Cara Jualan di Tiktok, Keuntungan, dan Langkah - Langkahnya

Cara jualan di TikTok sangat mudah, TikTok telah menjadi salah satu sosial media kamulan para penjual online untuk mempromosikan barang jualannya

Cara jualan di TikTok sangat mudah, TikTok telah menjadi salah satu sosial media kamulan para penjual online untuk mempromosikan barang jualannya. TikTok menjadi salah satu sosial media saat ini yang sering menelurkan tren-tren baru, kekinian dan banyak diikuti oleh orang banyak.

Salah satu alasan seller memilih TikTok sebagai media promosi populer karena banyak tren yang dilahirkan dari aplikasi tersebut dan juga TikTok saat ini memiliki banyak sekali pengguna aktif yang dapat memberikan peluang besar pelaku bisnis kecil mendapatkan customer dengan jangkauan lebih luas.

Cara jualan di TikTok semakin dipermudah dan memberikan keuntungan bagi penjual setelah TikTok menciptakan TikTok shop yang bisa diakses pada aplikasi tersebut. Setiap pengguna diperbolehkan untuk mendaftar sebagai seller.

Keuntungan Aplikasi TikTok untuk Jualan

keuntungan aplikasi tiktok untuk jualan
Sumber : VOI

Sebagian besar pengguna smartphone pasti mengenal TikTok. Setidaknya kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk scroll TikTok setiap harinya. Karena setiap konten yang dihadirkan TikTok dianggap lebih menarik dan menghibur bahkan sering kali membuat penggunanya lupa waktu.

Tidak hanya sebagai sarana hiburan, aplikasi ini juga saat ini sering digunakan sebagai sarana jualan. kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk bisa mendagangkan barang jualan kamu secara online. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh kamu setelah mengetahui cara jualan di TikTok.

1. Jangkauan Pasarnya Lebih Luas

Bagi kamu yang memiliki usaha kecil-kecilan dapat menggunakan TikTok sebagai media promosinya. Karena pengguna TikTok saat ini terus saja bertambah, peluang untuk mendapatkan customer baru menjadi semakin besar setiap harinya.

2. Memanfaatkan TikTok Shop

Kamu juga bisa menjualnya melalui e-commerce yang disediakan oleh TikTok langsung dinamakan TikTok shop. TikTok Shop selalu memberikan promo-promo menarik untuk pelanggannya dan gratis ongkir.

Sehingga banyak pengguna yang lebih memilih untuk membeli barang di TikTok shop ini. kamu bisa memanfaatkannya dengan menjual barang yang kamu juga juga di TikTok Shop. Dengan ini kamu bisa membuat promosi dan menjual barang sekaligus.

3. Fiturnya Lebih Mudah Digunakan

Keuntungan lainnya adalah fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan. kamu tidak bisa membuat konten promosi yang menarik, TikTok akan membantu kamu dengan menyediakan berbagai macam tools merekam video dan bahkan filter untuk mengeditnya, jadi tidak perlu memiliki skil editting yang baik.

Baca Juga : Manfaat E-Commerce Dari Berbagai Pihak

Langkah-Langkah Jualan di TikTok Shop

langkah langkah jualan di tiktok shop
Sumber : SPOD

Tertarik mencari tahu cara jualan di TikTok dan ingin menjadi salah satu seller di TikTok shop. Caranya sangat mudah, kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut ini.

  1. Bukalah laman resminya di aplikasinya
  2. Pilih “become a seller” agar bisa melanjutkan proses pendaftaran menggunakan akun TikTok yang sudah ada.
  3. Masukkan email dan juga nomor telepon untuk verifikasi.
  4. Isi informasi diri yang dibutuhkan dengan benar.
  5. Isilah profil TikTok shop seller center dari mulai nama tokonya sampai deskripsi jenis produk yang dijualkan.
  6. Konfirmasi untuk bisa menggunakan TikTok shop seller center dan kamu sudah bisa memulai cara jualan di TikTok.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut kamu bisa memasukkan satu per satu barang jualan yang akan dipromosikan. Buatlah konten promosi yang menarik dan juga konsisten agar banyak orang mengetahui produk kamu dan akhirnya tertarik untuk membelinya.

Tips Cara Jualan di TikTok Laku Keras

tips cara jualan di tiktok shop
Sumber : TheDigitNews

Sosial media TikTok bukan lagi digunakan sebagai sarana hiburan saja dan membagikan konten-konten menarik. Dengan TikTok kamu juga bisa berjualan, berikut ini tips cara berjualan di TikTok agar laku keras.

1. Memahami Cara Kerja TikTok Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu diperhatikan oleh kamu adalah pahami terlebih dahulu cara kerja TikToknya. TikTok merupakan platform untuk membagikan video-video pendek dengan durasi minimal 15 detik sampai dengan 3 menit.

Cara jualan di TikTok adalah kamu bisa membuat video produk yang menarik dengan latar musik yang sedang banyak digunakan oleh pengguna TikTok lainnya. Hal ini dilakukan agar bisa menarik audiens dan membuat pengguna lainnya tertarik terhadap produk kamu.

2. Menggunakan Hastag 

Penggunaan hashtag atau tanda bisa membuat video kamu juga memiliki banyak sekali views. Tanda ini menjadi seperti informasi mengenai isi video yang kamu buat agar jadi rujukan dan rekomendasi video untuk pengguna lainnya.

Seperti #dressfloral, #zoomchallenge dan hashtag lainnya yang bisa digunakan. Hastag tersebut juga bisa digunakan sebagai campaign untuk mempromosikan event atau promo pada toko online kamu.

3. Membuat dan Mengupload dengan Konsisten

Satu lagi yang penting cara jualan di TikTok agar laku keras adalah konsisten dalam membuat video dan menguploadnya. Hal ini juga berkaitan untuk meningkatkan brand awareness agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

4. Menggunakan TikTok Ads

Untuk lebih bisa menarik perhatian kamu juga bisa menggunakan fitur TikTok ads. Mengiklankan produk di TikTok ini memungkinkan kamu bisa menjangkau penonton dengan jangkauan yang lebih luas.

Ada beberapa jenis iklan yang bisa digunakan seperti infeed ads yang membuat iklan ketika pengguna scrol feed, promotes hastag challenge sebuah iklan untuk mengajak pengguna lainnya memakai hashtag tersebut.

Jenis lainnya seperti branded filter membuat efek khusus yang berisi mengenai informasi produk yang dijual, terakhir brand takeover yang berfungsi untuk mengiklankan secara eksklusif image, gif. 

Atau video yang akan muncul satu kali sehari setiap pengguna membuka aplikasinya. Paling banyak dipilih adalah infeed ads karena paling banyak menguntungkan dan bisa dipilih untuk kamu yang masih merintis usaha kecil.

Saat ini tidak hanya e-commerce saja yang digunakan untuk bisa berjualan. Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media, cara jualan di TikTok juga tergolong mudah yang terpenting konsisten dalam membuat konten menarik.

Baca Juga : Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

Start your 30-day free trial