7 Langkah dan Cara Endorse Selebgram yang Tepat untuk Bisnis

Melakukan endorsement adalah salah satu langkah untuk memasarkan bisnis. Simak cara endorse selebgram yang tepat khususnya untuk bisnis F&B.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk sebuah bisnis. Usaha memasarkan produk tersebut tak lain adalah untuk menjangkau audiens sebanyak-banyaknya, guna memperbesar kesempatan untuk mendapatkan profit yang besar. Saat ini salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya adalah dengan menggunakan endorsement.

Endorsement sendiri adalah suatu strategi memberikan produk kepada seorang key opinion leader / thought leader yang berkaitan dengan bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda saat ini sedang merintis usaha di bidang makanan beku (frozen food) dan salah satu platform pemasaran yang Anda gunakan adalah media sosial Instagram. Untuk menggencarkan strategi pemasaran, Anda dapat menggunakan jasa seorang KOL dengan cara meng-endorse produk frozen food yang Anda jual tersebut.

KOL yang dipilih juga tak bisa sembarangan. Pilihlah KOL yang biasa membagikan konten seputar makanan ataupun minuman. Nantinya sang KOL akan memasarkan produk Anda sesuai dengan brief yang telah Anda berikan. Dengan begitu, Anda dapat menyasar target audiens yang terdapat di akun KOL tersebut agar mengunjungi halaman Instagram bisnis Anda.

Seorang KOL sendiri biasa dikenal pula dengan sebutan selebgram atau influencer. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pilihan selebgram yang dapat Anda ajak kerjasama untuk memasarkan produk bisnis Anda.

Begitulah sedikit gambaran tentang bagaimana strategi endorsement bekerja. Untuk lebih memahaminya, simak cara endorse selebgram yang tepat di bawah ini untuk Anda terapkan pada bisnis Anda.

Langkah dan Cara Endorse Selebgram yang Wajib Dipahami

Meskipun strategi endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup umum saat ini, namun belum semua orang memahami cara endorse selebgram yang tepat. Untuk mengetahui langkah dan caranya, simak ulasan di bawah ini:

1. Tentukan selebgram yang sesuai dengan target pasar bisnis

Seorang selebgram dengan followers 1 juta belum tentu cocok untuk digunakan sebagai KOL strategi endorsement bisnis Anda. Mengapa?

Ketika akan menggunakan jasa endorsement dari seorang selebgram, pastikan niche konten yang mereka miliki berbanding lurus dengan produk yang ingin Anda minta pasarkan. Karena followers yang selebgram tersebut miliki tentu adalah orang-orang yang tertarik dengan konten yang selebgram tersebut bagikan. Tentunya hal tersebut berkaitan dengan target pasar yang Anda miliki pada bisnis Anda.

2. Jangan sembarangan memilih selebgram

Dalam menentukan selebgram yang ingin dipilih haruslah dengan saksama dan tidak terburu-buru. Jangan langsung tergiur dengan jumlah followers banyak yang dimiliki oleh seseorang yang mengaku sebagai influencer. Pastikan terlebih dahulu keaslian followers yang dimiliki dengan membuat analisis dasar antara jumlah followers yang dimiliki dengan jumlah likers pada postingan di akun selebgram tersebut. Selain itu, nilai pula kualitas konten yang dibagikan agar tidak sia-sia nantinya.

Baca juga: 7 Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Kuliner

3. Kontak selebgram yang ingin digunakan jasanya

Jika Anda sudah menentukan selebgram mana yang akan endorse produk Anda maka selanjutnya adalah menghubungi selebgram tersebut. Gunakan akun bisnis Anda agar terlihat lebih profesional. Setelah itu, jika Anda sudah mendapatkan kontak lakukan tindak lanjut endorsement. Namun, jika pesan Anda tidak dibalas maka Anda bisa mencari kontak yang bisa dihubungi lainnya di bio akun media sosialnya, karena biasanya selebgram mencantumkan kontak bisnis disitu.

4. Tanyakan rate card dan engagement rate dari akun selebgram

Engagement merupakan jumlah tinggi tidaknya pengaruh selebgram terhadap penggemarnya. Ini merupakan faktor penting dalam mengetahui kualitas dari selebgram karena tak sedikit orang yang membeli pengikut untuk media sosialnya agar terlihat banyak. Ini juga bisa menjadi tolak ukur apakah banyak pengikutnya seimbang dengan banyak komentar atau likenya.

Setelah dirasa baik, tanyakan rate card yang ditawarkan. Hal ini sangat perlu ditanyakan karena akan berpengaruh dengan budget Anda untuk promosi. Namun, jika selebgram tersebut rate card-nya tak sesuai dengan budget Anda maka jangan dipaksakan. Ini nanti malah akan menyusahkan Anda karena kekurangan budget. Kalaupun tidak sesuai jangan tiba-tiba menghilang, alangkah baiknya Anda mengucapkan terima kasih dan sampaikan keinginan untuk bekerjasama di lain waktu.

5. Bandingkan dengan selebgram lainnya

Setelah Anda mengetahui engagement rate dan rate card, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membandingkannya dengan selebgram lain. Bandingkan kedua indikator tersebut, yaitu engagement rate dan rate card. Carilah selebgram yang benar-benar sesuai tak hanya dari segi budget namun juga sesuai dengan karakter yang Anda inginkan. Pilih dua atau tiga selebgram untuk dibandingkan.

6. Lakukan kesepakatan

Jika semua langkah sudah benar-benar sesuai maka lakukan kesepakatan dengan selebgram yang Anda endorse. Buat kontrak perjanjian dan atur jadwal yang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Jika perlu tuangkan dalam kertas dengan tanda tangan kedua belah pihak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Siapkan brief produk

Ketika Anda sudah mendapatkan selebgram yang Anda harapkan, maka cara endorse selebgram terakhir yang perlu dilakukan adalah membuat brief produk. Hal ini diperlukan agar selebgram paham dan mengerti tentang produk yang akan diendorse secara detail. Brief ini biasanya berisi tentang pemahaman produk yang harus dilakukan oleh selebgram agar konten promosi yang dibuat dapat menjadi lebih maksimal.

Itu dia penjelasan lengkap seputar cara endorse selebgram ataupun influencer di media sosial. Ingat, jangan gegabah dalam membayar jasa endorsement seorang selebgram. Pastikan Anda mengetahui kecocokan konten selebgram tersebut dengan produk bisnis Anda agar strategi promosi yang dilakukan tidak berujung sia-sia. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 12 Contoh Iklan Produk Makanan Beserta Gambarnya

Start your 30-day free trial