Contoh Kuesioner Kepuasaan Pelanggan yang Biasa Digunakan

Contoh kuesioner kepuasaan pelanggan digunakan penjual untuk mengetahui seberapa besar puasnya pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan.

Contoh kuesioner kepuasaan pelanggan biasanya digunakan oleh penjual untuk mengetahui seberapa besar puasnya pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan. Survei ini akan diisi tanpa paksaan oleh pelanggan sehingga kamu dapat mengetahui feedback yang diberikan dari mereka.

Mengetahui kepuasaan pelanggan ini tentu saja sangat penting karena hal ini selalu menjadi prioritas dalam menjalankan sebuah bisnis. Interaksi antara pelanggan dan penjualnya sangat penting agar bisnis terus berkembang dengan baik. 

Terutama untuk memenuhi keinginan dan harapan dari masyarakat. Untuk lebih jelasnya kamu perlu mengetahui tentang pentingnya membuat kuesioner dan juga contoh dari kuesioner kepuasaan yang bisa dijadikan referensi.

Pentingnya Membuat Kuesioner Kepuasan Pelanggan

pentingnya membuat kuesioner kepuasan pelanggan
Sumber : JeffToister

Sebelum mengetahui pentingnya kuesioner ini, kamu juga perlu mengetahui mengenai definisinya terlebih dahulu. Kuesioner ini merupakan sarana yang dibuat untuk membantu pemilik usaha atau perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Kuesioner ini dibuat untuk mengetahui bagaimana feedback dari setiap pelanggan yang sudah menggunakan layanan atau produk yang dipasarkan. Sehingga pemilik usaha atau perusahaan dapat mengetahui keinginan dan apa yang dipikirkan oleh setiap pelanggannya.

Hasil dari survei ini nantinya akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan perusahaan dalam mengembangkan produk baru atau melakukan inovasi terhadap produk yang sudah ada.

Hasil tersebut juga bisa membantu perusahaan dalam mewujudkan ekspektasi dari pelanggannya sendiri sehingga dapat menciptakan pengalaman yang baru.

Selain itu, dengan adanya contoh kuesioner kepuasaan pelanggan dapat membantu perusahaan dalam mengoptimasi user experience dan juga mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar.

Kenapa ini sangat penting dalam bisnis, tentu saja petunjuknya karena kepuasaan pelanggan ini yang akan direfleksikan terhadap citra dan brand perusahaan tersebut. Kepuasaan pelanggan yang tinggi tentu saja akan memberikan citra yang baik pada perusahaan.

Pemberian contoh kuesioner kepuasaan customer ini sebenarnya adalah win-win solution yang menguntungkan perusahaan dan juga customer sendiri.

Baca Juga : Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Jenis – Jenis dari Kuesioner untuk Kepuasaan Pelanggan

Kamu harus mengetahui kuesioner memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini jenis dari contoh kuesioner kepuasaan pelanggan yang bisa digunakan.

1. Customer Satisfaction Score

jenis kuesioner pelanggan customer satisfaction score
Sumber : Soundvet.com

Angket ini berisi sejumlah pertanyaan sederhana dengan jenis jawaban tertutup. Jadi pengisi angket hanya dapat memberikan jawaban ya/tidak, setuju/tidak/ dan seterusnya. Pertanyaan yang diajukan juga cukup sederhana.

2. Milestone Survey

jenis kuesioner pelanggan milestone survey
Sumber : NulabCommunity

Jenis lainnya adalah milestone survey yang dibuat untuk mendapatkan hasil dari kepuasaan pelanggan dengan yang dikirimkan dalam jangka waktu tertentu. Dengan milestone survey ini pelanggan akan diberikan waktu selama 60 hari untuk bisa mengisi kuesioner tersebut.

3. Customer Effort Score

jenis kuesioner pelanggan ustomer effort score
Sumber : Babelforce

Jenis lainnya yang bisa digunakan adalah customer effort score berfungsi untuk mengetahui tanggapan pelanggan bahkan komplain yang diajukan melalui customer service atau CES.

Contoh kuesioner kepuasaan pelanggan yang biasa digunakan adalah berapa nilai yang akan kamu berikan saat menyelesaikan masalah dengan staff ?. jawabannya terbuka jadi bisa sangat beragam sesuai dengan pengalaman yang didapatkan oleh setiap customer.

4. NPS (net Promotor Score)

jenis kuesioner kepuasan pelanggan NPS (net promotor score)
Sumber : Medium

Kuesioner NPS ini biasanya akan mengajukan pertanyaan mengenai peluang pelanggan merekomendasikan produk yang dijual terhadap orang terdekat. Skala yang diberikan untuk menjual pertanyaannya adalah 0-10.

