perusahaan mampu membuat perencanaan yang lebih tepat, efisien, terukur dan pastinya akurat. Sehingga ketahanan operasional terjaga dengan baik, tidak hanya mementingkan anggaran belanja dan fokus untung rugi saja.

4. Membantu dalam pembuatan keputusan

Hampir semua keputusan manajemen sebuah perusahaan terbentuk dari mengandalkan akurasi forecasting. Perlu diingat bahwa sebagian besar kegiatan bisnis, pasti menghadapi potensi lemah dan ketidakpastian. Misalnya penurunan dan kenaikan pemesanan musiman dalam penjualan, perubahan anggota, perubahan bahan yang semua itu tergantung pada sifat bahkan tujuan perusahaan yang benar. Forecasting memiliki peran penting untuk manajerial melalui berbagai sajian infomasi yang dibutuhkan sebagai acuan pembuatan keputusan di masa depan

5. Meningkatkan peluang keuntungan

Dengan memahami konsep forecasting, Anda dapat menerapkannya pada perhitungan margin penjualan dan pengoptimalan dana yang efisien. Forecasting sendiri mampu membuat prediksi penting seperti kebutuhan bahan baku, menghitung kebutuhan di tiap-tiap subbagian perusahaan dan besarnya arus penjualan mendatang. Dari perhitungan angka tersebut, manajemen perusahaan akan mengatur alokasi dan sumber daya. Membuat keputusan skala prioritas produk atau layaan dibanding dengan lainnya. Hal seperti ini tergantung pada jenis usaha dan kebutuhan data yang dipertimbangkan

6. Merumuskan perencanaan berkelanjutan

Semua alur forecasting pasti membuat petimbangan perkiraan. Dari perkiraan tersebut kemudian dijadikan sebagai elemen untuk membantu rumusan plan yang realistis dan tentunya tepat guna. Ingat segala bentuk rencana mulai dari jangka pendek hingga berkelanjutan sangat bergantung pada pembuatan prediksi atau ramalan keuntungan. Sehingga hubungan antara keduanya harus diciptakan. Jangan lupa akurasi rencana dibungkus dengan strategi atau metode pemasaran yang ampuh

7. Meningkatkan pertumbuhan organisasi

Konteksnya dalam hal ini adalah, dengan dilakukannya forecasting dapat membantu meningkatkan dan menjalankan fungsi organisasi dalam sebuah perusahaan.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu forecasting. Setelah memahaminya, sudahkah Anda memiliki forecasting yang matang untuk perkembangan perusahaan atau bisnis Anda?

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Untung dan Berkembang

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

8 Bisnis Frozen Food Rumahan Bermodal Kecil

Bisnis frozen food adalah salah satu jenis bisnis yang mudah untuk dicoba dan tidak memerlukan modal yang besar. Berikut beberapa tips bisnis frozen food.

Tips Bisnis

Cara Mendapatkan EFIN Online Secara Mudah dan Lengkap

Berikut langkah lengkap dari cara mendapatkan EFIN online yang perlu untuk Anda ketahui. Tak perlu repot mengurusnya secara offline.

Tips Bisnis

Apa Itu Forecasting dan Fungsinya Bagi Bisnis

Forecasting adalah sebuah strategi atau metode yang dibentuk dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan bisnis. Berikut fungsi lain dari forecasting.