How to Succeed in Delivery

Apa Itu Point of Sale (POS) dan 7 Manfaatnya Bagi Bisnis

December 9, 2021

Perkembangan teknologi yang beriringan dengan pertumbuhan bisnis, melahirkan banyak inovasi yang membantu keberlangsungan bisnis itu sendiri. Mulai dari aplikasi hingga software, kini bermunculan guna membantu perkembangan bisnis. Salah satu inovasi yang kini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis dan membantu bisnisnya adalah Point of Sale (POS).

POS sendiri adalah sebuah sistem dan layanan yang mempermudah proses transaksi antara penjual dan pembeli. Melalui POS, hal-hal seperti sistem pembayaran konsumen hingga pelacakan inventaris barang pada bisnis dapat dipantau dan dikelola dengan mudah.

Sistem POS hadir dalam bentuk gadget tablet yang menyerupai mesin kasir, hanya saja bentuknya lebih sederhana dan modern.

Anda merupakan pelaku bisnis F&B? Maka sistem POS adalah salah satu layanan yang wajib untuk Anda miliki apabila Anda mempunyai toko offline. Adapun manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan sistem Point of Sale (POS) adalah sebagai berikut.

7 Manfaat Point of Sale (POS) Bagi Bisnis

1. Meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik

Dengan menggunakan sistem POS, Anda akan dapat memproses pesanan pelanggan menjadi lebih cepat dan ringkas. Ketika Anda memproses pesanan pelanggan, sistem POS akan langsung terhubung dengan stok inventaris barang Anda, mencatat pesanan pelanggan, dan mengkalkulasikan biaya yang harus dibayarkan pelanggan. Prosesnya cepat dan tidak memerlukan tenaga manual yang memakan waktu.

2. Data inventaris yang selalu diperbarui

Sistem POS terintegrasi dengan sistem inventaris barang yang bisnis Anda tawarkan. Tak perlu repot bolak-balik ke gudang untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mendapatkan datanya melalui sistem POS sehingga Anda tau stok barang yang bisnis Anda miliki.

3. Privasi data pelanggan lebih terjaga

Ketika pelanggan melakukan pembayaran dengan metode nontunai (kartu debit, kartu kredit, QRIS, online payment), sistem POS tidak akan menyimpan data pelanggan melalui sumber pembayaran pilihannya. Berbeda dengan beberapa sistem pembayaran nontunai lain, yang dapat menyimpan informasi sumber pembayaran pelanggan.

4. Sistem berbasis cloud yang dapat diakses di mana saja

POS adalah sebuah sistem berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk mengakses data yang tersimpan di dalamnya secara mudah dan cepat. Tentunya, data tersebut terjaga dengan aman karena hanya Anda yang memiliki aksesnya. Melalui cloud data tersebut Anda jadi dapat memantau transaksi yang sedang berjalan, melihat stok barang, dan melihat laporan keuangan secara online.

5. Memiliki sistem pembatalan pembelian & refund yang cepat

Pelanggan Anda ingin membatalkan pesanannya? Atau bahkan ingin melakukan refund karena sebuah alasan yang dapat Anda terima? Sistem POS memungkinkan hal tersebut untuk diproses secara mudah dan cepat tanpa harus berurusan dengan hal-hal lain.

6. Laporan penjualan yang rinci dan akurat

Jika Anda menggunakan pendataan barang secara tradisional maka Anda pasti akan kesulitan untuk mencocokkan jumlah barang yang sudah terjual dengan yang masih bersisa. Namun berbeda jika Anda menggunakan sistem point of sale. Sistem ini memungkinkan Anda untuk membuat laporan penjualan yang lengkap dan akurat. Hasil laporan yang diberikan meliputi jumlah produk yang terjual, produk terlaris, keuntungan penjualan dan lain sebagainya. Penggunaan sistem ini dapat mengurangi terjadinya human error yang biasanya terjadi ketika melakukan pencatatan penjualan sehingga data yang Anda dapat adalah data yang sangat akurat.

7. Dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem

Manfaat lainnya yang bisa ditemukan dalam menggunakan sistem POS adalah fleksibilitas sistem ini untuk diintegrasikan dengan sistem lainnya yang dapat membantu menjalankan bisnis. Mulai dari sistem akuntansi, sistem manajemen pembelian, sistem manajemen inventaris, dan masih banyak lagi. Dengan adanya satu "tempat" yang membantu mengelola berjalannya bisnis Anda, pastinya kinerja Anda dan karyawan akan sangat terbantukan.

Itulah penjelasan seputar apa itu point of sale dan apa saja manfaatnya bagi bisnis. Gunakan sistem ini untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis F&B yang dimiliki agar operasionalnya berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara Login GrabFood Merchant dan Cara Penggunaannya

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

8 Bisnis Frozen Food Rumahan Bermodal Kecil

Bisnis frozen food adalah salah satu jenis bisnis yang mudah untuk dicoba dan tidak memerlukan modal yang besar. Berikut beberapa tips bisnis frozen food.

Tips Bisnis

Cara Mendapatkan EFIN Online Secara Mudah dan Lengkap

Berikut langkah lengkap dari cara mendapatkan EFIN online yang perlu untuk Anda ketahui. Tak perlu repot mengurusnya secara offline.

Tips Bisnis

Apa Itu Forecasting dan Fungsinya Bagi Bisnis

Forecasting adalah sebuah strategi atau metode yang dibentuk dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan bisnis. Berikut fungsi lain dari forecasting.