Apa Perbedaan Pemasaran dan Penjualan? Ini Jawabannya

Mengenal perbedaan pemasaran dan penjualan, serta apa saja hubungannya agar tidak salah dalam mengartikan dan memahaminya.‍

Hingga saat ini masih banyak orang yang belum memahami apa saja perbedaan pemasaran dan penjualan. Dua istilah ini memang sering disalahartikan, bahkan sering tertukar maknanya.

Padahal, dalam kegiatan bisnis keduanya berbeda dan memiliki perannya masing-masing. Bahkan, dalam suatu perusahaan perniagaan, bagian pemasaran dan penjualan biasanya terpisah karena tugasnya berbeda.

Sederhananya, yang dimaksud dengan pemasaran adalah memberikan informasi guna menarik calon pembeli terhadap produk atau jasa. Sedangkan penjualan adalah bekerja langsung terhadap menjual barang.

Perbedaan pemasaran dan penjualan ini umumnya dari proses transaksi. Bagian penjualan akan secara langsung berhubungan dengan transaksi kepada pembeli, sedangkan pemasaran lebih ke menarik minta konsumen.

Meski demikian keduanya memiliki tujuan sama, yaitu bisa menjual produk sebanyak mungkin. Sehingga, diperoleh keuntungan yang besar pula. Dari penjelasan ini, seharusnya sudah jelas perbedaan keduanya.

Namun, kami akan mengulasnya lebih dalam lagi dari berbagai aspek. Dengan demikian, Anda tidak akan salah mengartikan apa itu pemasaran dan penjualan. Simak selengkapnya berikut ini.

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan, Pemasaran

perbedaan pemasaran dan penjualan
Sumber : Unsplash

Pengertian pemasaran selain bertujuan untuk memberikan informasi, ternyata kegiatan juga harus mampu memenuhi permintaan pasar. Sehingga, perlu strategi penjualan yang jitu agar pemasaran dapat maksimal.

Selain untuk memperoleh berbagai keuntungan, kegiatan ini juga berguna untuk mengenalkan produk agar dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat. Misalnya dengan mengeksplor teknik promosi.

Anda bisa memaksimalkan iklan di berbagai media agar pemasaran lebih meningkat. Tujuan lainnya dari pemasaran adalah memastikan kepuasan konsumen. Hal ini yang menjadi salah satu perbedaan pemasaran dan penjualan.

Sebab, dalam penjualan hal ini tidak begitu ditekankan meski sama-sama harus diperhatikan. Tujuan berikutnya adalah untuk menjalin kerja sama dengan klien atau mitra dan konsumen.

Dalam proses pemasaran, Anda harus bisa mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. Jika sudah, maka kepercayaan tersebut harus dijaga sebaik mungkin. Pemasaran juga harus membuat rekapitulasi kegiatan penjualan. 

Sehingga, dapat menciptakan strategi lebih lanjut untuk produk berikutnya. Pemasaran terdiri dari berbagai jenis, di antaranya adalah:

  1. Branding atau pengenalan merek ke masyarakat luas. Sehingga, produk lebih dikenal dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Dalam proses branding harus menyertakan nama, logo, dan slogan.
  2. Iklan di berbagai media yang menjadi aspek perbedaan pemasaran dan penjualan paling mudah dikenali. Iklan yang bisa dilakukan saat pemasaran yaitu melalui radio, tv, internet, atau bahkan baliho.
  3. Multi Level Marketing atau MLM merupakan jenis pemasaran yang memanfaatkan banyak orang untuk melakukan promosi. Nantinya, orang yang berhasil menjual produk akan mendapat komisi.
  4. Pemasaran internet atau online dengan memanfaatkan media sosial atau website. Biasanya, Anda harus memahami teknik SEO dan social media marketing agar produk lebih menarik.

Baca Juga : Cara Mengembangkan Usaha Agar Untung dan Berkembang

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan, Penjualan

perbedaan pemasaran dan penjualan
Sumber : Unsplash

Penjualan merupakan kegiatan untuk mencari pembeli untuk produknya dengan harga yang sama-sama menguntungkan. Dalam prosesnya, penjual harus bisa mempengaruhi dan memberikan saran untuk pembeli.

