9 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Untuk menyambut bulan ramadan tahun ini, Anda bisa mencoba beberapa ide usaha rumahan di bulan Ramadhan berikut. Dijamin laris manis!

Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu setiap insan muslimin dan muslimah yang ada di seluruh penjuru dunia. Selain nikmat ibadah terus bertambah dan pahala yang dilipatgandakan, rezeki yang dialirkan pun semakin deras di bulan yang suci ini. Banyak peluang usaha yang bisa dijalankan di bulan ramadan, seperti usaha makanan, alat ibadah, dan lain-lain.

Anda ingin menjalani bulan ramadan tahun ini dengan menjalani sebuah usaha yang menguntungkan dan dapat dilakukan di rumah? Berikut beberapa ide usaha rumahan di bulan ramadhan yang dapat Anda coba!

Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

1. Katering Buka Puasa

Salah satu jenis usaha di bulan Ramadhan yang cocok untuk dijalankan adalah katering. Usaha katering ini bukan seperti usaha katering pada umumnya, melainkan usaha katering khusus untuk buka bersama. Kenapa harus katering buka bersama? Sebagaimana kebiasaan masyarakat Indonesia yang telah berkembang menjadi tradisi, menjalani bulan Ramadhan tanpa adanya agenda buka bersama rasanya seperti ada yang kurang.

Tradisi tersebut dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, terlebih dengan hadirnya era pandemi yang menjadikan ruang gerak manusia semakin terbatas. Jika dulu orang bisa bebas melakukan buka bersama secara beramai-ramai di sana-sini, untuk saat ini melakukan buka bersama di rumah menggunakan jasa katering adalah pilihan yang tepat.

2. Jualan Takjil

ide-usaha-rumahan-di-bulan-ramadhan
Sumber: thestar.com

Inspirasi usaha di bulan ramadhan berikutnya adalah jualan “takjil”. Apa itu? Takjil merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut hidangan pembuka buka puasa. Seperti halnya buka bersama, keberadaan takjil ketika bulan ramadhan juga sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Ide usaha berjualan takjil di bulan ramadhan mungkin bukanlah suatu hal yang baru lagi. Karena ada banyak sekali orang yang menjual takjil hasil buatannya sendiri dan diperdagangkan di lingkungan sekitarnya. Apabila Anda belum pernah mencoba berjualan takjil, maka momen bulan ramadhan tahun ini adalah saatnya.

3. Berjualan Kurma

Usaha rumahan di bulan Ramadhan yang satu ini wajib sekali dicoba. Selain takjil, berjualan kurma di bulan Ramadhan juga merupakan sebuah peluang yang cukup menjanjikan. Permintaan buah kurma menjelang bulan suci Ramadhan selalu mengalami peningkatan dari 30% sampai dengan 50%. Ini karena orang-orang meyakini bahwa kurma merupakan hidangan pembuka buka puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu, rasanya pun juga nikmat.

4. Jualan Perlengkapan Ibadah

ide-usaha-rumahan-di-bulan-ramadhan-2
Sumber: The Express Tribune

Bulan Ramadhan merupakan saat yang paling tepat untuk semua insan memupuk amalan-amalan baik dan menambah tabungan pahala. Jadi, tidak heran apabila orang-orang lebih gencar menjalankan ibadah ketika bulan Ramadhan tiba. Meningkatnya keinginan untuk beribadah tersebut menciptakan peluang usaha di bulan ramadhan yang menguntungkan. Seperti halnya buah kurma, permintaan peralatan ibadah pun juga turut meningkat.

Momen ini seharusnya dimanfaatkan bagi para pengusaha untuk membuka usaha penjualan perlengkapan ibadah seperti mukenah, Al-Quran, dan sarung. Perlengkapan-perlengkapan tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh individu saja, melainkan juga masjid-masjid untuk memenuhi kebutuhan para jamaahnya.

