Persyaratan, Alur, dan Cara Registrasi BPOM

ketahui bagaimana cara registrasi BPOM sehingga bisa mendaftarkan sendiri produk tanpa melalui calo dan mengurangi alokasi biaya secara signifikan

Tidak sedikit para pengusaha kuliner tidak mengetahui cara registrasi BPOM padahal ini akan memberikan boosting integritas. Jika sebuah produk pangan bersertifikat BPOM artinya produk tersebut aman dan lolos uji.

Jadi sebelum Anda mulai memasarkan produk pangan penting untuk mendaftarkan terlebih dahulu. Disini kami akan memberikan tutorial sederhana sehingga mudah diikuti oleh para pemula dalam bidang terkait.

Kami akan menjelaskan apa saja persyaratan dan alur pendaftaran lainnya sehingga barang nanti sudah terdaftar. Ini adalah hal penting karena mendapatkan kredibilitas adalah salah satu bukti bahwa Anda pihak terpercaya.

Jadi dengan memegang sertifikasi seperti itu bisa memberikan daya pikat lebih pada konsumen. Tentu saja ini merupakan aspek penting sehingga kita tidak boleh menganggapnya sebelah mata.

Persyaratan Cara Registrasi BPOM Indonesia

cara registrasi BPOM Indonesia
Sumber : Unplash

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pemohon terlebih dahulu. Tanpa melengkapi persyaratan berikut maka seseorang tidak dapat melakukan pendaftaran produk makanan.

  1. Formulir pendaftaran
  2. Sampel produk dan label
  3. Dokumen asli hasil analisis laboratorium dari produk terkait
  4. Sudah memiliki surat izin dari BKPM atau dinas perindustrian dan perdagangan

Ketika persyaratan tersebut sudah terpenuhi maka seseorang bisa melakukan pendaftaran produk secara langsung. Pada poin cara registrasi BPOM keempat dari persyaratan tadi ada kewajiban memiliki izin dari BKPM.

Ini adalah hal wajib yang perlu dilaporkan jika memiliki sebuah produk dagang. Ketika tidak melakukan laporan tersebut tentu saja selain kredibilitas maka Anda juga berpotensi mendapatkan sanksi administrasi dari pemerintah.

Memang tidak harus makanan karena setiap produk dagang apapun wujudnya perlu didaftarkan ke BKPM terlebih dahulu. Ketika cara registrasi BPOM udah masuk baru kita bisa melakukan pengajuan pada pihak BPOM.

Semua persyaratan tersebut tidak dipungut biaya, karena baru pada tahap administrasi awal. Pengeluaran biaya baru akan terjadi ketika sudah masuk alur pendaftaran secara langsung ke tempat terkait.

Jadi tidak perlu khawatir karena ini adalah sebuah langkah filter awal sehingga para pendaftar bisa diseleksi. Tanpa adanya tahap ini akan nihil quality control pada barang terutama makanan.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Daftar IUMK Online

Alur Pendaftaran Melalui Website BPOM

alur pendaftaran BPOM melalui website
Sumber : Koinworks

Untuk pendaftaran melalui website resmi sendiri tidak terlalu sulit jika sudah melengkapi semua persyaratan. Berikut ini akan kami lampirkan bagaimana tahapnya sehingga Anda mudah menerapkan sendiri nanti.

  1. Masuk ke portal resmi BPOM
  2. Pilih opsi registrasi baru
  3. Lakukan pengisian form yang disediakan BPOM
  4. Masukkan data pemeriksaan SARPRAS pabrik
  5. Unggah dokumen pendukung tambahan

Ketika kelima langkah tersebut sudah dilakukan oleh pemohon maka hanya tinggal menunggu saja. Memang cara registrasi BPOM verifikasi dapat memakan waktu beberapa hari agar bisa dilanjutkan pendaftarannya lagi.

Dokumen pendukung tambahan biasanya akan diperoleh dari hasil data pemeriksaan sarpras. Sehingga berkaitan dengan produksi dan bagaimana sistem manufakturing nantinya akan bekerja.

Ketika kita sudah melakukan semua proses tersebut kemudian ada langkah tambahan yang memang dicanangkan oleh pemerintah. Sekarang ada juga registrasi tambahan menggunakan perangkat android.

