7 Ide Jualan Bulan Puasa Tahun 2022, Mudah dan Dijamin Laris!

Bulan puasa selalu semarak dengan banyaknya orang berjualan. Berikut tujuh ide jualan bulan puasa di tahun 2022 yang dapat Anda coba!

Kini telah memasuki bulan Rajab dalam kalender Islam, dan tidak terasa dua bulan lagi akan tiba bulan Ramadan.

Seperti yang kita ketahui, bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Muslim di dunia. Di bulan yang spesial ini, umat Muslim berlomba-lomba meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Dan pada momen ini pula, banyak rezeki yang dapat diraup untuk membantu menambah pemasukan finansial. Jadi tak hanya menambah keberkahan dari segi pahala, bulan Ramadan juga dapat membawa berkah dari sisi rezeki finansial.

Menyambut Bulan Ramadan 2022 dengan Berjualan

Seluruh umat Muslim di dunia memiliki kebiasaan ataupun budaya yang berbeda-beda dalam menyambut bulan Ramadan. Namun satu yang pasti, pada bulan yang suci ini akan ada kebiasaan unik di mana banyak orang yang berkumpul untuk menyantap makanan bersama-sama ketika berpuasa, berkumpul di masjid untuk beribadah hingga tengah malam, dan melaksanakan sahur dengan khidmat.

Dan pada bulan ini, ada banyak pula orang yang berjualan untuk membantu kebutuhan santapan setiap orang yang berpuasa dan bahkan berjualan barang-barang khas bulan Ramadan seperti buah kurma, perlengkapan shalat, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda salah satu yang tertarik untuk berjualan di bulan puasa tahun ini? Jika ya, berikut beberapa ide jualan bulan puasa yang dapat Anda coba dan dijamin laris manis karena terbilang mudah untuk dibuat dan dijajakan!

7 Ide Jualan Bulan Puasa yang Mudah dan Banyak Diminati

ide-jualan-bulan-puasa-hubster
Sumber: Unsplash

1. Berjualan menu buka puasa

Ide jualan bulan puasa yang pertama adalah menjual beraneka ragam pilihan menu buka puasa.

Pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda untuk menyaksikan banyaknya orang yang menjajakan santap makanan yang menarik di sepanjang jalan, ketika bulan puasa. Pilihan yang tersedia pun beragam, mulai dari makanan hingga minuman. Ada makanan berat, makanan ringat, minuman yang segar, hingga minuman hangat.

Menu makanan ataupun minuman yang Anda jual pun dapat menyesuaikan daerah mana Anda tinggal. Dan tentu saja juga menyesuaikan minat dari masyarakat setempat. Misalkan Anda tinggal di Jogja atau Solo, maka makanan yang mungkin Anda jual adalah sambel goreng, oseng-oseng, bakwan bakar, gudeg, bacem dan aneka macam sunduk-sundukan (sate). 

Jika Anda memiliki modal bisnis yang terbatas, Anda dapat mencoba menjual makanan & minuman secara PO (pre order) untuk mengurangi risiko kerugian. Selain itu jika di daerah Anda masih memiliki budaya untuk membuatkan menu buka puasa secara bergilir di masjid, maka pilihan berjualan makanan dengan sistem PO ini akan sangat menguntungkan.

2. Berjualan ta'jil

Mirip seperti opsi yang pertama, ta'jil adalah makanan ringan yang biasanya disantap sebagai makanan pembuka ketika berbuka puasa seperti kolak, es pisang ijo, sop buah, jajanan pasar, biji salak dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut adalah beberapa menu ta'jil yang melekat di budaya masyarakat Indonesia dan kerapkali disantap sebagai menu pembuka berbuka puasa.

Anda dapat memulai bisnis jualan ta'jil ini dengan menyesuaikan budget dan juga sasaran konsumen Anda. Alangkah baiknya Anda melakukan tes pasar atau survei terlebih dahulu. Survei tersebut dapat Anda lakukan dengan cara bertanya pada orang-orang di sekeliling Anda, ta'jil mana yang paling menarik dan mereka minati.

Setelah itu buat beberapa varian dan berikanlah secara gratis kepada orang sekitar Anda untuk dinilai rasanya. Jangan asal menjual ta'jil, pastikan Anda menawarkan rasa yang nikmat agar para pembeli terus kembali.

3. Menjual baju kokoh atau baju muslim

Ide jualan bulan puasa berikutnya adalah berjualan pakaian. Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia ialah membeli baju baru di bulan Ramadan untuk persiapan lebaran.

Jika Anda merupakan orang yang "melek" akan fashion maka pilihan jualan ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Pilihan pakaian seperti baju kokoh, kerudung, baju muslim wanita, mukenah, ataupu baju muslim anak dapat Anda coba jajakan.

