Kenali Apa Itu Omzet Sebelum Anda Memulai Bisnis

Ketahui apa itu omzet sebelum terjun dalam bisnis kuliner sehingga tidak mudah tergoda dengan gimmick franchise makanan yang sekarang sedang populer

Sebelum kita terjun dalam sebuah bisnis akan lebih baik jika mengetahui istilah seperti apa itu omzet sehingga tidak mudah tergoda. Karena sekarang cukup banyak gimmick menggunakan omzet besar sebagai salah satu daya tariknya.

Padahal semua itu belum tentu bisa menjanjikan profit besar ketika dijalankan dalam jangka panjang. Sehingga Anda yang tertarik melakukan sebuah usaha terutama UMKM lebih baik pelajari dulu secara matang.

Kami akan membahas kulit dalam materi ini seputar omzet dan profit sehingga Anda tidak kecewa. Karena ternyata banyak orang di Indonesia memulai bisnis tanpa tahu bagaimana kondisi luarnya.

Oleh karena itu cukup banyak orang tidak berhasil dalam menjalankan usahanya karena memang kurang paham mengenai dunia tersebut. Kami tidak ingin Anda jatuh dalam jurang yang sama sehingga simak baik-baik informasi ini.

Pemahaman Apa Itu Omzet Agar Tidak Buntung

pemahaman apa itu omzet
Sumber : Unsplash

Pernahkah Anda melihat sebuah promosi atau gimmick usaha yang menawarkan omzet puluhan juta setiap minggu. Padahal produk yang dijual misalnya hanya sekedar minuman boba atau dimsum saja.

Secara rasional tentu saja hal tersebut tidak mungkin terjadi kecuali memang mereka berjualan di tempat tertentu dengan volume besar. Jika penawaran hanya berupa stall atau food box saja, itu tidak mungkin terjadi.

Pada dasarnya apa itu omzet adalah laba kotor sehingga perhitungannya dilakukan dari berapa total penjualan produk. Bagaimana menghitungnya tentu sangat mudah berikut ini rumusnya (Omzet = Jumlah Penjualan X Kuantitas Penjualan).

Jadi ini adalah sebuah revenue, laba kotor, gross, atau apapun istilahnya dan tidak mengacu pada bagaimana profit bekerja. Jika masih laba kotor tentu saja belum tentu memberikan keuntungan bersih banyak.

Keuntungan bersih baru akan kita hitung ketika sudah mengurangi nominal apa itu omzet dengan biaya lain. Misalnya dari produksi, pajak, uang lelah, dan sebagainya selama masih berpengaruh pada permodalan produk.

Jadi Anda jangan tergiur terlebih dahulu dengan omzet harian besar mencapai dua juta misalnya. Berapa modal dan keringat yang dikeluarkan sehingga nominal tersebut bisa memberikan keuntungan kembali.

Baca Juga : Apa Itu Order Manager dan Keuntungannya Bagi Bisnis

Pengaruh Omzet Terhadap Profit Bisnis

pengaruh omzet terhadap profit bisnis
Sumber : Unsplash

Kemudian kasus paling parah berikutnya adalah orang selalu beranggapan jika apa itu omzet besar tentu profit juga mengikuti. Jadi banyak orang termakan oleh gimmick seperti ini sehingga akhirnya usaha gagal karena tidak sesuai ekspektasi.

Agar lebih jelas kami akan memberikan bagaimana perhitungan rumus dasar profit dalam sebuah bisnis. Ingat rumus dasar karena masih banyak turunan lain yang dapat menjadi acuan dan perlu diperhitungkan.

Dengan rumus (Profit = Omzet – Biaya) kita bisa melihat bahwa revenue masih harus dikurangi dengan cost sebelum menjadi keuntungan bersih. Apa itu omzet saja biaya yang digunakan untuk mengurangi tentu saja sangat banyak misalnya berikut ini.

1. Pajak 

pengaruh pajak dalam profit bisnis
Sumber : Unsplash

Setiap produk pasti memiliki beban pajak yang perlu dibayarkan sehingga ini tidak bisa kita hindari. Jadi pastikan Anda selalu melakukan kalkulasi kecuali memiliki niat lari dari pajak.

2. Produksi 

biaya produksi berpengaruh pada omzet
Sumber : Unsplash

Cost production merupakan salah satu yang perlu kita pahami secara mendalam agar kalkulasi tidak salah. Karena biaya produksi ini memiliki pengaruh sangat besar terhadap penentuan harga.

