How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

September 16, 2021

Menjual makanan memang tampak seperti suatu hal yang mudah. Namun untuk mendapatkan keuntungan, Anda perlu memperhitungkannya dengan matang. Oleh karena itu, Anda wajib memahami cara menentukan harga jual makanan yang baik dan benar sebelum memulai bisnis.

Dalam teori bisnis, terdapat 5 metode yang berbeda untuk menentukan harga produk. Namun teori tersebut kurang cocok jika diterapkan untuk bisnis kuliner karena berbagai faktor. Maka dari itu sebaiknya Anda perhatikan penjelasan di bawah ini untuk mengetahui metode yang tepat.

Cara Menentukan Harga Jual Makanan yang Tepat

Sebenarnya tidak ada metode yang saklek dan benar-benar tepat untuk menentukan harga sebuah makanan. Anda tetap memerlukan percobaan dalam menetapkan harga suatu produk dan melihat reaksi konsumen. Perhatikan juga berapa keuntungan yang didapatkan dari penetapan harga tersebut.

Anda dapat mengaplikasikan salah satu cara berikut untuk menentukan harga makanan dari bisnis F&B yang sedang dijalani. Cara-caranya adalah:

1. Menghitung persentase modal makanan

Cara menghitung food cost untuk usaha kuliner
Source: Ukirama

Metode pertama ini memperhitungkan seluruh modal untuk pembelian bahan baku kemudian membaginya dengan target persentase modal setiap makanan tersebut. Misalnya 30%, 40%, atau 50%.

Perhitungan ini umumnya dipakai untuk bisnis kuliner yang menjadikan harga makanan sebagai satu-satunya sumber penghasilan. Jadi, margin antara harga makanan dengan modal harus bisa menutupi semua kebutuhan operasional, termasuk sewa tempat, gaji pegawai, dan lain-lain.

Jadi, sebisa mungkin modal yang diperlukan untuk membuat satu porsi makanan tidak lebih dari 50% harga yang ditentukan. Tujuannya agar seluruh biaya operasional dapat ter-cover. Berikut ini langkah-langkah menentukan harga dengan metode persentase harga modal.

  1. Hitung seluruh modal yang Anda perlukan untuk membuat produk makanan. Hitung semua hal yang harus dibeli. Meskipun Anda mendapatkan bahan baku secara gratis (misalnya mengambil dari kebun sendiri), barang tersebut harus tetap dihitung.
  2. Nilai modal yang sudah dihitung pada langkah pertama kemudian dibagi dengan target persentase biaya. Misalnya 25%, 35%, atau 50%. Maka Anda akan mendapatkan satu angka yang akan menjadi harga produk makanan.

Masih bingung dengan teori di atas? Jangan khawatir karena di bawah ini akan diberikan contohnya. Misalnya Anda akan membuat sebuah usaha dessert box. 

tabel yang menunjukkan cara menghitung harga jual produk


2. Menentukan harga dengan metode titik harga

Metode titik harga atau rentang harga dikhususkan untuk Anda yang memulai bisnis di tengah persaingan ketat. Tentu Anda dituntut untuk memiliki harga kompetitif supaya produk makanan bisa laku. Jika memasang harga lebih tinggi pun, produk milik Anda harus punya value yang lebih.

Berikut empat langkah menentukan harga produk menggunakan metode titik harga.

  1. Tentukan target pasar atau jenis konsumen yang Anda incar. Misalnya Anda ingin membuka sebuah tempat makan ayam geprek di dekat kampus. Ciptakan sesuatu yang akan mendorong mahasiswa untuk makan di tempat Anda. Jika rata-rata ayam geprek milik pesaing dijual dengan harga Rp 15.000, Anda tidak bisa menjual produk yang sama dengan harga lebih mahal.
  1. Kenali titik harga pesaing. Contohnya ketika terjadi perang harga serba 10 ribu, jangan ragu untuk mempromosikan produk harga Rp 9.000. Namun Anda harus punya menu lain untuk meng-cover agar tak "bakar uang".
  2. Berikan value lebih pada bisnis Anda. Misalnya ciptakan nuansa tempat yang menarik dan nyaman yang berbeda dari pesaing. Jika mendapatkan value yang lebih, pembeli tidak akan keberatan untuk membayar dengan harga yang lebih tinggi.
  3. Temukan harga bahan baku yang lebih murah tanpa mengorbankan kualitas. Dengan begitu, Anda akan tetap mendapatkan keuntungan sesuai target.

