Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

November 2, 2021

Perkembangan yang cepat pada dunia internet termasuk media sosial membawa keuntungan tersendiri, salah satunya membuka peluang bisnis. hal ini dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan pemula dari generasi milenial yang ingin mencoba keberuntungan lewat sistem online. Langkah ini juga dianggap lebih mudah karena tidak terikat oleh waktu atau ruang sehingga bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Namun untuk memulai usaha ini Anda harus tahu bagaimana cara memulai bisnis online dari nol agar dapat menentukan alur bisnis dengan tepat

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur Millennial Masa Kini

Tentunya sebagai pemula yang ingin memulai bisnis online merasa penasaran bagaimana cara memulainya dari awal. Sekarang akses untuk mengetahui cara bisnis sangat mudah didapatkan secara gratis di internet. Seperti bisnis online modal sedikit melalui reseller shop. Untuk itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu tips bisnis online agar lebih siap ketika melakukan perencanaan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak cara-cara memulai bisnis online berikut ini:

 1. Identifikasi kebutuhan konsumen

mencari tau kebutuhan konsumen pasar online
Source: Freepik

Sebelumnya harus dipahami bahwa produk yang sesuai kebutuhan pasar memiliki peluang memenangkan persaingan di pasar. Untuk itu terlebih dahulu Anda harus melakukan identifikasi terkait masalah yang dihadapi konsumen, artinya lakukan observasi lapangan untuk mencari dimana potensi bisnis yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen, ingat jangan terjebak oleh keinginan pribadi sebelum mengetahui realitas pasar. Jika sudah menemukan akar masalah dan kebutuhan pasar barulah tentukan salah satu potensi bisnisnya.

2. Lakukan riset trending pasar

melihat trend bisnis online
Source: Freepik

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah dengan melakukan riset untuk menunjang data objektif untuk bisnis online. Anda dapat melakukannya dengan melakukan riset keyword. Artinya Anda perlu mengecek tren pencarian barang untuk mengetahui seberapa sering volume pencarian barang yang akan Anda tawarkan. Selain yang tidak kalah penting adalah melakukan cek terkait tren permasalahan barang dan kebutuhan baik di mesin pencarian maupun sosial media. Jika perlu bergabunglah dengan forum konsumen dan lakukan survei guna mendapatkan informasi kebutuhan dan perilaku konsumen.


Baca Juga: 7 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Menarik dan Efektif

3. Lakukan analisis mendalam terkait pesaing

permainan catur sebagai contoh analisa competitor
Source: Felix

Untuk membentuk mental pebisnis maka Anda juga harus mengetahui siapa saja pesaing atau kompetitor pada bisnis yang Anda jalankan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana cara mereka membangun usaha, menarik minat sampai kekurangannya. Dalam dunia bisnis, kompetitor dibagi menjadi tiga jenis. Pertama, kompetitor utama yaitu yang memiliki usaha yang hampir atau sama dengan Anda. Kedua, kompetitor sekunder yaitu pesaing yang memiliki produk sama namun target pasarnya beda. Dan ketiga, kompetitor tersier yaitu mereka yang secara tidak langsung berkompetisi mendapatkan target pasar. Karenanya penting kiranya sesekali kunjungi website atau media sosial kompetitor untuk mengidentifikasi review dan market positioning kompetitor tersebut

4. Tentukan barang yang akan dijual

contoh barang barang yang bisa dijual secara online
Source: Markus

Agar lebih mudah membuka usaha, cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah menentukan barang yang akan dijual. Jika Anda sudah melakukan riset terkait pasar, kompetitor dan target, maka kemudian memastikan barang yang akan dijual sesuai dengan kebutuhan pasar. Contohnya seperti produk fisik handphone, alat kesehatan, furniture, oleh-oleh dan lain sebagainya. Atau layanan jasa seperti online marketing, pengiriman dan pemesanan tiket. Yang terpenting adalah bisnis yang anda jalani memiliki UPS (unique points selling) agar dapat bersaing dengan kompetitor dengan sportif.

5. Buat lapak online atau website

Untuk memulai bisnis online Anda harus memiliki tempat. Tujuannya untuk menguji kredibilitas dari bisnis tersebut. Survei menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen lari atau tidak percaya terhadap bisnis online yang tidak memiliki lapak atau website sendiri. Yakinkan bahwa bisnis Anda benar-benar ada bukan penipuan dengan cara memiliki website secara resmi. Untuk website ini Anda dapat memanfaatkan jasa layanan pembuatan layanan online sehingga website tersebut lebih profesional. Lengkapi juga dengan testimoni positif pelanggan untuk menarik konsumen membeli produk yang dijual.

Baca Juga: 10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Pemula

6. Gunakan strategi yang tepat

Bisnis online ini merupakan tempat untuk menguji kepiawaian Anda dalam berbisnis. Untuk itu Anda harus punya strategi pasar untuk memasarkannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan seperti memanfaatkan google my business untuk mempermudah konsumen mengetahui info lengkap bisnis Anda. Selain itu juga memaksimalkan media sosial dan SEO. Dua cara tersebut berpeluang besar mengenalkan produk pada konsumen dan membuat rating bisnis berada di trending topik pada mesin pencarian.

Baca Juga: Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

7. Persiapkan mental bisnis

Satu hal yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan mental pribadi Anda terutama bagi pemula. Karena dalam bisnis kita sering mengenal istilah trial and error. Jika semua kendala yang dihadapi waktu menjalankan dimaknai sebagai tantangan yang harus diselesaikan maka peluang sukses pun akan lebih cepat datang. Begitu pula sebaliknya jika kesulitan dianggap sebagai penghalang kemudian Anda menyerah, saat itu juga bisnis Anda end.

Itulah beberapa uraian singkat terkait cara memulai bisnis online dari nol. Untuk memudahkan pemasaran Anda saat ini sudah tersedia jasa layanan online yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis makanan online Anda. Tertarik menggunakannya? Langsung saja klik coba Order Manager secara gratis selama 30 hari.


Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Restoran berkelanjutan sedang tren: pelajari bagaimana & mengapa menerapkannya penting untuk keberlanjutan restoran

Memprioritaskan keberlanjutan akan membantu restoran Anda meningkatkan penjualan dan menonjol dari pesaing secara besar-besaran.

Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

UMKM adalah usaha mikro kecil dan menengah. Simak 7 contoh bisnis UMKM di sini dan mulai jadi seorang pengusaha sekarang juga!

Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

Ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil dan tanpa repot? Simak 7 Contoh Usaha Modal Kecil untung besar yang Anda bisa coba

Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Dalam 4 Aspek

Simak perbedaan antara soft dan hard sell di dunia marketing untuk membangun campaign dan strategi marketing usaha Anda!

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

Ingin memulai jualan online tapi belum tau caranya? Simak 7 langkah dan cara memulai bisnis online dari nol yang Anda bisa coba sekarang.

How to Succeed in Delivery

Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

Ingin tahu cara meningkatkan penjualan online usaha Anda? Ayo Simak 8 cara untuk menginkatkan penjualan online dengan mudah sekarang juga.

How to Succeed in Delivery

Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Simak cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Sederhana Untuk Bisnis Kecil. Dari catatan pengeluaran dan pemasukan hingga persiapan buku inventaris.

Local Heroes

Bagaimana Mitra Global Hubster berbagi budaya melalui makanan

Bekerja dengan beragam pemilik restoran telah menunjukkan kepada kita bagaimana makanan dapat menjadi katalis untuk mengekspresikan dan berbagi budaya yang berbeda dengan dunia.