Jika menghasilkan angka tinggi seperti 7-10 maka artinya bisnis kamu sebagian besar sudah dapat memenuhi semua kebutuhan para pelanggan hingga ia akan merekomendasikan produk atau layanan yang dijual pada orang terdekatnya.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Buat Pertanyaan Kuesioner Pelanggan

hal yang harus diperhatikan sebelum membuat kuesioner pelanggan
Sumber : dataSpring

Sebelum menyusun contoh kuesioner kepuasaan pelanggan, kamu tidak boleh melewatkan beberapa hal ini. perhatikan hal ini agar kamu tidak salah mengajukan pertanyaan pada customer.

1. Mempelajari Tahapannya Terlebih Dahulu

Pertama yang perlu diperhatikan adalah pahami dulu tahap-tahapannya terlebih dahulu seperti siapa yang perlu diwawancarai, apa saja yang harus diukur, sampai bagaimana cara mewawancarai pelanggan dan menarik perhatiannya.

2. Jenis Pertanyaan

Tidak semua pertanyaan dapat dimasukkan kedalam survei, hal ini harus diketahui oleh kamu sebelum menulis contoh kuesioner kepuasaan pelanggan. Kamu harus mengetahui pertanyaan apa saja yang harus diajukan dan pertanyaan yang tidak usah ditanyakan.

Karena jika kamu mengajukan pertanyaan yang tidak seharusnya ditanyakan, pelanggan akan bereaksi kesal dan jadi malas karena pertanyaannya terlalu banyak dan terkesan memaksa jadi jenis pertanyaan yang bisa dipilih adalah pertanyaan pilihan ganda, ordinal, skala binary, skala likert, terbuka dan masih banyak lagi.

3. Tentukan Target yang Akan Disurvei

Menentukan target yang tepat juga sangat penting dan harus diperhatikan. Banyak orang yang menganggap semakin banyak data yang didapatkan akan semakin bagus.

Tetapi tidak seperti itu, karena setiap target pengisi kuisioner harus yang benar-benar mengetahui produk yang sudah dipasarkan dan digunakan. pilihlah pelanggan yang sudah pernah menggunakan layanan atau produk yang dijual. 

Beberapa Contoh Kuesioner Kepuasaan Pelanggan untuk kamu

contoh kuesioner pelanggan
Sumber : SumyDesign

Bingung pertanyaan apa saja yang harus diajukan pada kuisioner, inilah beberapa contoh kuesioner untuk kepuasaan pelanggan yang dapat dijadikan referensi. 

1. Contoh Kuesioner untuk Pelanggan Belanja Online

Elemen penting yang harus ada saat kamu mengajukan pertanyaan pada pelanggan belanja online kamu adalah meliputi harga setiap produk, kualitas barangnya, hingga tingkat keramahan penjual.

Contohnya seperti apakah harga yang ditawarkan pada toko kami sesuai dengan kualitas barangnya? Untuk jenis pertanyaan seperti ini biasanya akan menggunakan jawaban tertutup seperti Ya/Tidak.

Sedangkan contoh lainnya yang bisa digunakan adalah “customer service toko kami cepat tanggap dalam melayani chat konsumen” pada jenis kuesioner dengan pernyataan ini biasanya akan diterapkan dengan pemberian skala binari 1-10 atau 1-5. Semakin besar angkanya akan semakin baik juga penilaiannya.

2. Contoh Kuesioner Pada Produk F&B

Berbeda dengan kuesioner yang diajukan pada pelanggan online, contoh kuesioner kepuasaan pelanggan pada produk F&B terdapat beberapa elemen penting antara lain tingkat rasa apakah sebanding dengan harga makanannya, variasi rasanya, kemasannya menarik atau tidak, dan terakhir keramahan penjualan.

3. Contoh Kuesioner Pada Produk Pelanggan Aplikasi

Contoh kuesioner tentang kepuasaan pelanggan untuk pelanggan aplikasi biasanya akan berhubungan dengan bagaimana kelengkapan fiturnya, kemudahan penggunaan aplikasinya, kesigapan bantuan/help untuk mengatasi masalah pengguna dan kerapian user interface.

Mengajukan survei mengenai kepuasaan pelanggan ini sangat penting dan diperlakukan pada bisnis kamu untuk bisa tahu seberapa besar kepuasan para pelanggan terhadap produk/layanan yang ditawarkan. Contoh kuesioner kepuasaan pelanggan ini dapat dijadikan referensi dan sesuai dengan jenis bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga : Tujuan dan Manfaat Analisis Kompetitor

Start your 30-day free trial