Meski tujuan umum penjualan adalah untuk mendapatkan keuntungan, tapi terdapat juga tujuan khususnya. Tujuan khusus dari kegiatan penjualan sendiri adalah untuk mencapai target barang yang terjual. 

Tentunya pada proses ini, jumlah barang yang terjual harus meningkat dari satu periode ke periode berikutnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan laba yang semakin meningkat pula.

Target merupakan salah satu perbedaan pemasaran dan penjualan. Sebab, dalam pemasaran biasanya tidak terlalu ditekankan target yang seketat penjualan. Tujuan penjualan berikutnya adalah menunjang pertumbuhan perusahaan.

Semakin bagus performa penjualan, maka pertumbuhan perusahaan juga semakin baik. Hal ini dikarenakan keuntungannya semakin besar. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa menggunakan salah satu jenis penjualan berikut ini:

  1. Trade selling merupakan kebijakan perusahaan yang memberikan keleluasaan kepada pengecer atau penjual kecil untuk menjual produknya.
  2. Missionary Selling merupakan cara menjual dengan mendorong konsumen untuk membeli langsung produk dari penyalur resmi. Sebab, perusahaan atau produsen sudah memiliki penyalur sendiri.
  3. Perbedaan pemasaran dan penjualan juga terletak dari technical selling. Teknik penjualan ini berupa memberikan saran kepada konsumen untuk membeli produk tertentu.
  4. New business selling merupakan jenis penjualan yang membuka transaksi baru dengan meyakinkan calon pembeli untuk menjadi pembeli. Hal ini sering digunakan pada asuransi.
  5. Responsive selling yaitu penjual harus memberikan reaksi positif terhadap permintaan konsumen. Jenis ini akan meningkatkan kedekatan antara penjual dan pembeli. Serta, memicu pembelian ulang.

Hubungan Antara Pemasaran dan Penjualan

hubungan antara pemasaran dan penjualan
Sumber : Koinworks

Setelah membahas perbedaan pemasaran dan penjualan, kami akan beralih membahas mengenai hubungan keduanya. Seperti yang sudah disinggung di atas, antara pemasaran dan penjualan memang saling berkaitan.

Sebab pada praktiknya, kedua kegiatan tersebut saling menunjang satu sama lain. Namun, setiap perusahaan menerapkan pola yang berbeda untuk menghubungkannya.

Berikut ini adalah tahapan hubungan antara pemasaran dan penjualan menurut para ahli yang perlu Anda pahami:

1. Undefined

Undefined merupakan hubungan proses pemasaran dan penjualan yang tidak memiliki peraturan khusus. Sehingga, bagian pemasaran dan penjualan mengerjakan tugasnya masing-masing.

Antara pemasaran dan penjualan yang menganut jenis ini lebih mudah terkena konflik. Sebab, mereka akan fokus dan juga bersaing satu sama lain.

2. Defined

Jenis yang menjadi perbedaan pemasaran dan penjualan adalah adanya aturan khusus antara kedua kegiatan tersebut. Aturan ini yang nantinya akan mengatur segala aktivitas di dalamnya.

Dengan demikian, pelakunya tidak perlu saling bersaing. Sebab, sudah memiliki tugasnya secara khusus.

3. Aligned

Dalam jenis ini, pemasaran dan penjualan harus memiliki terminologi yang sama. Dengan demikian, akan muncul rasa saling pengertian dan bekerja sama untun mencapai tujuan utamanya.

4. Intergrated

Intergrated merupakan penggabungan antara pemasaran dan penjualan. Sehingga, masing-masingnya memiliki rasa persatuan yang kuat. Sebab, semuanya adalah anggota tim.

Dalam bisnis, Anda pasti sering mendengar istilah pemasaran dan penjualan. Keduanya sering dianggap sama. Padahal perbedaan pemasaran dan penjualan cukup spesifik.

Baca Juga : Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling dalam 4 Aspek

Start your 30-day free trial