3. Distribusi 

biaya distribusi berpengaruh pada omzet bisnis
Sumber : Unsplash

Jika ingin memasarkan produk tentu distribution cost perlu diperhitungkan agar kalkulasi tetap akurat. Aspek ini sangat penting karena meliputi berbagai aktivitas dalam perdagangan.

Memang masih banyak lagi cost yang perlu dikalkulasi namun itu hanya sebagian kecil contoh saja. Memperhitungkan secara matang adalah hal penting sehingga usaha nantinya tidak gulung tikar.

Apakah Omzet Besar Mencerminkan Kesuksesan

omzet mencerminkan kesuksesan
Sumber : Unsplash

Jika ingin jawaban singkat maka tidak, namun akan lebih baik apabila kami jelaskan secara terperinci. Sehingga Anda bisa menilai dan mempertimbangkan sendiri apa itu omzet bisnis worth it dijalankan atau tidak.

Revenue tidak menjamin sebuah bisnis memiliki kesuksesan besar karena itu kembali lagi pada bagaimana cost dilakukan. Sehingga kita tidak terlalu mudah tergiur dengan penawaran gimmick startup tidak jelas.

Kesuksesan sebuah usaha dapat kita nilai dari pergerakan profitnya apakah stabil naik atau tidak. Sedangkan ketika menjadikan revenue sebagai sebuah acuan tentu hal tersebut sama sekali tidak relevan.

Boleh saja revenue harian mencapai satu juta rupiah namun ketika cost membutuhkan hampir satu juta tentu ini tidak menggiurkan. Jadi kita harus melihat secara keseluruhan dari berbagai aspek agar tidak terlalu gegabah.

Jadi tidak ada relevansi sama sekali antara apa itu omzet harian dengan sebuah bisnis dapat dikatakan sukses. Bisa saja dalam satu hari revenue sampai satu juta namun ternyata untungnya hanya sepuluh ribu.

Gimmick seperti ini sekarang memang sedang marak dilakukan oleh para oknum jahat. Sehingga Anda terutama yang belum pernah melakukan bisnis sama sekali harus lebih waspada dan kalkulatif.

Kunci Memulai Bisnis Kuliner Modal Kecil Omzet Besar

memulai bisnis kuliner dengan omzet besar
Sumber : Investopedia

Ketika mendengar modal kecil omzet besar tentu saja akan terbayang bahwa keuntungannya cukup menggiurkan. Namun ternyata ini juga belum tentu karena cost tidak hanya pada modal produksi saja.

Ini yang banyak orang awam kurang pahami bahwa cost itu banyak jenisnya dan perlu diperhatikan secara seksama. Berikut ini akan kami berikan beberapa kunci yang dapat diimplementasikan secara realistis.

1. Lokasi 

lokasi sebagai kunci omzet tinggi
Sumber : Unsplash

Tempat dimana usaha dilakukan adalah sebuah kunci penting sehingga perlu kita perhatikan. Apakah nantinya spot tersebut bisa membuat para konsumen potensial datang atau tidak.

2. Rasa 

rasa sebagai kunci omzet tinggi dalam puasa
Sumber : Unsplash

Lupakan sejenak masalah gimmick marketing, apa itu omzet jika memang makanan yang dibuat enak tentu saja akan ada pelanggan. Ini justru akan memberikan peningkatan secara stabil dibandingkan ketika menggunakan gimmick saja.

3. Harga 

harga adalah kunci omzet besar
Sumber : Unsplash

Ini memang cukup kontroversial namun harga harus disesuaikan dengan target pasar bisnis bersangkutan. Jadi jika memang menggunakan model bisnis UMKM tentu pangsa pasar adalah masyarakat kelas menengah kebawah.

Sehingga memastikan bahwa harga masih terjangkau adalah hal penting sehingga nantinya mereka akan datang lagi. Beberapa kunci ini memang basic dan sederhana namun pada faktanya banyak dipandang sebelah mata.

Dengan mengetahui berbagai hal tersebut tentu memahami bagaimana bisnis kuliner berjalan akan menjadi lebih mudah. Jadi pahami dulu dasar seperti apa itu omzet agar bisa menjalankan usaha secara optimal.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, dan Keuntungan Ghost Kitchen

Start your 30-day free trial