Baca juga: Cara Jualan Makanan Online Biar Laris Manis

5. Buka Jasa Pembuatan Parcel Lebaran

Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan berikutnya adalah membuka jasa pembuatan parcel lebaran. Sebagaimana diketahui, ketika bulan ramadhan tiba banyak pekerja kantoran yang saling bertukar parcel lebaran. Hal ini tentu merupakan peluang yang juga menjanjikan.

Buka usaha di bulan ramadhan dengan menawarkan jasa pembuatan parcel lebaran sudah barang tentu akan membuat para pengusaha laris manis kebanjiran pesanan. Apalagi ketika mendekati hari raya Idul Fitri. Akan ada banyak orang mencari jasa pembuatan parcel untuk dikirimkan ke keluarga dan kerabat-kerabatnya. Buatlah parcel dengan isi dan tampilan semenarik mungkin.

6. Jualan Kue Kering

Usaha rumahan di bulan ramadhan yang satu ini memang sudah banyak digeluti oleh para pengusaha kue. Pasalnya, ramadhan tanpa adanya kue kering ibarat makan sayur tanpa dibumbui garam. Hambar! Kue kering ini bisanya dijadikan kudapan setelah buka puasa. Atau disajikan di ruang tamu sebagai teman ngobrol ketika bersilaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat.

Jika ingin laris manis, buatlah kreasi kue yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Kreasikan bentuk kue semenarik mungkin agar calon konsumen tertarik. Usahakan untuk tidak membuat kue yang sudah ada di pasaran.

7. Jualan Toples Kue

Peluang usaha di bulan ramadhan yang ketujuh adalah jualan toples kue. Kedengarannya memang cukup sepele, tetapi ini juga merupakan hal yang masuk akal. Banyaknya permintaan kue lebaran, otomatis akan meningkatkan permintaan toples kue yang digunakan untuk wadah.

Menjual toples dengan bentuk yang unik yang jarang ada di toko-toko pecah belah, bisa dijadikan pertimbangan untuk membuka usaha rumahan di bulan Ramadhan. Usaha ini tidak harus direalisasikan dengan cara membuka toko baru. Usaha ini bisa dijalankan secara online, jadi pemilik usaha hanya perlu menampung stoknya di rumah.

8. Buka Jasa Jahit

Menjelang lebaran biasanya tidak sedikit orang berkeingin tampil dengan busana baru yang cantik dan menawan. Tidak hanya para kaum perempuan, laki-laki pun juga demikian. Usaha rumahan di bulan Ramadhan ini cocok untuk Anda yang memiliki bakat menjahit. Banyaknya model baju yang sama di pasaran terkadang membuat orang bosan dan akhirnya memilih untuk membeli kain dan menjahitkan sendiri di tukang jahit.

Pemikiran yang seperti ini tidak hanya dimiliki oleh satu atau dua orang saja, jadi selagi anda bisa kenapa tidak memanfaatkan kesempatan ini? Cuan yang diperoleh dari hasil menjahit pun tidak sedikit, asal kualitas dan pelayanan yang Anda berikan mampu menyenangkan hati customer.

9.  Buka Usaha Rental Mobil

Selain kurma, takjil, dan kue kering hal yang identik dengan Ramadhan dan lebaran adalah pulang kampung atau mudik. Saat cuti bersama sudah dimulai, tidak sedikit orang berbondong-bondong menyiapkan barang bawaan untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Orang-orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi pasti menggunakan transportasi umum.

Bagi orang yang tidak nyaman menggunakan transportasi umum pasti memilih alternatif lain, yaitu menyewa kendaraan pribadi. Terlebih bagi orang yang memiliki keluarga besar. Jika modal yang Anda miliki cukup, ide usaha di bulan ramadhan yang satu ini sepertinya wajib dicoba.

Demikian ide usaha rumahan di bulan ramadhan yang dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menambah penghasilan. Sebelum resmi membuka usaha, pastikan usaha yang akan dibuka adalah usaha yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan untuk Nambah Cuan!

Start your 30-day free trial