Membuat Contoh Label Makanan yang Menarik dengan Mudah

contoh label makanan yang menarik akan membuat tampilan produk akan dilirik oleh calon konsumen. Sehingga dalam pembuatannya harus benar-benar diperhatikan.

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan untuk membuat contoh label makanan yang menarik. Label atau kemasan suatu produk memiliki peranan penting sebagai identitasnya. Dengan ini akan mudah bagi pelanggan untuk mengetahui produk itu. 

Memiliki tampilan label menarik, akan membuat pra calon pelanggan menjadi lebih tertarik. Ini karena saat ini, visual produk menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik-baik karena efeknya sangat besar untuk menarik minat konsumen untuk membeli. 

Oleh karena itu, dalam membuat sebuah kemasan banyak hal yang tidak boleh dilewatkan. Dengan ini pembeli akan menaruh perhatian terhadap barang tersebut. Selain itu, diharapkan juga dalam sebuah label dapat menjelaskan mengenai produk tersebut. 

Sebelum itu, kamu perlu tahu mengenai apa saja hal yang wajib ada dalam sebuah label makanan. Unsur tersebut wajib untuk dipenuhi dan untuk diajukan sebagai syarat untuk dapat BPOM dan mendapatkan sejumlah perizinan lainnya. 

Contoh label makanan yang menarik harus memenuhi unsur seperti nama atau merk produk, jenis, daftar bahan di dalamnya, tanggal produksi dan kadaluwarsa, kode produksi, label halal dan info kontak. Sebagai tambahan bisa memasukkan tentang varian rasa, ukuran dan sebagainya. 

Kamu juga perlu tahu mengenai ukuran yang biasanya dibunakan untuk membuat sebuah label makanan. Sebenarnya hal ini dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan karena tidak ada ukuran yang benar-benar menjadi standar. 

Sebenarnya tidak hanya ukuran, namun ada juga bentuk yang sangat bervariasi untuk membuat sebuah kemasan. Misalnya bentuk kotak, persegi, bulat dan masih banyak lainnya. Secara umum ada ukuran yang biasa digunakan produsen makanan. 

Jika berbentuk lingkaran memiliki diameter 5, 7 atau 10 cm. Bentuk persegi ukuran umumnya seperti lingkaran. Bentuk persegi ukuran 5x5,7x7 atau 10x10 cm. Bentuk persegi panjang 6x4, 9x6 hingga 12x8 cm. namun, ukuran ini hanya sebagai referensi dan bisa diubah sesuai kebutuhan. 

Baca Juga : Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Tips untuk Membuat Contoh Label Makanan yang Menarik

tips membuat contoh label makanan yang menarik
Sumber : UNLFood

Jika kamu tertarik untuk membuat contoh label makanan yang menarik untuk produk bisnis. Beberapa tips berikut bisa kamu terapkan. Sebenarnya jika tidak ingin repot dapat memilih jasa desain. Tetapi jika kamu ingin coba sendiri, coba terapkan tips ini. 

1. Tampilan Nama atau Merk 

tampilan merk label makanan
Sumber : ResourceLabelGroup

Sebuah produk dapat dikenal dari merk atau brand yang kamu gunakan. Gunakan nama merk yang menarik. Selain nama, tampilan yang enak dilihat mata juga harus menjadi perhatian. 

Kamu bisa memilih tampilan brand dengan menuliskan namanya dengan hurug dengan ukuran cukup besar. Ini karena brand harus ditonjolkan dibandingkan dengan informasi lainnya dalam kemasan. 

2. Pemilihan Jenis Huruf

jenis huruf untuk membuat contoh label makanan
Sumber : DesignTutsplus

Tahukah kamu pemilihan huruf dapat membawa dampak psikologi bagi calon pembeli? Ini adalah hal benar, untuk itu dalam pemilihan huruf harus benar-benar diperhatikan. 

Gunakan font yang tepat agar jelas dibaca dan sesua dengan nuansa kemasan. Perlu juga untuk menghindari penggunaan font atau simbol yang akan menyulitkan pembacanya. Alih-alih tampil bagus, nyatanya informasi tidak tersampaikan. 

