Cara Jualan Makanan Online Biar Laris Manis

Sebagai pemilik usaha kuliner, pastkan Anda sudah jualan makanan secara online. Ayo Simak, 8 cara jualan makanan online biar laris manis untuk usaha Anda.


Cara jualan makanan online juga perlu dipikirkan saat memulai usaha. Dengan strategi marketing yang baik dan dikelola dengan rapi, maka usaha yang dijalani bisa semakin berkembang. Beragam cara bisa Anda coba saat menjual makanan online, melalui sosial media hingga marketplace. 

Setelah mendapatkan ide yang matang, Anda bisa mempelajari marketing online yang kini semakin dimudahkan dengan adanya beberapa aplikasi pendukungnya. Berjualan makanan online cukup efektif bagi Anda yang tidak memiliki toko offline untuk sementara ini, berikut tips yang bisa Anda coba:

Daftar Cara Jualan Makanan Online Biar Laris Manis


1. Melalui Media Sosial

Strategi Media social untuk meningkatkan jualan makanan online
Source: EBU

Cara jualan makanan kekinian secara online memiliki beberapa cara, salah satunya adalah melalui media  sosial, seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Melalui media sosial usaha kuliner yang Anda jalani dapat dikenal banyak orang dan banjir orderan. 

Anda bisa memanfaatkan fitur story dan stiker unik untuk mempercantik unggahan foto usaha Anda di media sosial. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan grup untuk berjualan, grup yang berisi banyak orang akan membuat Anda memasarkan langsung ke banyak orang. Bagaimana cukup efektif, bukan?

2. Foto Produk Usaha yang Menarik

Kamera DSLR yang sedang mengambil gambar produk makanan
Source: ArtsandCreativity

Cara selanjutnya adalah membuat foto produk usaha yang menarik dan unik, tampilan foto produk makanan yang menarik akan menjadi salah satu hal yang menunjang usaha Anda lebih baik. Pasalnya, tampilan dalam sebuah produk makanan online adalah hal terpenting.

Apabila Anda memiliki budget lebih untuk menyewa jasa profesional untuk memotret produk Anda, maka akan lebih baik. Namun, apabila tak ada Anda bisa memotret sendiri dan gunakan beberapa aplikasi editing dan tutorial edit foto yang banyak beredar di Google dan media sosial. 

3. Rutin Mengeluarkan Menu Baru

Desain menu makanan dari tour restoran
Source: Tutsplus

Meski bisnis sudah berjalan mulus, namun jualan makanan secara online memiliki tantangan tersendiri karena semakin banyak pesaing. Untuk itu, Anda sebagai pengusaha harus terus berinovasi dan rutin mengeluarkan menu baru. Inovasi baru ini sangat penting agar pelanggan tak merasa bosan.

Langkah satu ini bisa menjadi eksistensi usaha dan toko Anda akan stabil dan main dikenal banyak orang. Ditambah lagi apabila inovasi makanan tersebut tak pernah ada sebelumnya dan dirasa baru di dunia kuliner, dengan begitu citra dan brand usaha makanan Anda akan mudah dikenal. 

4. Undang Influencer Makanan Profesional

Mushroom pizza dari eatallegro yang di endorse akun instagram jktfoodbang
Source: Instagram jktfoodbang

Kekinian banyak cara untuk berjualan kuliner, salah satu cara untuk jualan makanan  secara online yang mudah adalah sering mengundang influencer untuk review atau menilai usaha makanan Anda secara profesional. Banyaknya pengikut para influencer akan berpengaruh dalam penjualan usaha kuliner.

Pilih salah satu influencer yang berpengalaman review makanan, baik di YouTube ataupun Instagram. Nantinya video atau foto yang diunggah bisa Anda jadikan promosi usaha makanan Anda. Direview orang terkenal yang berpengalaman di bidangnya, akan menarik perhatian pelanggan baru. 

5. Daftar Aplikasi Pesan Makanan

Logo Gojek, Shopee dan Grab
Source: CNBC Indonesia

Tips jualan makanan online lainnya yang akan membuat usaha kuliner Anda laris manis adalah mendaftarkan aplikasi pesan makanan yang kini menjadi salah satu lifestyle. Begitu populer, aplikasi pesan antar makanan ini akan sangat memudahkan Anda dan pelanggan saat bertransaksi.  

Tak hanya itu, usaha Anda akan banyak dikenal tanpa harus pelanggan datang ke toko offline untuk membelinya. Hal ini merupakan cara yang cukup efektif, karena usaha Anda akan dikenal hanya dari daftar restoran yang ada di aplikasi yang kini dimiliki hampir semua orang, seperti GoFood dan GrabFood.

Baca Juga: 8 Aplikasi Pesan Makanan Online yang Wajib Dicoba

6. Sering Adakan Promo

Diskon dan Promo secara besar-besaran untuk mengningkatkan penjualan online
Source: Market Business News

Saat sudah mendaftarkan bisnis di aplikasi pesan makanan, cara jualan makanan secara online yang akan sangat efektif adalah sering mengikuti program promo. Program ini biasanya diadakan berlaku dengan beberapa syarat, Anda bisa memberi promo atau diskon untuk ongkos kirim di event khusus. 

Meski mengikuti program promo, pastikan Anda tidak rugi dengan program ini. Pasalnya, feedback dengan sering mengikuti program promo ini usaha kuliner Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

Baca Juga: Contoh Kata-Kata Promosi Makanan dan Tips Membuatnya

7. Mengelola Media Sosial dengan Tema Unik 

meningkatkan penjualan dengan media sosial

Selain memiliki media sosial, tips jualan makanan online lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah tema unik di media sosial Anda. Secara berkala Anda harus update media sosial dengan beberapa tema unik. Salah satunya adalah mengikuti tren yang tengah viral dan populer. 

Dengan mengikuti tren tersebut, Anda bisa memasarkan usaha kuliner Anda dengan unik dan membuat calon pelanggan tertarik dengan kuliner yang tengah Anda geluti. Pastikan juga membuat tema jika ada hari-hari penting, seperti saat Ramadan, Natal, tahun baru, dan masih banyak event lain.

8. Mengikuti Bazar Online

Banner Bazaar Online lewat Instagram, Youtube dan Facebook

Saat ini banyak hal bisa dilakukan serba online, salah satunya berjualan makanan yang biasanya diadakan layanan pesan antar makanan atau event khusus marketplace. Menariknya, usaha makanan Anda akan makin dikenal di berbagai kalangan, ditambah lagi dengan potongan harga yang menarik.

Bazar online ini umumnya diadakan di hari-hari penting seperti kemerdekaan, tahun baru, atau ulang tahun kota, dll. Ini merupakan kesempatan yang bisa Anda jadikan peluang untuk Anda kebanjiran orderan, lho. Jangan lupa pasang promo yang unik, dijamin pasti dilirik pelanggan.  

Bagi Anda pengusaha kuliner pemula deretan cara jualan makanan online di atas bisa Anda terapkan untuk megembangkan usaha dan membuat usaha makanan semakin dikenal. Tak perlu lapak fisik, Anda tetap bisa berjualan dengan modal smartphone dan pengetahuan di media sosial saat ini. 



Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.