Ingin Menentukan Harga Jual Makanan dengan Lebih Mudah?

Rumus untuk kalkulasi harga jual makanan
Source: Arkieva

Dua cara yang sudah dijelaskan di atas mungkin menyulitkan Anda yang baru akan memulai bisnis makanan. Ada sebuah metode sangat mudah yang diperkenalkan oleh Chef Arnold, seorang juri di Masterchef Indonesia sekaligus pemilik beberapa brand makanan.

Pihaknya membeberkan caranya dalam menentukan harga makanan menggunakan rumus pembagian 0,3. Cara ini jelas lebih mudah dimengerti oleh orang awam, terlebih Chef tersebut menyampaikannya dengan bahasa yang ringan.

Berikut ini langkah-langkah untuk menentukan harga jual makanan ala Chef Arnold.

  1. Hitung jumlah modal atau bahan baku yang Anda perlukan untuk membuat satu porsi hidangan. 
  2. Selanjutnya, tambahkan dengan biaya untuk pembuatan packaging atau kemasan.
  3. Setelah diketahui total modal untuk membeli bahan baku dan kemasan, bagi angka tersebut dengan 0,3. Itulah harga jual makanan yang ide

Supaya Anda lebih memahaminya, di sini ada contoh perhitungan untuk menentukan harga jual seblak. Untuk satu porsi seblak membutuhkan bahan baku berikut ini:

  • Satu buah telur ayam: Rp 2.000
  • Kerupuk: Rp 500
  • Bakso: Rp 1.000
  • Makroni: Rp 750
  • Mi keriting: Rp 250
  • Siomay: Rp 1.000
  • Sosis: Rp 750
  • Bumbu-bumbu: Rp 1.250

Modal yang diperlukan untuk bahan baku satu porsi seblak adalah Rp 7.500. Sementara untuk packing atau kemasan, Anda akan membutuhkan biaya Rp 500. 

Total modal yang dibutuhkan adalah Rp 8.000. Kemudian kalikan angka tersebut dengan 0,3. Didapatlah angka 26.666,66. Angka tersebut sebaiknya dibulatkan menjadi Rp 27.000. Sangat mudah, bukan?

Sampai di penghujung artikel, Anda tentu telah memahami cara menentukan harga jual makanan dengan perhitungan yang tepat. Kombinasikan juga metode di atas dengan trial and error sampai menemukan formula yang benar-benar tepat. Selamat mencoba!

Artikel Terbaru

Tentang Hubster

Memperkenalkan Reports Dashboard Hubster

Reports baru kami yang diperbarui akan mencakup filter yang lebih mendalam, grafik yang dinamis, dan insight yang kompatibel dengan semua browser web dan seluler.

Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online (BPUM)

Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkannya, simak cara daftar bantuan UMKM online berikut!

Cara Daftar Traveloka Eats untuk Merchant & Driver

Traveloka Eats adalah layanan pemesanan makanan secara online dari Traveloka. Simak cara daftar Traveloka Eats untuk merchant dan driver berikut ini jika Anda juga ingin tergabung!

How to Succeed in Delivery

Mesin EDC: Definisi, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Mesin EDC adalah sebuah perangkat yang membantu proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ataupun debit dari berbagai rekening bank. Simak penjelasan lengkap seputar mesin EDC berikut.

How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

Kebingungan bagaimana cara menentukan harga jual makanan agar bisa mendapatkan untung? Tak perlu bingung, simak penjelasan lengkapnya di sini!

How to Succeed in Delivery

Tips dan Cara Foto Produk Makanan yang Menarik untuk Bisnis Anda

Memiliki visual produk yang menarik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis F&B. Simak cara foto produk makanan berikut sebagai referensi Anda.

How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Sedang mencari contoh bisnis plan makanan untuk bisnis F&B yang baru saja Anda mulai? Intip contoh lengkapnya di artikel berikut ini!

How to Succeed in Delivery

12 Contoh Iklan Produk Makanan beserta Gambarnya

Kumpulan contoh iklan produk makanan sebagai inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia F&B.

Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

Pelajari cara mendaftar ke beberapa platform pengiriman makanan untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, kehadiran, dan lainnya di restoran anda.