3. Ukuran Huruf

ukuran huruf dalam membuat label makanan
Sumber : LaTeXStackExchange

Tidak hanya jenis font huruf, namun ukuran juga harus disesuaikan dengan komposisi untuk dijadikan sebagai contoh label makanan yang menarik. Jangan sampai ukurannya terlalu besar dan terlalu kecil. Buatlah seproporsional mungkin agar enak dilihat. 

4. Bentuk Label

bentuk label dalam contoh label makanan
Sumber : Pinterest

Bentuk label akan membawa pengaruh besar untuk menampilkan kemasan produk kamu. Untuk itu, gunakan bentuk sesuai dengan produk makanan di dalamnya. Beberapa bentuk umum yang bisa dijadikan pilihan seperti kotak, bulat spiral dan sebagainya. 

5. Pemilihan Warna

pemilihan warna dalam membuat label makanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa warna adalah hal pertama yang akan menarik mata sebelum informasi lainnya dalam sebuah produk. Untuk kemasan makanan lebih baik menggunakan kombinasi warna cerah dan terang. 

Kamu bisa pilih warna yang umum dalam sebuah kemasan makanan seperti merah dan kuning. Namun, bisa juga dengan warna lainnya yang sesuai dengan produk yang akan kamu jual. 

6. Ukuran Label

ukuran dalam  membuat label makanan
Sumber : PrintRunner

Selain bentuk dan pemilihan warna, tidak kalah pentingnya adalah ukuran label. Ukuran ini harus diperhatikan agar tetap proporsional dan cocok dengan kemasan. Jangan terlalu besar atau kekecilan. 

7. Pemilihan Gambar/Grafis

pemilihan grafis
Sumber : PNGEgg

Dalam membuat contoh label makanan yang menarik tidak hanya mengandalkan tampilan warna yang di dalamnya berisi huruf-huruf saja. lebih dari itu, penggunaan gambar akan membuat tampilannya lebih bagus lagi. 

Dengan menaruh gambar menarik, maka perhatian konsumen akan tertuju dengan produk tersebut. Kamu bisa memasukkan beberapa gambar seperti logo produk, bahan pembuatan, ilustrasi dan sebagainya. 

8. Info Kontak

info kontak dalam membuat label makanan
Sumber : Unsplash

Tips membuat contoh label makanan yang menarik kedua untuk membuat sebuah kemasan adalah menyertaan info kontak. Kamu bisa memasukkan website, nomor telepon atau akun media sosial. Dengan ini akan membuat konsumen dapat menjangkau kamu dengan mudah. 

Selain itu, dengan menyisipan kontak juga akan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk bisnis tersebut. Jika calon konsumen juga ingin pesan banyak juga bisa dengan mudah dengan informasi lengkap tentang kontak bisnis kamu. 

9. Pemilihan Bahan Label

pemilihan bahan label
Sumber : CTPBoxes

Setelah memperhatikan semua hal sebelumnya, tips buat contoh label makanan yang menarik terakhir adalah menentukan jenis bahan yang akan digunakan pada label tersebut. Lebih baik jika dibuat dari bahan yang tahan air dan tidak mudah rusak. 

Jangan sampai menggunakan bahan yang mudah rusak sehingga informasi penting mengenai produk tersebut tidak tersampaikan. Untuk itu, gunakan bahan yang baik agar label tetap tahan lama dan awet meski terkena air atau bahan lainnya. 

Jika memulai bisnis, kamu bisa membuat brand atau merk sendiri untuk produk yang akan kamu hasilkan. Untuk itu, kamu perlu untuk memperhatikan berbagai informasi penting untuk membangun brand. Salah-satunya dapat dimulai dengan membuat kemasan. Untuk itu, kamu bisa menerapkan contoh label makanan yang menarik untuk dibuat dengan cara di atas.

Baca Juga : Strategi Word of Mouth Marketing bagi Bisnis Kuliner

Start your 30-day free trial