Mengapa menggunakan android karena pihak pemerintah ingin pemilik usaha menjadi lebih fleksibel dalam melakukan cara registrasi BPOM administrasi. Sehingga adanya APK ini diharapkan akan banyak membantu dalam hal birokrasi.

Kami juga akan dibahas pada segmen selanjutnya terkait hal tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu acuan. Karena memang prosesnya sekarang sayang sekali tidak berhenti sampai disini.

Adanya prosedur tambahan ini juga berfungsi sebagai filter tambahan guna memantau kualitas produk. Ini juga berkaitan dengan pembayaran administrasi sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai acuan.

Alur Pendaftaran Berikutnya Menggunakan E-BPOM

alur pendaftaran BPOM melalui E-BPOM
Sumber : BPOM

Berikut ini adalah tahap pendaftaran menggunakan e-BPOM sehingga dapat dijadikan sebagai acuan. Hal tersebut merupakan aspek tambahan sehingga meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas pemilik industri terkait.

  1. Unduh aplikasi e-bpom melalui playstore
  2. Masukkan akun yang sudah dibuat melalui website sebelumnya
  3. Lakukan pengisian form menggunakan data secara benar
  4. Unggah kembali dokumen tambahan
  5. Melakukan pengiriman hardcopy ke alamat BPOM untuk melakukan pemrosesan
  6. Verifikasi
  7. Melakukan pembayaran sesuai tagihan administrasi

Setelah langkah tersebut kita lakukan maka berikutnya hanya menunggu penerbitan nomor izin edar saja. Biasanya cara registrasi BPOM ini akan memakan waktu paling lambat 30 hari sehingga harus bersabar dulu.

Memang dengan adanya penjaringan seperti ini maka pihak pemerintah juga mudah dalam melakukan penyortiran. Jadi mana yang dapat dilakukan verifikasi secara cepat dan perlu ada penundaan lagi.

Kemudian untuk masalah biaya tentu saja ini perlu pembahasan tersendiri karena kita tidak bisa melakukan generalisasi. Bagi cara registrasi BPOM para pemula yang ingin mengetahui detail tidak perlu khawatir karena segmen berikutnya akan kami bahas.

Jadi tidak hanya persyaratan secara administratif saja namun juga aspek biaya menjadi pertimbangan. Ini adalah metode penting yang perlu dilakukan karena bisa menjadi bukti integritas sebuah badan usaha.

Tips Memanfaatkan Hutang untuk Usaha

tips memanfaatkan hutang untuk usaha
Sumber : Forbes

Untuk detail harga berikut ini akan kami lampirkan beberapa fundamental sehingga dapat dijadikan acuan. Karena ketika tidak membayar administrasi maka proses lanjutan dari izin edar tetap tidak bisa keluar.

  1. Biaya registrasi awal pemohon
  2. Biaya registrasi ulang pemohon
  3. Produk obat mulai dari seratus ribu rupiah
  4. Pendaftaran makanan mulai dari seratus ribu rupiah
  5. Barang kecantikan atau kosmetik dalam negeri mulai dari lima ratus ribu rupiah
  6. Obat tradisional mulai dari satu juta rupiah

Semua detail cara registrasi BPOM biaya tersebut adalah untuk satu item saja sehingga semakin banyak varian harga juga meningkat. Misalnya Anda memiliki beberapa varian maka nominalnya juga harus bertambah.

Dengan adanya persyaratan seperti ini akhirnya Anda bisa memahami bagaimana langkah administrasinya. Birokrasi seperti ini perlu dilakukan untuk menyeleksi apakah barang layak edar atau tidak.

Karena untuk menjaga keamanan konsumen tentu pemerintah juga harus memberikan peraturan secara keta. Kita sebagai pelaku usaha juga perlu memberikan dukungan maksimal agar ini bisa terwujud.

Setelah mengetahui berbagai informasi tadi tentu sekarang Anda bisa mulai mendaftarkan diri. Ternyata cara registrasi BPOM cukup mudah sehingga semua kalangan dapat melakukannya sebagai salah satu persyaratan administrasi.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Start your 30-day free trial