Fungsi Penting Foto Produk Minuman untuk Menarik Hati Pelanggan

foto produk minuman adalah gambar yang menampilkan produk minuman dengan tujuan utamanya bisa mendapatkan konsumen dengan jangkauan lebih luas lagi.

Foto produk minuman adalah gambar yang menampilkan produk minuman dengan tujuan bisa mendapatkan konsumen. Untuk bisa menarik perhatian konsumen biasanya penjual akan menggunakan gambar berkualitas dan menarik.

Foto produk minuman ini bukan gambar yang asal dilihat saja, harus dilakukan secara profesional agar konsumen bisa meningkatkan rasa percaya mengenai produk yang ditawarkan.

Jika fotonya tidak terlihat profesional, calon pelanggan akan merasa ragu mengenai kualitas produk dan juga kredibilitas toko Anda. Untuk itu berikut ini tips dan juga manfaat menampilkan foto produk yang baik dan menarik.

Pentingnya Menyiapkan Foto Produk Minuman yang Baik

pentingnya menyiapkan foto produk yang baik
Sumber : Unsplash

Foto produk merupakan hal yang paling penting untuk meningkatkan penjualan pada bisnis. Karena sebagai konsumen hal pertama yang dilihat adalah foto dari setiap produknya baik di buku menu.

Foto produk minuman yang baik adalah ketika seseorang yang melihatnya akan merasa tergiur dan ingin mencobanya. Bahkan ketika melihat foto tersebut akan merasa seperti sedang melihat sebuah minuman segar secara langsung dan membuat tenggorokan merasa haus.

Tidak hanya sekedar mengambil gambar saja, menyiapkan gambar produk ini juga harus dilakukan secara baik karena memiliki beberapa manfaat lainnya.

1. Dapat Meningkatkan Penjualan Produk

Menampilkan visualisasi yang menarik akan menambahkan nilai dari sebuah peluang. Foto yang berkualitas dan terlihat profesional merupakan indikator yang penting baik Anda memajangkan di toko secara online atau melalui buku menu.

2. Kepercayaan Calon Pembeli akan Ditingkatkan

Selanjutnya, menampilkan gambar yang menarik untuk produk minuman Anda bisa meningkatkan penilaian bagi calon pembeli. Selain itu menambahkan daftar komposisinya juga akan meningkatkan kredibilitas toko Anda.

3. Branding Bisnis

Semakin baik kualitas gambar minuman yang ditampilkan secara tidak langsung anda akan membangun identitas bisnis yang dijalankan. Apalagi dalam gambar produk yang di tampilkan memiliki ciri khas tersendiri.

Dalam mengambil foto produk minuman diusahakan untuk bersungguh-sungguh agar pelanggan dapat merasakan dan menilai sendiri bagaimana kredibilitas dan keprofesionalitasan toko Anda dalam menjual produk minuman berkualitas.

4. Melakukan Pemasaran Secara Digital Lebih Mudah

Terakhir, manfaat dari membuat gambar produk dengan baik dan menarik merupakan modal penting untuk memasarkannya di media sosial atau media digital lainnya. Sehingga jangkauan pembelinya menjadi meluas. 

Baca Juga : 5 Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner untuk Ide Jualan

Tips Foto Produk Minuman agar Menarik

tips foto produk minuman
Sumber : Unsplash

foto produk memiliki peran yang cukup besar untuk mendatangkan konsumen pada sebuah usaha. Menggerakkan bisnis pada bidang minuman memiliki tantangan sendiri untuk cara memotretnya agar terlihat lebih menarik.

Agar terlihat profesional hal pertama yang harus dipersiapkan adalah perangkat yang mumpuni seperti kamera DLSR dan perangkat pendukung lainnya. Selain ini, ada beberapa tips untuk membuat foto produk minuman agar terlihat lebih menarik.

1. Perhatikan Angle yang Tepat

Pertama tips yang harus dipikirkan saat mengambil foto pada produk Anda adalah tentukan angle yang paling cocok. Pengambilan angle biasanya diambil dari segala sisi yaitu depan, belakang, dan juga teknik.

