9 Cara Meningkatkan Penjualan di GrabFood Tahun 2022

Anda salah satu merchant GrabFood? Berikut sembilan cara meningkatkan penjualan di GrabFood untuk tahun 2022. Coba dan lihat efeknya!

Saat ini industri kuliner sangat terbantu pesat perkembangannya setelah munculnya aplikasi layanan pesan antar makanan secara online. Aplikasi tersebut memungkinkan para pelaku bisnis kuliner untuk memasarkan produknya tak hanya secara offline, namun juga secara online sehingga dapat menjangkau konsumen secara lebih meluas.

Tak hanya itu, para pembeli pun diuntungan dari segi efektivitas dan menghemat waktu karena cukup memesan makanan melalui gawai pintarnya dan menunggu dengan tenang makanan tersebut diantarkan.

Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan pesan antar makanan secara online adalah Grab dengan fitur GrabFood-nya. Sama seperti aplikasi lainnya, di GrabFood juga banyak terdapat promo menarik yang memanjakan konsumen serta pilihan merchant yang bervariasi.

Apakah Anda salah satu pelaku bisnis yang memasarkan produk makanan dan minuman Anda melalui GrabFood? Jika ya, berikut beberapa tips dan cara meningkatkan penjualan di GrabFood untuk pendapatan yang lebih meningkat di tahun 2022! Simak selengkapnya ya!

9 Cara Meningkatkan Penjualan di GrabFood Tahun 2022

Sudah berapa lama Anda memasarkan bisnis kuliner Anda melalui platform GrabFood? Jika sudah cukup lama, tentu Anda sudah mengetahui atau bahkan memiliki trik-trik sendiri untuk menarik konsumen dan juga strategi tertentu untuk meningkatkan penjualan. Namun apabila Anda baru mencoba platform layanan pesan antar makanan secara online yang satu ini, berikut beberapa cara meningkatkan penjualan di GrabFood yang bisa Anda coba.

1. Kenali target konsumen Anda sedari awal

Hal paling dasar dari memulai sebuah bisnis adalah mengidentifikasi siapa target konsumen kita dan apa yang ia butuhkan. Dengan memahami hal tersebut, Anda pun jadi tahu produk makanan atau minuman apa yang tepat untuk Anda tawarkan dan memiliki pangsa pasar yang cukup berpotensi.

Sebagai contoh, apabila restoran offline atau dapur restoran Anda berada di area yang dekat dengan perkantoran, hadirkanlah menu makanan rumahan yang cocok untuk menemani santap siang para pekerja kantoran. Atau apabila lokasi Anda berada di dekat area kampus yang banyak mahasiswa, hadirkanlah produk makanan dan minuman yang harganya terjangkau di kantong mahasiswa dan sesuai dengan selera anak muda zaman sekarang. Dengan strategi tersebut, Anda jadi dapat lebih mudah menyasar konsumen yang tepat.

2. Pastikan nama toko dan deskripsi produk tertulis jelas

Hal kedua yang perlu diperhatikan dari restoran Anda adalah search appearance atau informasi yang muncul di platform GrabFood ketika konsumen menemukan restoran Anda. Baik itu nama restoran, makanan dan minuman apa saja yang dijual, serta deskripsi dari setiap produk yang ditawarkan. Taruhlah deskripsi yang jelas dan tambahkan kata-kata yang menggugah agar konsumen tertarik dengan produk yang restoran Anda tawarkan.

3. Pilih kategori jenis makanan atau minuman yang tepat

Di GrabFood, Anda bisa memilih jenis makanan atau minuman yang restoran Anda tawarkan termasuk ke dalam kategori apa. Apakah itu makanan Asian, Japanese, Korean, atau berfokus pada penjualan produk seperti Coffee, Beverages, Desserts, dan lain-lain. Pastikan Anda memilih kategori jenis makanan atau minuman yang tepat untuk membantu konsumen menemukan pilihan yang sesuai dengan apa yang sedang ia inginkan. Jangan masukkan restoran Anda kedalam kategori makanan atau minuman yang pada kenyataannya restoran Anda tidak menjual produk tersebut.

4. Hadirkan tampilan visual produk yang menarik

Cara meningkatkan penjualan di GrabFood yang satu ini terbilang penting. Pasalnya, apabila Anda menghadirkan konten visual yang menarik untuk produk makanan dan minuman restoran Anda, pastilah konsumen akan menjadi tergiur dan memilih restoran Anda untuk memenuhi keinginannya.

Tampilkanlah foto yang asli dan jangan sembarang mengambil foto dari internet yang tidak sesuai dengan produk yang Anda jual. Untuk itu, ambillah gambar dengan sebaik mungkin atau mungkin mintalah bantuan pada orang lain yang bisa membantu Anda menampilkan konten visual produk yang lebih menarik di restoran online Anda di GrabFood.

