Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

Sebagai pelaku usaha tentunya Anda tidak hanya fokus pada target penjualan saja. Akan tetapi, untuk mengembangkan usaha dan mendapat pengakuan dari dinas terkait sudah seharusnya Anda juga mengurus daftar IUMK online. Hal ini bertujuan bisnis mendapat perlindungan hukum. Sebelum membahas lebih lanjut mungkin Anda ada yang masih bertaya-tanya apa itu IUMK. IMUKM adalah istilah untuk perizinan yang diberikan oleh lembaga OSS (Online Single Submission), dahulu dikenal dengan sebutan surat izin usaha perdagangan (SIUP) yang dilakukan secara online. Ini diberikan kepada pelaku UMKM yang memenuhi kriteria sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008.

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan Makanan

Manfaat Memiliki IUMK Untuk Pelaku UMKM

Cara Mendaftar IUMK Melalui OSS dari rumah dengan mudah
Source: Portal Bangka Belitung

Perlu diketahui bersama bahwa kepemilikan IUMK sebenarnya memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha terutama yang masih dalam tahap perkembangan. Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi Anda pelaku usaha untuk segera mengajukan IUMK ini. Dengan begitu peluang keuntungan secara hukum dapat terbuka lebih lebar. Apa saja manfaat daftar IUMK online tersebut, berikut ulasan singkatnya:

1. Mendapatkan akses dan perlindungan hukum

Pastinya sebagai pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) Anda sangat membutuhkan perlindungan hukum dari pemerintah. Untuk mewujudkanya sekarang ini Pemerintah memberikan fasilitas OSS ini sebagai bentuk perlindungan kepada pengusaha kecil secara hukum sehigga unit usaha mereka dapat berjalan lebih baik. Selain perlindungan juga ada akses hukum. Artiya jika sewaktu-waktu ada pihak lain yang mempertanyakan status usaha atau berusaha membuat masalah dengan alasan perizinan maka pemilik usaha bisa mendapatkan bantuan secara hukum.

2. Menambah peluang jalinan kerjasama yang lebih besar

Jika dibandingkan dengan usaha yang belum memiliki izin bisnis yang sudah mengantongi UIMK tentunya memunyai fasilitas kemudahan ketika ingin melakukan kerja sama dengan pihak mana saja. Siapa saja yang ingin bekerja sama tentunya tidak ragu dengan Anda sehingga muncul rasa aman dan saling percaya. Jika sudah demikian, peluang pengembangan usaha jauh lebih luas apalagi jika ingin menambah jenis produk yang akan diperjualbelikan, tentunya lebih mudah dan cepat.

3. Perlindungan lokasi usaha

Banyak contoh kasus tak terduga terjadi apabila belum daftar IUMK online. Mulai dari kepastian hukum, sengketa tempat hingga penutupan usaha seringkali terjadi sehingga sangat merugikan pelaku bisnis yang mau mengembangkan usahanya. Ini berbeda ketika Anda sudah memiliki izin IUMK, selain perlindungan hukum dan menjaminan keamanan manfaat lainnya adalah perlindungan lokasi. Perlindungan tersebut disesuaikan dengan lokasi yang sudah tertulis pada dokumen OSS.

4. Memperlancar akses permodalan

Dalam usaha mengembangkan bisnis yang Anda jalani tentunya membutuhkan permodalan dengan jumlah yang relatif besar. Dengan memiliki IUMK ini tentunya memudahkan Anda untuk mengurus permodalan karena IUMK menjadi salah satu syarat wajib bagi pelaku usaha untuk mendapatkan akses permodalan. Dapat dikatakan bahwa IUMK sebenarnya mampu memberikan banyak kemudahan ketika pelaku usaha membutuhkan tambahan biaya pengembangan. Anda bisa mengajukan pinjaman modal kepada lembaga keuangan seperti bank atau selain bank dengan sangat mudah.

5. Fasilitas pendampingan usaha

Untuk memperluas jaringan usaha sekaligus mengembangkannya secara maksimal pasti Anda membutuhkan pendampingan. Ini dapat dilakukan ketika sudah mengantongi izin IUMK karena secara otomatis Pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pendampingan usaha agar lebih berdaya, berkembang dan mandiri. Selain itu pendampingan juga berfungsi untuk membuka peluang lebih luas karena di dalamnya ada strategi penjualan terbaru yang wajib Anda ketahui.

6. Membuka peluang pasar lebih luas

Peluang pasar ini sangat erat kaitannya dengan beberapa uraian di atas. Jika usaha yang Anda jalankan sudah memiliki IUMK yang sah maka investor luar tidak ragu lagi bekerjasama dengan unit usaha Anda. Selain itu jaringan yang dibangun lewat jalan pendampingan juga mengenalkan Anda kepada banyak pelaku usaha lain sehingga terbentuk jejaring bisnis yang saling menguntungkan satu dengan lainnya.

Perlu Anda pahami, segala bentuk proses pengajuan IUMK tidak membutuhkan biaya. Apalagi jika tersebut dilakukan sendiri. Untuk mendapatkan IUMK online berikut beberapa langkahnya:

Baca Juga: Cara Daftar Bantuan UMKM Online

Cara Daftar IUMK Online Untuk UMKM

1. Buat akun pribadi di laman oss.go.id

halaman utama situs OSS
Source: OSS

Akun pribadi menjadi sangat penting karena berperan sebagai pintu utama mengurus perizinan IUMK. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuka laman di oss.go.id lalu ikuti langkah yang ada di dalamnya.

2. Isi formulir dan ikuti langkah pembuatan IUMK

halaman pendaftaran IUMK di situs OSS
Source: OSS

Jika sudah memiliki akun resmi maka Anda tinggal mengisi surat pengajuan yang ada pada laman tersebut. Ikuti semua tahapan pendaftaran hingga selesai sesuai pendengan panduan Pendaftaran Hak Akses UMK. Jika sudah yakin submit lalu tunggu sekitar semingguu maka izin Anda akan terbit.

Uraian di atas merupakan beberapa manfaat dan cara daftar iumk online. Setelah menerima IUML untuk bisnis makanan, Anda dapat mulai berjualan di platform pesan-antar makanan seperti GrabFood dan GoFood menggunakan Order Manager Hubster.


Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.