Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

November 3, 2021

Menjalankan bisnis atau usaha merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, apalagi bagi Anda yang tidak suka bekerja menjadi pegawai atau karyawan. Meski dibilang kecil namun keuntungan yang dihasilkan lumayan menggiurkan. Hal inilah yang mendasari mengapa saat ini mulai menekuni bisnis kecil-kecilan. Untuk jenisnya sendiri sekarang sudah ada contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda dapatkan secara mudah. Beberapa diantaranya bahkan dapat dijalankan di rumah tanpa harus memiliki atau menyewa ruko, sehingga prospeknya lebih menjanjikan.

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Siap Dilirik Menjadi Peluang Usaha

contoh bisnis modal kecil
Source: Unsplash

Beberapa orang menganggap untuk memulai usaha harus memiliki modal besar. Pemahaman seperti ini sebenarnya tidak semuanya benar. Terbukti beberapa usaha terutama berbasis kreativitas malah modalnya relatif kecil. Anda hanya perlu menata niat, ketekunan dan strategi yang tepat maka sebuah keuntungan bukan lagi menjadi impian. Penasaran apa saja? Berikut uraian singkatnya:

1. Konter pulsa sederhana

Salah satu usaha modal kecil yang bisa menjadi rekomendasi adalah membuka usaha jualan pulsa. Usaha ini dinilai sangat menguntungkan dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama apalagi jika tempat jualannya berada di lokasi yang strategis. Kita tahu bahwa kebutuhan pulsa saat ini sudah seperti bahan pokok. Siapa saja membutuhkan pulsa untuk sekedar komunikasi atau bersosial media. Modalnya sendiri bisa Anda hitung yaitu untuk etalase kecil 300 ribu, kartu perdana 1 pack 200 ribu dan deposit 500 ribu. Dengan uang 1 juta rupiah saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan ini 

2. Dropshipper

Bagi Anda yang suka berselancar di internet dan memiliki banyak relasi tidak ada salahnya mencoba bisnis dengan menjadi seorang dropshipper dan menjual produk orang lain. Bisnis ini dianggap mudah karena Anda tidak perlu menyimpan barang, cukup meneruskan pesanan barang kepada supplier. Selain itu kemudahan lainnya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan modal tambahan kecuali kuota internet untuk melayani pembeli. Ingat untuk menjalankan usaha ini yang terpenting adalah mencari seorang supplier terpercaya sehingga pembeli tidak merasa kecewa dengan barang yang ditawarkan

3. Buka kedai kopi modern

Contoh usaha yang keuntungannya besar berikutnya adalah jualan kopi, terutama dengan setting tempat kekinian. Kita tahu kopi bagi masyarakat kita sudah menjadi gaya hidup dan diminati oleh semua lapisan masyarakat. Alasan inilah yang menjadikan usaha ini sebagai peluang usaha menjanjikan. Nah, untuk memulai usaha ini Anda harus mencari kopi pada produsen aslinya, sehingga harga pembeliannya lebih murah. Untuk tempatnya sendiri Anda dapat menyewa stand, jika dirasa berat, teras rumah pun bisa menjadi tempat untuk jualan. Agar lebih dikenal luas buatlah media sosial dengan menampilkan kedai kopi tersebut.

Baca Juga: Business Plan dan Tips untuk Bisnis Kopi Sederhana

4. Layanan Kursus Privat

Apabila Anda memiliki keahlian khusus, misalnya bahasa asing, musik atau pelajaran tertentu. Membuka jasa layanan kursus privat dapat menjadi peluang usaha yang data mendatangkan keuntungan yang besar. Terutama untuk guru privat mata pelajaran umum SD, SMP dan SMA. Sedangkan untuk tempatnya sendiri Anda tidak perlu khawatir. Kursus privat ini dapat dilakukan dengan mendatangi rumah siswa. Jadi, modal utama yang Anda butuhkan cukup skill saja. Agar usaha ini cepat dikenal, gunakan media sosial untuk mempromosikannya.

5. Jasa Laundry Rumahan

Usaha laundry ini tidak kalah untuk direkomendasikan. Kita tahu bahwa setiap orang membutuhkan pakaian yang bersih untuk digunakan setiap harinya. Banyaknya kesibukan dan rutinitas kerja memaksa seseorang kehilangan waktu untuk mengerjakan urusan rumah tangga seperti mencuci pakaian. Sehingga contoh usaha modal kecil untung besar ini menjadi peluang usaha yang tidak ada habisnya dan dapat memberikan keuntungan lumayan besar. Untuk tempatnya, Anda tidak perlu bingung karena rumah pribadi pun bisa menjadi tempat laundry ini.apalagi jika letak rumah Anda berada di pinggir jalan, tentunya akan lebih ramai dan mudah dilihat orang.

6. Buka Layanan Katering Rumahan

Jika Anda memiliki hobi memasak, tidak ada salahnya menyalurkan hobi tersebut dengan membuka layanan catering rumahan. Biasanya catering rumahan ini banyak dilirik orang untuk berbagai acara seperti selamatan atau arisan keluarga. Selain modalnya cukup kecil, usaha ini mudah dijalankan, bahkan cukup dari rumah saja. Tawarkan menu catering rumahan Anda pada teman atau di media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

7. Toko Online

Usaha ini merupakan bisnis yang lagi naik daun. Artinya Anda hanya perlu membuat lapak di internet dan menjual produk dengan cara memasang photo pada laman lapak. Jika ada pemesanan langsung saja kirim atau COD.

Source: unsplash

Ulasan di atas merupakan beberapa contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa menjadi rekomendasi usaha di tengah kebutuhan hidup yang selalu meningkat. Bagi Anda yang berencana untuk membuka restoran atau bisnis makanan, Anda dapat menggunakan order manager untuk membantu mengelola semua pengiriman makanan online.


Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online Anti Mainstream di Tahun 2021



Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Restoran berkelanjutan sedang tren: pelajari bagaimana & mengapa menerapkannya penting untuk keberlanjutan restoran

Memprioritaskan keberlanjutan akan membantu restoran Anda meningkatkan penjualan dan menonjol dari pesaing secara besar-besaran.

Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

UMKM adalah usaha mikro kecil dan menengah. Simak 7 contoh bisnis UMKM di sini dan mulai jadi seorang pengusaha sekarang juga!

Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

Ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil dan tanpa repot? Simak 7 Contoh Usaha Modal Kecil untung besar yang Anda bisa coba

Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Dalam 4 Aspek

Simak perbedaan antara soft dan hard sell di dunia marketing untuk membangun campaign dan strategi marketing usaha Anda!

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

Ingin memulai jualan online tapi belum tau caranya? Simak 7 langkah dan cara memulai bisnis online dari nol yang Anda bisa coba sekarang.

How to Succeed in Delivery

Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

Ingin tahu cara meningkatkan penjualan online usaha Anda? Ayo Simak 8 cara untuk menginkatkan penjualan online dengan mudah sekarang juga.

How to Succeed in Delivery

Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Simak cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Sederhana Untuk Bisnis Kecil. Dari catatan pengeluaran dan pemasukan hingga persiapan buku inventaris.

Local Heroes

Bagaimana Mitra Global Hubster berbagi budaya melalui makanan

Bekerja dengan beragam pemilik restoran telah menunjukkan kepada kita bagaimana makanan dapat menjadi katalis untuk mengekspresikan dan berbagi budaya yang berbeda dengan dunia.