5. Gunakan kemasan produk yang menarik dan aman untuk pengiriman

Tak hanya soal tampilan visual restoran di platform GrabFood, Anda juga perlu memperhatikan presentasi makanan dan minuman yang restoran Anda jual ketika sampai di tangan konsumen. Gunakanlah kemasan produk yang menarik, tidak asal-asalan, dan juga aman untuk diantarkan oleh kurir Grab. Tak hanya itu, dengan memerhatikan pilihan kemasan produk, Anda juga dapat menarik hati pelanggan dengan strategi tertentu.

Seperti contoh, Anda menggunakan kemasan produk yang eco-friendly dan dapat didaur ulang. Pilihan kemasan tersebut Anda lakukan untuk turut serta mengurangi limbah sampah kemasan makanan plastik ataupun stereofoam. Dengan konsep kemasan yang begitu dipikirkan, konsumen pun akan menghargai usaha Anda dan mengingat bisnis Anda sebagai bisnis yang memiliki USP (unique selling point) yang lebih menarik dibandingkan restoran lain dengan produk serupa.

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Untung dan Berkembang

6. Promo, promo, promo!

Sudah menjadi identitas bahwasannya orang Indonesia sangat menyukai promo ataupun diskon. Cara meningkatkan penjualan di GrabFood ini pun divalidasi oleh Grab sendiri terlihat dari banyaknya promo yang selalu dihadirkan untuk pembelian melalui platform GrabFood-nya. Anda pun bisa menggunakan skema promo Anda sendiri dan dibantu oleh pihak Grab.

Berbagai promo menarik seperti Beli 2 Gratis 1, promo bundling keluarga, paket hemat, dan lain sebagainya bisa Anda jadikan sebagai strategi menarik lebih banyak konsumen baru dan meningkatkan penjualan.

7. Jangan lupa catat laporan keuangan bisnis

Poin yang satu ini mungkin tidak berkolerasi langsung pada cara meningkatkan penjualan di GrabFood. Namun dengan melakukan pencatatan keuangan secara rinci dan rutin, Anda jadi dapat mengetahui seberapa banyak keuntungan yang telah didapatkan dan apakah Anda sudah balik modal atau belum.

Hal lain yang perlu Anda pastikan adalah pembagian komisi dengan pihak Grab. Para penjual di GrabFood biasanya akan dipotong keuntungan pendapatannya sebesar 30% oleh pihak Grab. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menghitung dengan benar harga penjualan yang Anda taruh di platform GrabFood. Karena biasanya, harga makanan yang ditawarkan secara offline berbeda dengan harga online.

8. Minta rating dan review baik kepada para pelanggan

Salah satu cara agar restoran Anda dapat muncul di hasil pencarian awal pelanggan adalah dengan memiliki rating restoran yang tinggi. Namun untuk mendapatkan hal ini terbilang tidak mudah, Anda harus membangun kepercayaan serta kepuasan dari para pelanggan Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa meminta para pelanggan yang datang secara offline untuk me-rating restoran Anda dengan baik apabila suatu saat mereka membeli produk dari restoran Anda melalui GrabFood. Atau bisa pula dengan cara yang sedikit lebih mengeluarkan modal, Anda menyelipkan brosur di dalam bungkus makanan yang mengingatkan konsumen untuk memberi rating baik para restoran Anda.

9. Menjaga kualitas makanan dan minuman agar tetap menjadi nomor 1!

Hal terakhir yang perlu Anda jaga agar penjualan produk kuliner Anda terus dipesan konsumen adalah memastikan kualitas rasa dan kebersihan selalu terjaga. Apalah arti strategi pemasaran dan konten visual apabila rasa yang Anda tawarkan tidak nikmat dan memiliki ciri khasnya. Oleh karena itu pastikan Anda memberikan kualitas yang terbaik bagi para pelanggan agar mereka selalu kembali memesan produk Anda.

Kelola Pesanan Online Anda di GrabFood & GoFood Melalui Hubster

Itu dia tips dan cara meningkatkan penjualan di GrabFood yang bisa Anda coba untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan di tahun 2022 ini!

Anda juga membuka restoran online Anda di platform GoFood? Mengatur pesanan yang masuk dari kedua platform tersebut terkadang memang akan jadi rumit apabila pesanan sedang ramai-ramainya. Apabila tidak fokus, bisa bisa ada pesanan yang salah antar atau lebih buruknya tertinggal.

Untuk mempermudah Anda dalam proses melihat pesanan masuk, penerimaan pesanan, dan rekap laporan keuangan, gunakan sistem Order Manager dan Business Manager dari Hubster. Fitur Hubster memungkinkan Anda untuk mengelola pesanan makanan online melalui satu sistem yang sama tanpa harus bolak-balik membuka software atau tablet yang berbeda.

Anda bisa mencoba fitur Hubster gratis selama 30 hari dengan mengunjungi link berikut. Selamat mencoba dan mengembangkan bisnis Anda!

Baca juga: Cara Login GrabFood Merchant dan Cara Penggunaannya

Start your 30-day free trial