Tak harus memulai dengan merancang desain sendiri apalagi mencari konveksi, ide jualan bulan puasa yang satu ini dapat Anda mulai dengan menjadi reseller. Namun jika Anda memiliki kesungguhan yang kuat dan modal yang besar, mempertimbangkan membuka clothing line baju muslim sendiri menjelang bulan Ramadan adalah sebuah pilihan baik yang patut pula untuk dicoba.

Baca juga: 60 Contoh Usaha Makanan Ringan dan Cara Memulainya

4. Berjualan buah kurma

Kurma akan sangat digemari di bulan Ramadan. Tak hanya karena rasanya yang manis dan nikmat untuk mengganjal perut ketika berbuka puasa, buah kurma juga disebut sebagai salah satu buah favorit Nabi SAW yang ia santap ketika bulan Ramadan.

Saat bulan Ramadan akan banyak orang mencari buah ini untuk dikonsumsi ketika sahur ataupun berbuka. Tidak hanya sebagai camilan, terkadang kurma juga dijadikan sebagai topping kue ataupun pelengkap es. Oleh karena itu tingginya permintaan pasaran mengenai buah kurma dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha.

5. Bisnis parcel dan bingkisan

Jika Anda merupakan pribadi dengan kreativitas yang tinggi, maka pilihan untuk julan parcel atau bingkisan dapat Anda jadikan sebagai Ide jualan bulan puasa. Di masyarakat kita masih kental budaya mengenai kunjungan ke sanak saudara juga orang tua di bulan Ramadan atau hari lebaran. 

Tentu dalam kunjungan tersebut, mayoritas orang tidak akan datang dengan kondisi tangan kosong. Oleh karena itu bingkisan atau parcel selalu dijadikan pilihan untuk diberikan. Untuk itu, jika Anda piawai dalam merakit dan merancang bingkisan yang menarik, Anda bisam membuat jasa pembuatan parsel atau bingkisan.

6. Menjual sembako

Sembako adalah barang pokok yang pasti naik pembeliannya di bulan Ramadan. Tak hanya untuk stok di rumah, di bulan Ramadan juga akan banyak orang yang berbagi keberkahan kepada orang lain dalam bentuk memberikan sembako.

Contoh sembakonya adalah gula, teh, minyak goreng, mie instan, dan masih banyak lagi. Akan menjadi bisnis yang sangat baik jika Anda tertarik untuk menjual barang-barang ini. Karena setiap orang pasti membutuhkannya.

7. Menjual kue kering 

Jika Anda menyukai kegiatan baking, maka menjual kue dapat Anda jadikan sebagai ide jualan bulan puasa. Pilihan kue yang umum dijual di bulan ini adalah kue-kue kering.

Sembari Anda mengasah kemampuan dan mengembangkan hobi yang Anda miliki, Anda dapat memperoleh tambahan pemasukan dari kue yang Anda buat. Permintaan akan kue kering akan meningkat di bulan Ramadan. Beberapa kue kering yang minat peminatnya antara lain kue nastar, putri salju, lidah kucing dan aneka kue lainnya.

Tips Sebelum Memulai Berjualan di Bulan Ramadan

tips-jualan-di-bulan-puasa-hubster
Sumber: Dhaka Tribune

Sebelum Anda memulai berjualan di bulan Ramadan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu agar bisnis Anda lancar dan diminati oleh banyak orang.

Yang pertama, perhatikanlah permintaan konsumen yang kira-kira akan naik di bulan Ramadan tahun ini. Penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar dan riset target konsumen terlebih dahulu agar Anda memahami betul siapa target Anda dan strategi seperti apa yang bisa membantu Anda memasarkan produk Anda.

Yang kedua, Anda juga perlu melakukan budget planning terlebih dahulu dan melakukan pencatatan finansial secara jelas dan terperinci. Gunanya adalah agar Anfa mengetahui kemana saja modal Anda keluarkan, dan kapan modal tersebut kembali. Dan dengan melakukan pencatatan, Anda juga memiliki gambaran berapa profit yang Anda dapatkan selama berjualan di bulan Ramadan.

Tips yang terakhir, berjualanlah secara bijak dan bersungguh-sungguh. Tawarkan produk yang terbaik, bukan hanya untuk meraup keuntungan. Manfaatkan pula kecanggihan teknologi abad ini, seperti melakukan iklan di media sosial atau menggunakan platform e-commerce.

Jika Anda tertarik untuk menjual makanan & minuman dan ingin memasarkan produk Anda melalui platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, Anda dapat menggunakan fitur Order Manager dari Hubster yang berguna dalam membantu Anda melakukan pencatatan harian dari ketiga platform tersebut.

Tak perlu repot bolak-balik membuka ketiga platform berbeda tersebut untuk melihat pesanan, cukup gunakan Hubster yang dapat mengintegrasikan pesanan makanan online yang Anda dapat.

Coba gratis 30 hari fitur Order Manager & Business Manager Hubster melalu halaman Demo.

Baca juga: 9 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Start your 30-day free trial