GoBiz: Fitur dan Kegunaannya Bagi Bisnis F&B

Anda menjalankan bisnis F&B namun belum mengetahui apa itu GoBiz? Berikut ulasan fitur serta kegunaan dari GoBiz untuk bisnis F&B Anda!
Sumber: Unsplash

Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia terbilang terus meningkat dan memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Pesatnya pertumbuhan tersebut didukung oleh munculnya layanan pesan antar makanan online, yang salah satu pencetusnya adalah Gojek dengan fitur GoFood-nya.

Melalui GoFood, Gojek menyediakan platform GoBiz bagi para mitranya yang membuka toko online bisnis kulinernya di salah satu platform Gojek tersebut. Kabarnya, hampir 95% pelku usaha yang berada di 10 kota besar di Indonesia telah tergabung di GoBiz sebagai mitra usaha Gojek untuk platform layanan pesan antar makanan.

Anda sedang menjalankan bisnis kuliner namun belum pernah mendengar apa itu GoBiz sebelumnya? Agar tidak ketinggalan, berikut penjelasan lengkap seputar GoBiz dan kegunaannya bagi bisnis F&B.

Apa Itu GoBiz dan Kegunaannya untuk Bisnis F&B

Perlu diketahui bahwa GoBiz merupakan sebuah aplikasi dari Gojek yang dirancang secara khusus untuk mitra usahanya yang terdaftar guna membantu mengatur proses operasional bisnis yang dijalankan. Beberapa kegunaan yang ditawarkan dalam aplikasi GoBiz adalah penerimaan pesanan pelanggan dari GoFood, pencatatan pesanan, menyediakan metode pembayaran digital, hingga menyediakan skema promo untuk strategi menggaet pelanggan.

Untuk lebih lengkapnya tentang kegunaan yang ditawarkan oleh GoBiz, dapat Anda simak di bawah ini:

1. Mengoptimalkan pengelolaan restoran

Kegunaan pertama yang ditawarkan oleh aplikasi GoBiz bagi para mitra usahanya adalah mempermudah para pelaku bisnis dalam mengelola restoran adan bisnis yang dijalankan.

Pengelolaan tersebut meliputi pengaturan ketersediaan menu hingga pengelolaan jam layanan restoran (kapan buka ataupun tutup). Tak hanya itu saja, aplikasi GoBiz juga memungkinkan penggunanya untuk memonitor seluruh transaksi yang terjadi dalam suatu periode. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan kegiatan bisnis Anda secara lebih optimal dan menyeluruh. Dengan adanya GoBiz, bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat karena sifatnya yang terdigitalisasi.

2. Memudahkan sistem pembayaran untuk pelanggan

Kegunaan kedua dari menggunakan aplikasi GoBiz adalah pelanggan akan menjadi lebih dimudahkan proses transaksi pembayarannya. Tak hanya menerima pembayaran melalui sistem non-tunai, GoBiz memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara cashless.

Cukup dengan scan barcode khusus yang telah disediakan oleh GoBiz kepada mitra usahanya, pelanggan bisa langsung menyelesaikan transaksi dan saldo kas langsung otomatis akan masuk ke dalam e-wallet toko Anda. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir risiko kehilangan uang cash yang tersimpan di mesin kasir bisnis Anda.

3. Pesanan makanan online lebih jadi lebih mudah dikelola

Apabila Anda ingin memasarkan bisnis F&B Anda di GoFood, maka Anda perlu mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi GoBiz. Apabila proses pendaftaran telah selesai, setiap pesanan GoFood yang masuk untuk bisnis Anda dapat dipantau dan dikelola dengan mudah. Setiap laporan akan masuk secara terperinci dan Anda pun bisa fokus dalam mengelola pelayanan restoran secara offline.

4. Menjaring lebih banyak pelanggan dengan promo

GoBiz akan menyediakan skema diskon dan promo menarik yang dapat mitra usahanya gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis F&B nya. Salah satu strategi yang terbukti ampuh dalam menggaet lebih banyak pelanggan memang dengan memberikan promo atau diskon yang menarik. Untuk promo ataupu diskon ini, nantinya pihak GoBiz akan memberikan promo voucher dan diskon untuk menu utama yang bisa Anda sebagai mitra usaha gunakan.

Baca juga: Apa Itu Order Manager dan Keuntungannya Bagi Bisnis Anda

Fitur-fitur Aplikasi GoBiz

Sumber: GoBiz

Setelah mengetahui apa itu GoBiz dan kegunaan yang bisa Anda dapatkan dari platform Gojek yang satu ini, berikut beberapa fitur lain yang ditawarkan di dalam GoBiz.

1. GoFood

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, aplikasi GoBiz memungkinkan Anda untuk memasarkan dan menerima pesanan makanan dari pelanggan melalui platform GoFood. Ketika Anda ingin restoran Anda ditayangkan di GoFood, Anda perlu melakukan pendaftaran dan mengelola segala pembaharuan informasi terkait restoran melalui GoBiz.

2. GoPay

GoBiz juga dilengkapi dengan sistem e-wallet Gojek yang bernama GoPay. Nantinya pelanggan bisnis Anda dapat melakukan pembayaran melalui saldo yang mereka miliki di dompet digital GoPay mereka. Dengan begitu Anda dapat menghemat waktu menerima dan memberikan uang kembalian kepada pelanggan.

3. GoKasir dan GoBiz Plus

Sistem pembayaran kasir yang ada pada GoBiz juga sudah terkoneksi dan terintegrasi dengan fitur GoKasir. Sehingga semua pembayaran secara otomatis masuk pada dompet virtual yang telah disediakan untuk bisnis Anda. Selain itu, ketika ingin mencetak struk untuk pelanggan Anda juga dapat menggunakannya melalui perangkat GoBiz Plus.

4. GoFresh dan GoModal

Tidak hanya itu GoBiz juga dilengkapi dengan fitur GoFresh dan GoModal. Dua fitur ini memungkinkan Anda untuk memesan bahan baku dengan harga terjangkau dan kompetitif. Hal ini dilakukan untuk membantu operasional mitra usaha Gojek. Anda juga dapat melakukan peminjaman modal dengan bunga terjangkau dan tidak begitu menyulitkan pengelola bisnis.

Itu dia penjelasan seputar apa itu GoBiz hingga fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Saat ini mungkin Anda tidak hanya menggunakan satu platform layanan pesan antar makanan saja, melainkan juga menggunakan platform lain seperti GrabFood dan ShopeeFood. Setiap platform tersebut memiliki ketentuannya masing-masing dan memiliki sistem yang berbeda.

Apabila Anda ingin mengintegrasikan seluruh pesanan yang masuk ke dalam platform online food delivery yang Anda gunakan, baik itu dari GoFood & GrabFood, Anda dapat menggunakan layanan Order Manager dari Hubster. Layanan intergrasi yang Hubster tawarkan telah digunakan oleh banyak pelaku bisnis F&B seperti Steggo, Kedai Kopi Kulo, Lawless Burger Bar, dan masih banyak lagi.

Kunjungi laman Demo Hubster untuk mencoba gratis fitur & layanan Hubster selama 30 hari.

Baca juga: Penjualan Menurun? Ini Cara Meningkatkan Penjualan di GoFood

Start your 30-day free trial