Pengambil dari angle atas biasanya digunakan untuk pengambilan gambar untuk minuman yang menampilkan art pada permukaannya. Seperti contohnya art latte atau cappucino. Walaupun tetap ingin mengambil detail gelasnya bisa memilih angle atas dengan posisi sedikit serong.

Foto produk minuman ini juga bisa dikombinasikan dengan angle lainnya agar bisa merasa terkesan.

2. Lighting atau Pencahayaan

Selain memperhatikan angle, satu hal penting yang dilakukan adalah lighting pencahayaan. Memberikan cahaya yang baik dengan beberapa teknik untuk mengambil gambar akan bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dan menarik.

  1. Menambahkan akses colorful

Tidak bisa dipungkiri keberadaan tanah dapat memberikan sebuah aksen yang membuat foto produk minuman menjadi lebih cantik. Gambar ini kadang-kadang akan sukses menarik perhatian dan membuat konsumen berakhir untuk menayanginya.

4. Menampilkan Bahan

Menampilkan bahan akan berguna untuk menampilkan daya tarik tersendiri untuk mengambil gambarnya. Nantinya bahan dari minuman tersebut jadi lebih ramai jadi menjadi lebih unik.

5. Pemakaian Gelas yang Saat melakukan foto.

Saat ini sudah banyak gelas-gelas unik yang dihasilkan oleh pengrajin. Perlu Anda ketahui penggunaan gelas juga ternyata akan berpengaruh kepada hasil foto produk minuman yang baik dan benar. 

Diantara gelas-gelas unik tersebut akan ada gelas yang paling cocok dengan mini. Penggunaan gelas kaca yang unik akan memberikan kesan perbedaan sendiri saat digunakan untuk foto produk minuman.

Strategi Memasarkan Produk Minuman

strategi memasarkan produk minuman
Sumber : Unsplash

Dalam menjalankan bisnis minuman, Anda memerlukan strategi yang tidak jauh dengan metode pemasaran bisnis lainnya. Teknik pemasaran ini wajib diperhatikan untuk membuat bisnisnya bisa berkembang dengan baik dan menjangkau berbagai lapisan konsumen.

Beriku tini beberapa strategi dari pemasaran produk minuman yang wajib diketahui oleh Anda pebisnis pemula.

1. Memberikan Diskon dan Juga Harga Promo

Salah satu strategi marketing yang sangat sering dilakukan untuk bisa menjangkau konsumen adalah memberikan harga diskon dan juga promo di masa promosi. Cara ini dikenal sangat efektif pada beberapa kasus.

Tetapi untuk memberikan diskon dan juga harga promo memiliki syarat tertentu seperti pelanggan baru mendapatkan diskon jika sudah mencapai minimal belanja tertentu atau mereka akan mendapatkan diskon jika membeli produk minuman baru.

2. Membuat Konten Pemasaran yang Menarik

Selanjutnya selain membuat foto produk minuman yang baik untuk mendapatkan konsumen cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten pemasaran yang menarik. Tren penggunaan media sosial sebagai salah satu media terbesar untuk memasarkan produk harus dimanfaatkan dengan baik.

Terutama jika Anda menargetkan untuk bisa mendapatkan pelanggan di pasar online tersebut. Diperlukan konten menarik sehingga calon konsumen bisa banyak didapatkan.

3. Mengikuti Tren

Terakhir, cara terbaik dalam strategi pemasaran selain menggunakan gambar minuman adalah pemilik usaha selalu mengikuti tren yang ada pada platform yang digunakan. misalnya jika Anda memilih untuk menjualnya di salah satu marketplace.

Pada marketplace tersebut biasanya akan memberikan diskon pada tanggal-tanggal cantik, dengan mengikuti tren tersebut Anda bisa beradaptasi dan mendapatkan lebih banyak calon konsumen.

Penyusunan strategi pemasaran yang tepat baik dilakukan secara digital atau juga konvensional sangat penting untuk mendapatkan konsumen lebih luas. Salah satu cara yang penting dan harus dilakukan adalah membuat foto produk minuman dengan kualitas baik dan menarik.

Baca Juga : 5 Ide Usaha Minuman Kekinian Modan Kecil dan Strateginya

Start your 30-day free trial