Tips Bisnis

8 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Bisnis Terbaik

December 10, 2021

Anda merupakan salah satu pelaku bisnis yang sedang mencari cara bagaimana mengatur keuangan bisnis dari sisi pencatatan agar rinci dan teratur?

Memiliki laporan ataupun catatan keuangan yang jelas adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh para pengelola usaha. Dengan memiliki laporan keuangan yang jelas, Anda jadi dapat mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapat, serta kemana saja budget keuangan dialokasikan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Melakukan pencatatan keuangan ataupun pengaturan keuangan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara konvensional dan cara modern. Cara konvensional dapat ditemukan dalam metode pengaturan keuangan dengan menggunakan buku besar ataupun budgeting manual dengan membentuk pos-pos untuk kebutuhan tertentu pada bisnis. Sedangkan cara modern, dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang kini sudah sangat banyak tersedia dan mudah digunakan.

Aplikasi-aplikasi pengatur keuangan yang tersedia ini hadir dalam beragam bentuk. Ada yang dapat diakses secara gratis, namun ada pula yang menawarkan versi berbayar dengan tambahan fitur yang lebih lengkap dan fungsional di dalamnya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut beberapa rekomendasi aplikasi pencatatan dan pengatur keuangan yang dapat Anda coba untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

8 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan yang Mempermudah Bisnis

Beberapa rekomendasi di bawah ini tentu memiliki kelebihannya tersendiri dari segi fitur dan layanan yang ditawarkan. Berikut nama-nama aplikasinya serta penjelasan singkatnya.

1. Moota

Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengecek mutasi maupun saldo rekening. Mutasi tersebut secara otomatis tersambung dengan akun iBanking Anda sehingga setiap mutasi langsung terkirim pada akun Moota yang Anda miliki.

Aplikasi Moota sangat membantu ketika Anda mau mencetak mutasi transaksi tanpa harus masuk di aplikasi e-banking. Untuk mendukungnya, tersedia beberapa fitur seperti transaksi checking, notifikasi uang masuk, export data, unlimited bank account dan masih banyak lagi.

2. Buku Warung

Selanjutnya ada aplikasi Buku Warung. Aplikasi ini merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk membantu pelaku bisnis mengelola

Fitur di dalamnya didesain sederhana dan mudah untuk dipahami, sehingga cocok untuk digunakan oleh Anda yang baru saja merintis bisnis dan belum memiliki alokasi anggaran untuk berlangganan mesin pencatat keuangan atau aplikasi dengan fitur premium.

3. Teman Bisnis

Teman Bisnis merupakan aplikasi yang didesain bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk mencatat dan melakukan evaluasi kinerja finansial khususnya keuangan. Aplikasi ini sangat sederhana sehingga siapa saja mampu menggunakannya. Hampir sama seperti aplikasi Buku Warung, di dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur seperti catatan transaksi keuangan, laporan debit & kredit, utang piutang, serta pengelolaan ketersediaan barang yang ada di toko.

4. Freshbooks

Pernah mendengar nama Freshbooks sebelumnya? Software asal Kanada ini menyasar para pengusaha berskala kecil hingga menengah dalam mengatur keuangan bisnis mereka. Layaknya aplikasi pengatur keuangan lainnya, di dalam aplikasi Freshbooks terdapat fitur seperti pencatatan transaksi keuangan hingga mutasi rekening. Keunggulan dari aplikasi ini adalah tersedianya fitur pengingat otomatis untuk invoicing.

5. Paper.id

Platform yang satu ini memang didesain untuk mempermudah pelaku bisnis untuk mengurus invoicing. Sehingga mereka lebih mudah ketika mengurus dokumen invoice. Lebih dari itu, juga mengelola pendanaan dan pembayaran usaha.

6. Buku Kas

Buku Kas merupakan aplikasi gratis yang telah digunakan lebih dari 5 juta pemilik usaha kecil dan menengah di Indonesia. Fungsinya lebih kepada membantu pengusaha dalam mengontrol, memonitor dan mengatur perjalanan kas. Fitur yang ada di atasnya tergolong lengkap dan mudah. Mulai dari laporan keuangan, catatan tagihan utang dan piutang dan yang paling menguntungkan adalah fitur terima dan kirim uang tanpa ada beban biaya dari admin bank.

7. Money Lover

Aplikasi ini tak hanya cocok digunakan oleh para pelaku usaha, namun juga dapat sangat membantu pengelolaan keuangan pribadi. Fitur yang ditawarkan mulai dari budgeting, laporan kas keluar & masuk, hingga laporan keuangan bulanan. Money Lover dapat digunakan secara gratis, namun juga hadir dalam fitur premium/berbayar dengan tambahan fitur-fitur bermanfaat lainnya di dalamnya.

8. Expense Manager

Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus untuk manajeman keuangan mulai dari proses, pembayaran, sampai audit pengeluaran. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mencatat segala pengeluaran yang dilakukan karyawan seperti perjalanan dinas, gathering, dan sebagainya. Artinya aplikasi ini mampu mengontrol pengeluaran dan biaya lain sehingga Anda lebih mudah memanajemen keuangan perusahaan. 

Itulah delapan rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pencatatan dan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Apakah ada aplikasi yang sudah Anda coba gunakan sejauh ini?

Baca juga: Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda (Positif & Negatif!)

Menerima ulasan dari pelanggan secara online ternyata harus direspon, lho! Berikut sepuluh template respon review atau ulasan yang dapat Anda berikan ke pelanggan bisnis Anda.

Tentang Hubster

9 Cara Hubster Membantu Menyukseskan Sistem Pesanan Online Restoran

Penasaran bagaimana cara Hubster membantu mitranya menyukseskan sistem pesanan online yang diterima? Berikut penjelasan lengkapnya.

How to Succeed in Delivery

Menjawab Pertanyaan Seputar Hubster

Menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar apa itu Hubster, produk dan fitur yang ditawarkan, serta keuntungannya untuk bisnis F&B.